Sering Kita Pegang, Waspadai 8 Benda yang Rentan Jadi Tempat Bersarangnya Virus Corona Ini
SerbaSerbi
COVID-19 di Indonesia

Virus Corona disebut dapat bertahan hidup di permukaan benda mati dalam kurun waktu tertentu. Nah beberapa benda berikut ini perlu diwaspadai karena bisa menjadi tempat bersarangnya virus asal Wuhan tersebut.

WowKeren - Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa virus Corona dapat bertahan hidup di permukaan benda dalam kurun waktu tertentu. Virus asal Wuhan ini bahkan bisa hidup di bahan plastik selama 5 hari.

Karena fakta itu, tidak sedikit orang yang khawatir akan mudah terinfeksi oleh virus Corona. Pasalnya aktivitas harian kita tak lepas dari interaksi dengan berbagai benda di sekitar kita.


Risiko tertular melalui cara ini sendiri cukup kecil jika dibandingkan dengan penularan secara langsung antar manusia. Meski demikian kita tetap harus waspada, pasalnya Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyarankan agar kita lebih berhati-hati dengan berbagai benda yang berisiko bisa menularkan virus Corona.

Nah, benda-benda apa saja sih yang sebaiknya kita waspadai karena berisiko menjadi tempat bersemayamnya virus Corona? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Uang Kertas


Uang Kertas

Pada awal Maret lalu, WHO mengungkapkan bahwa uang kertas bisa menjadi perantara virus Corona. Karena kita tidak tahu siapa saja yang telah memegangnya dan partikel apa saja yang telah menempel di permukaannya. Selain itu, laporan dari The Guardian menyebut bahwa uang kertas adalah media yang tepat bagi virus untuk bertahan hidup.

Setidaknya virus asal Wuhan ini dapat bertahan hidup selama beberapa jam sebelum akhirnya menemukan inang. Karena itulah saat pandemi ini merebak, para pejabat dunia menyarankan masyarakat untuk mengurangi penggunaan uang tunai dan menggantinya dengan uang digital. Dengan melakukan transaksi non tunai, kita bisa memperkecil penyebaran virus ini.

2. Kartu ATM dan Kartu Transportasi


Kartu ATM dan Kartu Transportasi

Selain uang tunai, kartu ATM ternyata juga bisa menjadi media penyebaran virus Corona. Alasannya adalah saat sedang berbelanja, kartu ini akan diserahkan kepada kasir yang kemungkinan telah memegang kartu lain yang telah terpapar virus.

Selain kartu ATM, kartu transportasi seperti e-Money dan kartu kereta juga bisa menjadi tempat bersarangnya virus Corona. Hal ini disebabkan karena kartu tersebut sering disentuh oleh petugas transportasi umum yang sering berhadapan dengan banyak orang. Belum lagi jika mesin yang digunakan untuk memprosesnya ternyata telah tertempel virus tersebut.

3. Gagang Pintu


Gagang Pintu

Gagang pintu adalah salah satu benda yang paling banyak dipegang oleh manusia. Entah itu di minimarket, perpustakaan, perkantoran, toliet maupun di tempat-tempat umum lainnya. Karena itulah gagang pintu menjadi salah satu benda yang sangat rentan terpapar virus Corona. Sebab kita tidak tahu siapa saja yang telah menyentuh gagang pintu tersebut, dan apakah mereka terinfeksi atau tidak.

Agar lebih aman, Anda bisa melakukan beberapa langkah pencegahan sebelum menyentuh gagang pintu. Anda bisa menggunakan sarung tangan sebelum memasuki gedung atau ruangan. Atau Anda juga bisa membalut tangan dengan tisu saat menggenggam gagang pintu dan segera cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir untuk memastikan virus tidak menular ke tubuh Anda.

4. Ponsel


Ponsel

Ponsel menjadi salah satu benda paling kotor di dunia meskipun hanya kita yang memakainya. Penelitian membuktikan bahwa ponsel bisa 10 kali lipat lebih kotor daripada dudukan toilet. Karena itulah bukan tidak mungkin jika ponsel kita juga terpapar virus Corona.

Pasalnya ponsel kita bisa saja terpapar setelah disentuh atau dipinjam orang lain. Bisa juga ponsel terpapar setelah kita letakkan di tempat tertentu. Apalagi virus Corona dapat bertahan hidup di permukaan ponsel setidaknya selama 4 jam. Karena itulah usahakan untuk membersihkan ponsel secara berkala dengan tujuh cara mudah ini.

5. Pegangan Tangga, Eskalator dan Tombol Lift


Pegangan Tangga, Eskalator dan Tombol Lift

Setiap bangunan bertingkat biasanya akan dilengkapi dengan tangga, eskalator maupun lift. Setiap harinya benda-benda ini digunakan oleh banyak orang, sehingga besar kemungkinan bagi virus Corona menempel di permukaannya. Karena sekali lagi, kita tidak pernah tahu apakah tangan mereka sudah bersih atau tidak.

Oleh karena itu, usahakan untuk tidak berpegangan saat berjalan di tangga maupun ketika menggunakan eskalator. Usahakan untuk berjalan dengan normal tanpa mengandalkan pegangan untuk menyanggah badan. Sedangkan saat berada di lift, sebaiknya gunakan tisu atau sarung tangan untuk memencet tombolnya. Dengan begitu, Anda dapat meminimalisir penyebaran virus Corona melalui tiga benda ini.

6. Handle Grip dan Tiang di Transportasi Umum


Handle Grip dan Tiang di Transportasi Umum

Bagi Anda yang sering menggunakan transportasi umum seperti kereta atau bus sebaiknya mulai berhati-hati. Sebab virus Corona rentan menempel di handle grip dan berbagai tiang yang ada di transportasi umum. Pasalnya dua benda ini sering sekali disentuh oleh orang.

Meski kita sudah memastikan kebersihan tangan sebelum memegang handle grip maupun tiang yang ada di transportasi umum, kita tidak pernah tahu apakah orang orang lain juga melakukan hal serupa. Kita juga tidak pernah tahu virus, kuman maupun bakteri apa saja yang sudah menempel di sana.

Cara paling efektif untuk menghindarinya adalah dengan mengurangi penggunaan alat transportasi umum untuk sementara waktu. Kalau bisa, usahakan untuk selalu menggunakan sarung tangan kemanapun Anda pergi.

7. Kursi Tunggu


Kursi Tunggu

Kebanyakan kantor atau tempat pelayanan publik biasanya menyediakan ruang tunggu yang berisi deretan kursi. Nah, kursi yang ada di ruang tunggu tersebut bisa menjadi salah satu tempat bersarangnya virus Corona. Terutama kursi tunggu yang terletak di klinik atau rumah sakit umum.

Pasalnya kemungkinan besar orang yang positif Corona akan memeriksakan dirinya ke klinik karena mengalami gejala seperti flu biasa. Saat dia batuk, tetesan air liurnya bisa saja jatuh ke kursi tempatnya menunggu. Sehingga jika kita tidak sengaja menyentuhnya dan tidak segera mencuci tangan, kita bisa saja tertular virus tersebut.

8. Peralatan Makan di Tempat Umum


Peralatan Makan di Tempat Umum

Perlatana makan yang berada di tempat umum seperti restoran atau pantry kantor juga rentan menjadi media penyebaran virus Corona. Karena peralatan tersebut telah digunakan oleh banyak orang yang bisa saja telah terinfeksi virus Corona. Meskipun sudah dicuci, kita tidak bisa menjamin apakah semua virus yang menempel di peralatan makan tersebut sudah hilang.

Karena itulah usahakan untuk tidak makan di restoran untuk sementara waktu dan lebih memilih untuk membungkus makanannya saja. Selain itu, tidak ada salahnya untuk membawa peralatan makan sendiri dari rumah ke tempat kerja untuk meminimalisir penyebaran virus ini.

Demikian delapan benda yang rawan terpapar virus Corona yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips mengambil uang di ATM di tengah wabah Corona. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui tips saat belanja di pasar dan setelah kembali ke rumah agar terhindar dari virus Corona.

You can share this post!

Related Posts