Lebih dari 500 Awak Kapal Perang AS Theodore Roosevelt Positif Terpapar Corona
Dunia

Penyebaran virus itu berlangsung semakin cepat karena fasilitas di kapal sangat terbatas. Saat ini ada sekitar 3,696 orang awak kapal yang telah dikarantina di hotel dan barak yang berada di pangkalan AL AS di Guam.

WowKeren - Awal bulan ini, Kapten kapal perang milik Amerika Serikat, USS Theodore Roosevelt, mengabarkan bahwa ratusan kru terserang virus corona (COVID-19). Kapten kapal Theodore Roosevelt, Brett Crozier, memberitahu bahwa virus mematikan itu menyebar tak terkendali di kapal berisi 4,800 awak tersebut. Ia pun meminta bantuan agar para kru bisa segera dievakuasi untuk mencegah penyebaran virus lebih lanjut.

Saat dievakuasi pada 2 April lalu, dilaporkan bahwa ada sebanyak 93 awak kapal dikonfirmasi positif terinfeksi COVID-19. Namun kini, laporan terbaru menyatakan bahwa awak kapal yang dinyatakan positif terpapar corona kian bertambah. Tercatat, saat ini ada 550 awak kapal atau sekitar 10 persen dari total kru yang positif COVID-19.

"Sekitar 92 persen awak telah melalui tes COVID-19. Hingga hari ini 550 dinyatakan positif dan 3,673 lainnya negatif," ujar juru bicara kapal Theodore Roosevelt seperti dikutip dari AFP pada Senin (13/4).

Disebutkan pula bahwa penyebaran virus itu berlangsung semakin cepat karena fasilitas di kapal sangat terbatas. Saat ini ada sekitar 3,696 orang awak kapal yang telah dikarantina di hotel dan barak yang berada di pangkalan AL AS di Guam, kawasan Pasifik.


Sebagai informasi tambahan, kasus merebaknya pandemi virus corona di atas kapal induk USS Theodore Roosevelt terungkap setelah kapten kapal, Brett Cozier melapor ke atasannya. Namun, memo berisi permintaan tolong untuk segera dievakuasi justru bocor ke media massa.

Melalui surat sepanjang empat halaman yang ditulisnya, kapten Brett Crozier mengatakan bahwa mereka sudah tak sanggup membendung penyebaran COVID-19 di kapal tersebut. Bahkan Brett Crozier juga menggambarkan bagaimana situasi mengerikan yang terjadi di kapal Theodore Roosevelt.

Pemerintah AS langsung menanggapi permintaan Kapten Brett Crozier. Mereka telah mengevakuasi ribuan kru kapal Theodore Roosevelt pada 2 April lalu.

Cozier kemudian dicopot dari jabatannya sebagai kapten kapal tersebut oleh Pelaksana Tugas Sekretaris Angkatan Laut Kementerian Pertahanan AS, Thomas Modly. Berselang beberapa hari setelahnya, Brett kemudian dilaporkan positif virus corona.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru