Baik Untuk Kesehatan Fisik Dan Mental, 7 Manfaat Ini Akan Kalian Dapatkan Jika Rajin Baca Buku!
Health

Membaca buku merupakan salah satu kegiatan yang bisa kalian lakukan ketika memiliki waktu luang. Meski tak banyak diminati, namun membaca buku memiliki segudang manfaat.

WowKeren - Membaca buku merupakan salah satu kegiatan yang bisa kalian lakukan ketika memiliki waktu luang. Meski tak banyak diminati, namun membaca buku memiliki segudang manfaat. Membaca adalah proses belajar, dengan membaca buku jenis apapun, maka akan menambah pengetahuan apapun yang kalian baca.

Dengan banyaknya pengetahuan yang kalian dapatkan dari membaca, alhasil kalian akan menjadi lebih percaya diri. Pengetahuan yang kamu dapatkan dari membaca tersebut dapat berguna untuk kehidupan yang akan datang. Selain menambah wawasan, membaca buku ternyata juga memiliki manfaat untuk kesehatan.

Entah kesehatan fisik ataupun mental, membaca cukup bermanfaat bagi kesehatan. Penasaran apa saja? Berikut tim WowKeren rangkum 7 manfaat rajin membaca buku bagi kesehatan. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Membaca Terbukti Dapat Mencegah Penyakit Alzheimer


Membaca Terbukti Dapat Mencegah Penyakit Alzheimer

Penurunan kemampuan mental rentan menyerang para lanjut usia. Salah satunya adalah Alzheimer atau penyakit pada otak yang menyebabkan penurunan daya ingat dan fungsi kognitif seseorang. Perlu diketahui jika sampai saat ini belum ada obat penawar bagi penyakit Alzheimer loh.

Namun meski begitu, penyakit ini bisa dicegah. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Rush University Medical Centre, aktivitas sehari-hari sangat berpengaruh terhadap fungsi kerja otak sehingga tidak bisa disepelekan begitu saja. Aktivitas sehari-hari tertentu diketahui dapat mengurangi penurunan kemampuan mental seperti Alzheimer pada 32 persen penderitanya. Salah satu aktivitas yang dapat mencegah Alzheimer adalah membaca buku.

2. Rajin Membaca Sudah Pasti Bisa Meningkatkan Kecerdasan


Rajin Membaca Sudah Pasti Bisa Meningkatkan Kecerdasan

Membaca pada dasarnya memaksa otak untuk berkonsentrasi dan membayangkan situasi yang ada di buku ke dalam pikiran, hal ini sangat bagus untuk melatih fungsi otak. Hal itu karena secara tak langsung, otak akan mengerahkan kemampuannya untuk membayangkan informasi dalam gambar atau suara yang diimajinasikan otak saat membaca.

Memiliki kemampuan untuk menghentikan, merefleksikan, menyerap, membayangkan, dan memproses bacaan dapat mempertajam kecerdasan dengan mengerahkan saraf pada otak saat membaca. Bahkan, buku dapat diumpamakan sebagai vitamin otak loh.

3. Tingkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi Dengan Rajin Membaca


Tingkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi Dengan Rajin Membaca

Sama halnya dengan tubuh yang membutuhkan olahraga agar tetap bugar, otak manusia juga perlu berolahraga untuk mempertahankan fungsinya. Otak manusia sendiri memiliki beberapa fungsi kognitif, seperti kemampuan daya ingat dan konsentrasi.

Menurut jurnal penelitian yang dilakukan oleh American Academy of Neurology, membaca buku mampu melatih daya ingat dan konsentrasi seseorang. Dengan membaca buku secara rutin, otak distimulasi untuk terbiasa mengolah pikiran dan memori, serta fokus terhadap suatu hal selama beberapa waktu.

4. Tak Disangka, Membaca Juga Bisa Mengurangi Stres


Tak Disangka, Membaca Juga Bisa Mengurangi Stres

Pikiran atau otak secara aktif terlibat dalam sesuatu yang membutuhkan perhatian penuh saat membaca. Hasilnya otak tidak akan memikirkan penyebab stres, karena perhatian teralihkan pada buku yang dibaca. Dengan membaca akan membuat pikiran berkonsentrasi penuh, dan akan meredakan ketegangan pada otot serta sistem peredaran darah ataupun jantung.

Sebuah studi di University of Sussex, menunjukkan bahwa dengan 6 menit membaca buku, dapat mengurangi tingkat stres sebesar 68%. Hal ini dikarenakan segala imajinasi yang muncul ketika membaca buku mampu mengajak para pembacanya untuk melupakan sejenak stres yang sedang dialami.

5. Bisa Atasi Insomnia. Baca Buku Ternyata Bisa Tingkatkan Kualitas Tidur


Bisa Atasi Insomnia. Baca Buku Ternyata Bisa Tingkatkan Kualitas Tidur

Membaca juga bisa membantu kalian untuk tidur lebih cepat dan lebih lelap loh. Kebiasaan menggunakan handphone sebelum tidur, justru akan membuat kualitas tidur memburuk akibat pencahayaan pada layar handphone. Ganti kebiasaan sebelum tidur dengan membaca buku. Hal ini terbukti dapat membuat tidur malam menjadi lebih nyenyak.

Sebuah penelitian mengungkap bahwa insomnia seringkali disebabkan oleh stres. Untuk mengurangi stres, sebelum tidur peneliti menyarankan untuk membaca buku terlebih dulu. Dengan begitu, pikiran akan menjadi lebih tenang dan lebih mudah untuk terlelap.

6. Rajin Membaca Juga Bisa Menumbuhkan Rasa Empati


Rajin Membaca Juga Bisa Menumbuhkan Rasa Empati

Empati merupakan kemampuan seseorang untuk menyelami pemikiran dan keadaan emosional orang lain. Dengan rasa empati, seseorang turut merasakan apa yang sedang dirasakan dan dialami individu lainnya.

Selain dapat membangun suatu relasi dan tenggang rasa yang lebih baik dengan orang lain, empati juga mampu menciptakan kehidupan yang tenteram. Ada berbagai cara untuk membangun rasa empati Hasil penelitian dari The New School for Social Research menyebutkan bahwa dengan membaca buku, terutama fiksi, dapat membantu seseorang untuk memahami apa yang dipikirkan orang lain dari emosi yang disajikan.

7. Rutin Membaca Buku Juga Bisa Memperpanjang Usia Secara Tak Sadar


Rutin Membaca Buku Juga Bisa Memperpanjang Usia Secara Tak Sadar

Berdasarkan penelitian dari Yale University’s School of Public Health, mereka yang meluangkan waktu untuk membaca buku memiliki kesempatan hidup lebih lama. Diperkirakan bahwa hanya dengan 3,5 jam membaca buku setiap minggunya, pembaca dapat memperpanjang hidupnya selama 23 bulan.

Perlu digarisbawahi, peneliti menemukan bahwa buku yang lebih berpengaruh. Salah satu peneliti yakni Avni Bavishi, mengatakan jika buku lebih mengikat dan mudah membaur dengan pikiran para pembaca. Apa yang diceritakan dalam buku menyajikan lebih banyak manfaat kognitif sehingga mampu memperpanjang masa hidup pembacanya.

Selain itu simak juga manfaat minyak ikan untuk kesehatan di sini. Selain itu, beberapa makanan ini juga diketahui bisa meningkatkan sistem imun loh. Penasaran? lihat artikelnya di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru