Serupa Tapi Tak Sama, Intip 7 Jenis Bedak Dan Fungsinya Yang Wajib Kalian Tahu!
Lifestyle

Kalian perlu memerhatikan jenis bedak yang disesuaikan dengan jenis kulit kamu untuk mendapatkan hasil maksimal. Hal ini karena di luar sana, ada berbagai macam jenis bedak yang dijual di pasaran dengan fungsinya masing-masing.

WowKeren - Menggunakan make up merupakan senjata para wanita untuk mendukung penampilan mereka. Salah satu produk make up yang tak boleh dilewatkan dalam proses make up adalah bedak. Bedak berfungsi untuk menutupi kekurangan pada wajah hingga menyempurnakan make up.

Bedak sejatinya mampu membantu menghilangkan masalah pada wajah dengan cepat. Namun, kalian perlu memerhatikan jenis bedak yang disesuaikan dengan jenis kulit kamu untuk mendapatkan hasil maksimal.


Hal ini karena di luar sana, ada berbagai macam jenis bedak yang dijual di pasaran dengan fungsinya masing-masing. Memilih jenis bedak yang tepat mampu memperkecil risiko gangguan kesehatan wajah seperti jerawat. Selain itu make up kalian juga akan jadi lebih maksimal.

Penasaran? Berikut tim WowKeren rangkum 7 jenis bedak dan fungsinya agar kalian tidak bingung saat memilih. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Bedak Tabur Atau Loose Powder Cocok Buat Kalian Yang Cari Bedak Yang Ringan


Bedak Tabur Atau Loose Powder Cocok Buat Kalian Yang Cari Bedak Yang Ringan

Bedak tabur merupakan jenis bedak yang sering ditemui dan digunakan. Bedak tabur memiliki tekstur yang ringan saat digunakan yang membuat para perempuan suka menggunakan bedak tabur. Formula bedak tabur sangat ringan, sehingga dapat digunakan untuk semua jenis kulit.

Selain itu, bedak tabur juga sangat cocok untuk menyerap minyak berlebih. Pilihlah bedak tabur yang warnanya satu tingkat di atas warna kulit wajah kalian. Gunakan bedak tabur dengan cara menepuk-nepuknya secara perlahan dengan spons agar bedak tampak lebih merata di kulit.

2. Bedak Padat Atau Compact Powder Punya Bentuk Yang Kecil Dan Praktis Dibawa-bawa


Bedak Padat Atau Compact Powder Punya Bentuk Yang Kecil Dan Praktis Dibawa-bawa

Bedak padat mudah dibawa ke mana-mana karena formulanya yang sudah dipadatkan. Oleh karena itu bedak cocok banget untuk touch up. Memiliki kandungan minyak sekaligus pelembap di dalamnya membuat bedak ini cocok digunakan untuk kalian yang memiliki kulit wajah yang kering.

Pilihlah bedak padat dengan formula bebas minyak atau oil free. Jangan lupa untuk segera langsung membersihkan wajah sebelum tidur ketika menggunakan jenis bedak ini. Hal ini dikarenakan bedak padat memiliki kemampuan untuk bertahan lama di wajah, alias sangat erat menempel di lapisan wajah. Biasanya, bedak ini dikemas dalam packaging lengkap dengan cermin dan sponsnya.

3. Bedak Cair Atau Liquid Powder Yang Ampuh Banget Tutupi Noda Di Wajah


Bedak Cair Atau Liquid Powder Yang Ampuh Banget Tutupi Noda Di Wajah

Banyak orang yang mengira jika bedak cair ini merupakan foundation, nyatanya dua benda ini berbeda loh. Bedak cair merupakan jenis beda yang banyak dipilih bagi sebagian orang karena lebih praktis dan cepat menutupi kekurangan pada wajah. Jenis bedak ini mampu menutupi bekas luka di wajah, flek hitam, lingkaran di bawah mata, dan lain sebagainya.

Bedak cair memiliki tekstur yang mudah menempel di wajah dan punya warna yang dapat disesuaikan dengan warna kulit. Oleh karena itu, bedak cair bisa jadi base make up untuk kalian yang menginginkan riasan yang mulus tapi tetap terkesan natural. Gunakan bedak cair dengan memakai kuas atau spons untuk mendapatkan hasil yang rapi dan merata.

4. Ingin Praktis Menggunakan Bedak Dan Foundation? Pakai Two-way Cake Saja


Ingin Praktis Menggunakan Bedak Dan Foundation? Pakai Two-way Cake Saja

Hampir sama dengan bedak padat, bedak two-way cake merupakan campuran antara bedak dan foundation. Bedak ini memiliki formula yang cenderung berat dan berminyak, tapi bisa bertahan lama meskipun dipakai seharian. Jenis bedak ini merupakan pilihan yang tepat, jika kamu menginginkan sesuatu yang tidak ribet.

Two-way cake cocok dikenakan untuk menghadiri acara-acara resmi dan glamor yang membutuhkan make up tebal dan dalam waktu singkat. Tapi, jika kalian punya kulit wajah yang berminyak, sebaiknya hindari jenis bedak ini ya.

5. Translucent Powder Atau Setting Powder Bakal Bikin Make Up Kalian Jadi Sempurna


Translucent Powder Atau Setting Powder Bakal Bikin Make Up Kalian Jadi Sempurna

Penggemar make up pasti sudah enggak asing lagi dengan bedak satu ini. Translucent powder merupakan bedak yang biasanya digunakan sebagai setting powder atau untuk mengunci foundation atau concealer agar tetap pada tempatnya.

Warnanya transparan sehingga tidak akan memberi coverage pada wajah. Namun, bedak yang satu ini mampu membuat wajah jadi terlihat matte alias bebas kilap. Bedak ini juga kerap digunakan untuk menyempurnakan tahapan baking atau pun contouring make up kalian.

6. Finishing Powder Bakal Bikin Wajah Kalian Mulus Bebas Pori-pori Dan Kerutan Halus


Finishing Powder Bakal Bikin Wajah Kalian Mulus Bebas Pori-pori Dan Kerutan Halus

Finishing powder ini biasanya dipakai terakhir setelah mengaplikasikan translucent atau setting powder namun sebelum bronzer dan blusher. Formulanya dirancang khusus sebagai filter wajah untuk membuat riasan makin sempurna.

Selain untuk membuat riasan jadi tahan lama, bedak ini juga mampu menyamarkan garis halus serta pori-pori pada wajah sehingga riasan terlihat sempurna. Finishing powder tidak disarankan untuk digunakan sebagai kosmetik sehari-hari. Hal ini dikarenakan formula finishing powder cukup berat.

7. Mineral Powder Mengandung Banyak Zat Mineral Yang Bagus Untuk Kulit Wajah


Mineral Powder Mengandung Banyak Zat Mineral Yang Bagus Untuk Kulit Wajah

Mineral powder tersedia dalam bentuk padat atau tabur. Sesuai namanya, yang membedakan bedak ini adalah kandungan mineral di dalamnya seperti zinc oksida atau titanium ksida yang dapat diserap kulit sehingga membuat wajah terlihat lebih cerah. Kandungan inilah yang membuat wajah terlihat mulus tanpa membuat pori-pori kesulitan bernapas.

Zinc oksida akan melindungi kulit dari jerawat dan titanium oksida dapat melindungi kulit dari sinar matahari. Mineral powder juga bebas minyak, pengawet, pewarna, dan paraben sehingga aman buat kulit sensitif. Meski begitu, tetap gunakan sunblock atau sunscreen agar wajah tetap terlindungi.

Selain itu, intip juga yuk beberapa rekomendasi brush make up yang cocok untuk remaja maupun profesional di sini. Intip juga tips yang bakal bikin make up kalian tahan lama dalam artikel berikut.

You can share this post!

Related Posts