Anti Lemas Meski Berpuasa Di Tengah Pandemi, 8 Makanan Ini Bakal Tambah Energi Kalian Saat Puasa
Kuliner

Untuk membuat kondisi fisik tetap prima kalian disarankan mengonsumsi makanan sehat. Ada beberapa jenis makanan yang diyakini bagus dikonsumsi selama bulan Ramadan karena bisa menambah energi selama menunaikan ibadah puasa.

WowKeren - Meski di tengah pandemi COVID-19, muslim di seluruh dunia tetap menyambut bulan suci Ramadan dengan suka cita. Pada bulan Ramadan ini biasanya umat muslim menjalankan ibadah puasa dan berkumpul bersama keluarga.

Untuk itu, wajib bagi kalian untuk bisa menjaga tubuh tetap sehat saat berpuasa di tengah pandemi. Selain agar bisa menjalankan puasa dengan lancar, juga meminimalisasi risiko tertular COVID-19. Untuk membuat kondisi fisik tetap prima kalian disarankan mengonsumsi makanan sehat, di saat sahur dan berbuka puasa.

Secara khusus, ada beberapa jenis makanan yang diyakini bagus dikonsumsi selama bulan Ramadan karena bisa menambah energi selama menunaikan ibadah puasa. Penasaran apa saja itu? Nah berikut tim WowKeren rangkum 8 jenis makanan penambah energi saat puasa. Yuk disimak!

(wk/eval)

1. Madu


 Madu

Bisa dibilang madu merupakan makanan yang "wajib" dikonsumsi selama Ramadan. Salah satu manfaat utama madu adalah menghasilkan energi. Ini dikarenakan kandungan gizi terbanyak madu adalah karbohidrat. Sebagaimana diketahui bahwa karbohidrat adalah sumber tenaga.

Namun, ada juga kandungan gizi madu lainnya seperti beberapa jenis vitamin, mineral, dan enzim. Mengonsumsi madu pun tidak hanya berdampak pada peningkatan energi saja melainkan juga untuk meningkatkan imunitas tubuh. Pengonsumsian madu bisa meningkatkan jumlah sel darah merah dan hemoglobin sehingga kalian tidak mudah lemas.

2. Kurma


Kurma

Kurma memang selalu identik dengan bulan Ramadan atau puasa. Hal ini karena kurma menjadi salah satu makanan yang sangat bergizi untuk puasa kalian. Kadar gula dan kalori yang terdapat di dalam kurma berkhasiat memberikan energi pada tubuh. Sehingga buah ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi semua orang yang sedang menjalankan puasa.

Kurma juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, dan C yang mampu melindungi tubuh, sehingga tidak rentan diserang penyakit dan sistem organ akan selalu terjaga. Kalian bisa mengonsumsi kurma sebanyak tiga buah saat berbuka untuk mengembalikan tubuh menjadi berenergi dan bugar.

3. Semangka


Semangka

Buah semangka memang sangat baik dikonsumsi selama bulan puasa karena menyimpan banyak kadar air hingga mencapai 92 persen. Dengan kandungan vitamin, mineral dan gula yang dimiliki pada semangka sangat ampuh menambah kebugaran tubuh meski sedang menjalankan puasa.

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh jurnal American Journal menyebutkan kandungan citruline dan arginine yang ada dalam semangka mampu menjaga kesehatan jantung. Vitamin A dan C di dalam buah tersebut bermanfaat menjaga daya tahan tubuh selama berpuasa, jika Anda mengonsumsi semangka sebagai pencuci mulut saat sahur.

4. Kacang Almond


Kacang Almond

Kacang almond adalah salah satu jenis kacang yang baik dikonsumsi saat puasa. Kacang ini diketahui memiliki kandungan protein dan lemak cukup tinggi. Kandungan inilah yang akan membantu tubuh menjadi tetap berenergi saat puasa. Kacang ini juga mampu membantu mengembalikan stamina tubuh setelah menjalani ibadah puasa selama 14 jam.

Selain itu kacang almond juga memiliki kandungan anti-oksidan yang mampu mecegah penuaan dan penyakit kanker. Kandungan vitamin E mampu melindungi sel-sel dari kerusakan. Magnesium yang tinggi juga mampu membantu mengontrol gula darah saat puasa di bulan Ramadan. Bahkan selain stamina tubuh dapat kembali dengan optimal, kesehatan tubuh juga menjadi lebih terjaga dengan konsumsi kacang almond.

5. Alpukat


Alpukat

Alpukat diketahui kaya akan lemak sehat dan protein nabati yang mengenyangkan. Jadi buah ini sangat cocok dikonsumsi saat bulan puasa karena ampuh memberikan energi dalam tubuh. Kandungan vitamin E pada alpukat dapat melindungi kulit dari serangan radikal bebas.

Hal ini dapat menjadikan kulit Anda tetap lembap dan kenyal selama berpuasa. Begitu juga dengan magnesium dalam buah tersebut juga dapat memberikan efek relaksasi yang sangat berkhasiat mengatasi kelelahan dan meredakan ketegangan otot.

6. Stroberi


Stroberi

Stroberi juga mampu menjaga tubuh dari dehidrasi karena kaya akan air. Diketahui kaya dengan vitamin C, buah yang satu ini bermanfaat membantu menjaga stamina tubuh, kesehatan kulit, mata, dan mencegah tekanan darah tinggi hingga serangan jantung.

Konsumsi stroberi saat sahur dan berbuka puasa bisa meningkatkan fungsi kognitif otak dan daya ingat. Hal ini berkat kandungan vitamin C dan antioksidan yang ada di dalam buah tersebut.

7. Pisang


Pisang

Buah pisang juga bisa diandalkan untuk mengembalikan stamina tubuh saat berpuasa. Hal ini disebabkan karena kandungan karbohidrat yang tinggi dalam pisang. Ada pula kandungan pati pisang yang mampu membantu mengontrol gula darah dan menjaga kesehatan pencernaan orang yang berpuasa.

Pisang ini juga bisa menjadi alternatif makanan pokok yang kaya vitamin dan mineral. Saat menjalani ibadah puasa, menyempatkan untuk mengonsumsi pisang ini penting dilakukan. Karena selain mampu menjaga dan mengembalikan stamina tubuh, pisang juga mampu menyeimbangkan kondisi tubuh sehingga menjadi lebih sehat dan kebal terhadap serangan penyakit.

8. Susu


Susu

Susu dan berbagai jenis produk olahannya ternyata juga mampu mengembalikan stamina tubuh. hal ini disebabkan karena kandungan protein, lemak, dan kalsium tinggi dalam susu. Kandungan protein dan lemak yang tinggi pada susu sapi akan membantu meningkatkan energi dan stamina bagi tubuh.

Bahkan kandungan kalsium dalam susu juga mampu mengontrol berat badan dan mencegah terjadinya obesitas saat menjalani ibadah puasa. Selain susu sapi, yang bisa dijadikan alternatif adalah susu kambing, susu almond, dan susu kedelai. Namun, tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi susu setelah makan berat. Lebih baik untuk mengatur jarak konsumsi susu dengan menu utama.

Simak juga yuk beberapa makanan yang harus dihindari saat buka puasa jika tak ingin kesehatan terganggu di sini. Simak juga beberapa makanan yang dapat kalian santap saat sahur dan kenyang lebih lama dalam artikel berikut.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel