Ingin Bermain Game dengan Lebih Seru? Simak 7 Tips Ini Sebelum Membeli Laptop Gaming
Tekno

Tren laptop gaming belakangan ini semakin meningkat, sebab laptop jenis ini menyediakan beragam fitur khusus agar pemiliknya bisa memainkan berbagai jenis game. Nah berikut beberapa tips yang harus kamu perhatikan sebelum membeli laptop gaming.

WowKeren - Dewasa ini ada banyak orang yang menggunakan laptop untuk bermain game. Karena itu tren laptop gaming sudah semakin meningkat. Hal ini terbukti dengan banyaknya produsen laptop yang menyediakan laptop khusus gaming dengan berbagai fitur khusus.

Laptop gaming sendiri merupakan laptop yang memiliki spesifikasi tinggi dan biasanya didesain dengan semenarik mungkin. Sesuai dengan namanya, laptop gaming dirancang khusus agar para gamer bisa memainkan game kelas berat atau sedang dengan setting minimal moderat dengan lancar.

Nah, jika kamu sedang berniat membeli laptop gaming sebaiknya simak beberapa tips berikut ini. Sebab untuk mendapatkan laptop gaming ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Mau tahu apa saja itu? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Jika Ingin Membeli Laptop Gaming, Kamu Harus Memperhatikan Prosesornya Ya


Jika Ingin Membeli Laptop Gaming, Kamu Harus Memperhatikan Prosesornya Ya

Tips pertama yang harus kamu perhatikan sebelum membeli laptop gaming berkaitan dengan prosesor. Sebab prosesor yang mumpuni akan mendukung performa yang baik, stabil dan tidak cepat panas saat kita gunakan untuk bermain game. Untuk itu, kamu bisa memilih laptop dengan prosesor Intel atau AMD.

Pilih laptop dengan prosesor Intel jenis M karena cocok untuk gaming. Selain itu, gunakan laptop dengan prosesor Core i5 jika ingin mendapatkan pengalaman gaming yang lebih seru. Sementara itu untuk prosesor AMD, seri yang cocok untuk kebutuhan gaming adalah A8, A10 dan seri FX.

Selain prosesor, kamu juga harus memperhatikan kecepatan prosesor yang ditandai dengan satuan Ghz. Semakin tinggi angka Ghz, maka akan semakin cepat pula kinerja laptop tersebut. Dengan demikian, laptop tersebut sangat cocok digunakan untuk memainkan berbagai game yang berat.

2. Harddisk Internal dan RAM Laptop Harus Besar, Biar Bisa Main Game dengan Lancar


Harddisk Internal dan RAM Laptop Harus Besar, Biar Bisa Main Game dengan Lancar

Laptop gaming harus memiliki kapasitas harddisk internal yang besar. Pastikan kapasitas harddisk minimal 500GB. Hal ini disebabkan karena kebanyakan PC game membutuhkan resource yang sangat besar dan menyita sebagian besar harddisk internal. Dan jika kamu memiliki uang lebih, ada baiknya untuk mengupgrade kapasitas harddisk agar jadi lebih besar lagi.

Selain harddisk, yang tak kalah penting adalah RAM laptop. Hal ini disebabkan karena RAM adalah komponen yang memungkinkan laptop menjalankan dua aplikasi atau lebih dalam satu waktu sekaligus. Pilih laptop yang memiliki RAM besar, lebih dari 4GB. Tapi umumnya game bagus membutuhkan spesifikasi RAM 8GB. Karena itu, sebaiknya pilih laptop yang memiliki RAM minimal 8GB. Jika kamu memiliki dana lebih, kamu bisa memilih laptop dengan RAM 16GB.

3. Perhatikan Ukuran dan Resolusi Layar Sebelum Membeli Laptop Gaming


Perhatikan Ukuran dan Resolusi Layar Sebelum Membeli Laptop Gaming

Layar memiliki peran yang sangat penting saat bermain game karena menjadi media visual dari game itu sendiri. Karena itu, yang tak kalah penting untuk kamu perhatikan sebelum membeli laptop gaming adalah layar dan resolusinya.

Pastikan besarnya ukuran layar laptop sesuai dengan kebutuhanmu. Sebaiknya pilih laptop dengan layar lebar yang ukurannya antara 15 hingga 17 inch. Sedangkan resolusi layar minimal yang dibutuhkan laptop gaming adalah Full HD 1920x1080. Dengan demikian, kamu akan mendapatkan pengalaman bermain game yang seru dan menyenangkan.

4. Daya Tahan Baterai Juga Harus Dipertimbangkan Sebelum Beli Laptop Gaming


Daya Tahan Baterai Juga Harus Dipertimbangkan Sebelum Beli Laptop Gaming

Bermain game biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama, bahkan sampai lupa waktu. Karena itu, sebelum membeli laptop gaming kamu harus memperhatikan daya tahan baterainya ya. Karena sia-sia saja jika laptop yang kamu beli memiliki daya tahan baterai yang kecil dan lemah. Karena itu, cari laptop dengan kapasitas baterai besar, agar kamu bisa bermain game lebih lama.

Selain itu, perhatikan juga kualitas audio sebelum membeli laptop gaming. Karena audio yang bagus tentu akan menambah keseruan saat bermain game. Saat membeli laptop, tidak ada salahnya untuk mengetes kualitas audio yang dihasilkan, agar saat bermain game bisa lebih puas. Tapi ini hanya opsi, karena kamu bisa menambah speaker eksternal jika diperlukan.

5. Perhatikan VGA Sebelum Membeli Laptop Gaming Baru, Biar Dapat Pengalaman Seru!


Perhatikan VGA Sebelum Membeli Laptop Gaming Baru, Biar Dapat Pengalaman Seru!

VGA atau kartu grafis juga tak kalah penting untuk diperhatikan sebelum membeli laptop gaming. Hal ini disebabkan karena VGA mempengaruhi tampilan dan kualitas game yang kita mainkan, terutama game dengan skala berat.

Jika game yang kamu mainkan memiliki grafis yang berat, sedangkan kualitas grafis pada laptop kurang baik, maka tampilan video game-nya akan patah-patah. Hal ini tentu akan mengganggu keseruan kamu saat bermain game. Karena itulah jika laptopmu didukung dengan VGA yang canggih, maka kamu akan bisa bermain game dengan lancar tanpa hambatan.

6. Saat Membeli Laptop Gaming, Perhatikan Keyboardnya Juga Agar Kamu Nyaman Selama Bermain Game


Saat Membeli Laptop Gaming, Perhatikan Keyboardnya Juga Agar Kamu Nyaman Selama Bermain Game

Keyboard menjadi komponen lainnya yang paling sering digunakan saat bermain game di laptop, kecuali jika kamu menggunakan keyboard eksternal. Keyboard di laptop gaming saat ini kebanyakan sudah dilengkapi dengan backlight yang akan mempermudah pemiliknya menekan keyboard saat gelap. Selain itu, pastikan juga kamu memilih laptop yang memiliki numpad, untuk memudahkan pengetikan angka-angka secara cepat.

7. Ingin Nyaman dan Seru Saat Bermain Game? Pilih Laptop Gaming dengan Banyak Port Ya


Ingin Nyaman dan Seru Saat Bermain Game? Pilih Laptop Gaming dengan Banyak Port Ya

Tips terakhir yang harus kamu perhatikan adalah soal port laptop. Sebaiknya pilih laptop dengan pilihan port yang banyak. Minimal laptop yang kamu pilih harus memiliki USB 2.0 port, USB 3.0 port, HDMI port dan D-Sub port.

USB 2.0 dan 3.0 penting untuk memasang peripheral yang mendukung kenyamanan gaming, seperti mouse, keyboard hingga joystick. Selain itu jika kamu berminat untuk menghubungkannya ke LCD TV atau monitor yang ukurannya lebih besar, HDMI port dan D-Sub port akan sangat berguna.

Demikian tujuh tips memilih laptop gaming yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui beberapa rekomendasi game asah otak yang membuat belajar jadi lebih menyenangkan. Selain itu kamu juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui beragam game horor yang asyik dimainkan.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru