Tak Melulu Dengan Obat, 8 Tips Ini Bakal Bantu Kalian Atasi Migrain Menyakitkan Secara Alami!
Health

Tak melulu pakai obat, beberapa hal dipercaya dapat mengatasi rasa sakit dari migrain secara alami. Mulai dari istirahat hingga mengonsumsi makanan tertentu.

WowKeren - Migrain mungkin menjadi salah satu mimpi buruk untuk banyak orang. Migrain sendiri adalah sakit kepala yang terasa berdenyut, dan biasanya terjadi pada satu sisi kepala saja. Migrain merupakan penyakit saraf, yang dapat menimbulkan gejala, seperti mual, muntah, serta sensitif terhadap cahaya atau suara.

Serangan migrain dengan rasa nyeri yang mengganggu ini dapat berlangsung selama beberapa jam atau bahkan beberapa hari. Berbagai faktor dapat menyebabkan migrain, baik genetik maupun lingkungan. Penanganan untuk penyakit ini adalah melalui kombinasi perawatan mandiri, obat, serta perubahan gaya hidup.

Tak melulu pakai obat, beberapa hal dapat mengatasi rasa sakit dari migrain secara alami. Mulai dari istirahat hingga mengonsumsi makanan tertentu. Mau tahu apa saja? Berikut tim WowKeren rangkum 8 tips untuk mengatasi mingrain. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Kompres Es Batu


Kompres Es Batu

Penggunaan kompresan dingin atau hangat di kepala atau leher berefek dalam mengatasi sakit kepala sebelah. Kompresan dingin membantu untuk meringankan rasa sakit yang dialami. Sementara kompresan hangat atau kantongan pemanas berfungsi untuk melemaskan otot-otot yang tegang.

Sebenarnya, kalian tidak perlu repot mencari kompresan hangat ataupun kantongan pemanas, karena mandi air hangat memiliki efek yang serupa. Namun, bagi orang yang memiliki masalah kulit, peredaran darah, atau diabetes perlu menghindari penggunaan suhu yang terlalu ekstrim ya.

2. Lakukan Akupresur


Lakukan Akupresur

Akupresur memanfaatkan tekanan pada titik-titik tertentu di kaki dan telapak tangan. Pengobatan ini sangat efektif untuk mengobati rasa sakit migrain kronis. Tak boleh sembarangan, untuk mendapatkan akupresur, ada panduan tertentu yang harus kalian ikuti. Pada panduan tersebut, akan diperlihatkan titik mana yang mesti dipijat untuk meredakan rasa sakit kepala dan migrain.

Salah satu titik yang dianggap mampu mengatasi sakit kepala sebelah adalah titik LI-4 yang terdapat pada daerah antara bagian bawah jempol kiri dan jari telunjuk. Kalian dapat menekan titik tersebut dengan tekanan yang tidak terlalu keras selama lima menit.

3. Pijat Ringan Bagian Kening


Pijat Ringan Bagian Kening

Cara menghilangkan migrain yang pertama adalah dengan menambahkan tekanan kepada kepala dalam bentuk pijatan. Pijatlah area dahi dan pelipis menggunakan minyak hangat yang mengandung mint atau kayu manis. Kedua bahan tersebut dapat melemaskan saraf yang tegang, sehingga mengurangi rasa sakit di kepala.

Pijatan perlahan ini akan menimbulkan efek relaksasi pada kepala kalian. Dengan begitu otot kepala kalian juga akan semakin tenang dan sakit kepala akan semakin berkurang. Lakukan pijatan selama 5-10 menit hingga dirasa sakitnya telah hilang.

4. Minum Jahe Hangat


Minum Jahe Hangat

Jahe telah lama dipercaya menangkal masuk angin di Indonesia. Jenis rempah satu ini juga merupakan salah satu alternatif alami untuk mengatasi migrain. Hal ini didapati dalam hasil penelitian di tahun 2014 yang menemukan bahwa jahe bisa menangani sakit kepala sebelah.

Salah satu cara menggunakan jahe untuk mengobati sakit kepala sebelah adalah dengan teh jahe hangat. Kalian dapat mencincang atau memotong seutas jahe sebelum dimasukkan ke dalam empat cangkir air mendidih. Diamkan jahe selama 5-10 menit sebelum dikonsumsi. Bila rasa jahe terlalu kuat, Anda bisa menambahkan madu, gula, ataupun jus lemon.

5. Istirahat Di Kamar Gelap Dan Tenang


Istirahat Di Kamar Gelap Dan Tenang

Cahaya terang dan suara keras dapat membuat sakit kepala jauh lebih buruk. Ini dikarenakan ruangan yang terang akan membuat mata sakit dan memperburuk rasa tegang pada saraf otak yang menyambung dengan mata.

Ketika mulai merasa sakit di satu bagian kepala, segeralah matikan lampu ruangan atau pindah ke ruangan dengan cahaya lampu minimal. Temukan tempat yang jauh dari kebisingan dan bernuansa temaram ketika kalian mengalami migrain. Ini dapat membantu mempercepat pemulihan.

6. Konsumsi Teh Atau Kopi


Konsumsi Teh Atau Kopi

Meski tak terlalu dianjurkan namun kafein yang terdapat dalam kopi dan teh dapat mengatasi migrain. Kafein memberi kamu sedikit kelegaan dari migrain yang menyiksa karena dapat menekan rasa sakit dan menenangkan otot kepala. Cobalah seduh satu bungkus kalau sudah terasa rasa sakit di salah satu sisi kepala.

Namun, jangan terlalu banyak mengonsumsi kafein karena konsumsi kafein yang berlebih bisa menimbulkan sakit kepala lainnya. Selain itu, kafein yang berlebihan mungkin bakal membuat kalian kecanduan dan menimbulkan efek buruk lainnya.

7. Olahraga


Olahraga

Olagraga teratur dipercaya bisa mengurangi migrain yang menyiksa. Namun jangan mencobanya ketika kalian berada di tengah serangan migrain ya. Hal ini karena bisa membuat migrain jadi bertambah parah.

Tapi ketika kalian dalam kondisi normal, olahraga teratur dapat mencegah sakit kepala. Itu membuat tubuh melepaskan endorfin, yaitu bahan kimia yang melawan rasa sakit serta meringankan stres dan membantu tidur lebih baik.

8. Tidur Dengan Teratur


Tidur Dengan Teratur

Salah satu penyebab migrain adalah emosi yang tidak stabil seperti depresi, stres, panik, dan rasa tegang adalah pemicu utama migrain. Ketika kalian sudah merasa capek, jangan paksakan otakmu untuk berkerja terlalu keras.

Cobalah mengambil 30 menit istirahat menghadap pemandangan hijau, jauh dari hadapan gadget. Kalau bisa, luangkan 30 menit tersebut untuk tidur siang. Bukan tanpa alasan, tidur siang terbukti dapat menyelesaikan masalah emosi yang tidak stabil. Metode ini tidak hanya bekerja baik untuk bayi dan anak-anak, namun juga remaja dan orang dewasa loh.

Simak juga yuk cara alami untuk atasi flek hitam yang membandel di wajah dalam artikel berikut. Intip juga cara memutihkan ketiak hitam dengan bahan alami di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait