Wabah Corona 'Menggila', WHO Ungkap Vaksin Siap Dalam 18 Bulan
Nasional

Wabah virus Corona dikonfirmasi telah menyebar ke hampir 30 negara dan menyebabkan lebih dari 45 ribu warga terinfeksi. WHO pun berpacu dengan waktu menyiapkan vaksin penangkal yang mumpuni.

WowKeren - Wabah virus Corona masih menjadi momok menakutkan di berbagai penjuru dunia. Seperti diketahui, virus ini bak semakin tak terbendung dan telah menyebabkan 1.115 warga meninggal dunia.

Virus ini pun dilaporkan sudah menginfeksi lebih dari 45 ribu orang yang tersebar di 28 negara. Situasi ini pun tak pelak membuat banyak pihak panik, termasuk Badan Kesehatan Dunia (WHO) yang berpacu dengan waktu demi menemukan vaksin penangkal yang tepat.

Namun kekinian wabah virus Corona ini sudah mendapatkan angin segar. Dilansir dari laman Daily Telegraph, otoritas berwenang menyebut bahwa vaksin ini akan siap dalam 18 bulan.

Informasi ini disampaikan ketika WHO mengumumkan nama resmi untuk virus novel Corona yang masih berkerabat dekat dengan penyebab SARS dan MERS. Diketahui bahwa virus yang berasal dari Pasar Seafood Huanan, Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok ini dinamai COVID-19.


Namun demikian, WHO mengingatkan agar paramedis dan masyarakat tak bergantung pada vaksin. Ketua WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, meminta semua pihak untuk menggunakan semua metode yang ada demi menghentikan wabah.

"Kami harus menggunakan semua yang ada untuk melawan wabah virus Corona," ujar Ghebreyesus di konferensi Jenewa, Swiss. WHO pun negara-negara di seluruh dunia untuk "seagresif mungkin" untuk melawan COVID 19.

"Jika dunia tidak bangun dan menyadari virus ini sebagai musuh nomer satu, sepertinya tidak ada pelajaran yang bisa diambil dari wabah ini," jelas Ghebreyesus. "Kami masih dalam strategi 'memasang barikade' demi mencegah virus untuk semakin menyebar lewat transmisi lokal."

Di sisi lain, baru-baru ini peneliti mengungkapkan gejala yang diamati para pasien terinfeksi virus Corona. Terdapat beberapa fakta mengejutkan, termasuk soal interval sejak gejala pertama hingga mengalami gangguan saluran pernapasan akut.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru