Perubahan Fisik Tak Jadi Masalah, Ikuti 7 Tips Ini Agar Anda Tetap Tampil Cantik Saat Hamil
https://heymama.co/
Lifestyle

Karena perubahan hormon dan fisik, sebagian wanita mengeluhkan jerawat, pigmentasi dan berbagai masalah kulit lainnya yang dialami saat hamil. Untuk itu, sebaiknya lakukan tujuh tips ini agar tetap tampil cantik dan menawan saat hamil.

WowKeren - Hamil merupakan salah satu masa paling membahagiakan dalam kehidupan para wanita, karena kehadiran buah hati akan melengkapi kehidupan pasangan suami istri. Namun, beberapa wanita terkadang merasa kurang percaya diri saat hamil karena perubahan hormon dan fisik yang dialaminya.

Tak hanya tubuh yang membengkak, berbagai masalah kulit juga kerap muncul selama masa kehamilan. Mulai dari jerawatan, gatal-gatal, perubahan rona kulit hingga strerch marks pada sebagian kulit. Untuk mengatasi masalah tersebut, tentunya Anda tak bisa menggunakan sembarang produk kosmetik demi menjaga kesehatan janin yang tengah dikandung.


Masalah kulit yang kerap dialami oleh ibu hamil sendiri biasanya disebabkan karena proses peredaran darah di bagian bawah kulit yang semakin aktif. Kondisi ini menyebabkan kulit wanita hamil menjadi lebih sensitif yang berujung pada munculnya berbagai gangguan seperti di atas.

Meski dihadapkan dengan kondisi tersebut, bukan berarti Anda tak bisa tampil cantik selama menjalani masa kehamilan. Pasalnya ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar tetap tampil cantik dan menawan saat hamil. Penasaran apa saja itu? Berikut informasi lengkapnya.

(wk/eval)

1. Perbanyak Konsumsi Air Putih


Perbanyak Konsumsi Air Putih
Rawpixel/roungroat

Salah satu tips penting yang harus Anda lakukan agar tetap cantik dan sehat selama hamil adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih. Ada beragam manfaat yang akan Anda dapatkan jika rutin mengkonsumsi air putih, yakni racun dalam tubuh akan dibuang secara berkala serta menjaga cairan amnion (air ketuban) yang cukup dalam rahim agar bayi selalu merasa nyaman.

Selain itu, mencukupi kebutuhan cairan saat hamil juga dapat mencegah kulit terlihat kering, kusam serta munculnya kerutan. Oleh sebab itu usahakan untuk usahakan untuk selalu meminum dua liter air setiap harinya untuk membuat kulit terasa lebih lembab, segar dan awet muda.

2. Selalu Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi


Selalu Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Mempercantik diri dapat dilakukan dari luar dan dalam. Selain mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh, usahakan juga untuk mengatur pola makan dengan sebaik mungkin saat hamil. Pastikan untuk selalu mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi dan jangan sampai lewatkan jadwal makan. Karena makanan yang Anda konsumsi juga sangat mempengaruhi kesehatan janin yang sedang Anda kandung.

Anda dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung minyak omega seperti kacang-kacangan, telur dan ikan. Makanan ini tak hanya sehat, namun juga dapat membantu kulit Anda tetap halus dan kenyal. Selain itu, Anda juga dapat mengkonsumsi sayuran hijau, buah-buahan beri serta cokelat yang mengandung vitamin A, C dan E. Nutrisi yang ada di dalam berbagai makanan tersebut akan membantu melawan keriput serta mengurangi perubahan warna kulit selama hamil.

3. Selalu Menjaga Kebersihan Kulit


Selalu Menjaga Kebersihan Kulit

Meski tidak ada yang bisa Anda lakukan untuk menghindari perubahan hormon saat hamil, Anda tetap bisa mengatasi perubahan tersebut dengan baik. Salah satu caranya adalah dengan rutin menjaga kebersihan kulit untuk menghilangkan sisa kotoran yang menyumbat.

Selalu bersihkan wajah dengan pembersih bebas minyak dua kali sehari lalu keringkan dengan handuk secara lembut. Bila perlu, gunakan juga pelembab bebas minyak dan hapus semua makeup sebelum tidur. Usahakan untuk menggunakan produk pembersih kulit yang lembut dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

4. Gunakan Makeup dengan Bahan yang Aman


Gunakan Makeup dengan Bahan yang Aman

Merias wajah merupakan salah satu cara yang dapat kita lakukan agar bisa tampil cantik. Namun saat hamil, sebaiknya selalu perhatikan komposisi produk kosmetik yang Anda gunakan. Usahakan untuk menghindari kosmetik yang mengandung berbagai zat yang berbahaya bagi janin seperti timbal, plumbum, merkuri, retinoid, dan salicylic acid.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan perawatan kulit dengan menggunakan berbagai bahan alami. Misalnya menggunakan minyak kelapa atau minyak zaitun pada bagian kulit yang mengalami guratan putih untuk mengurangi stretch marks. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan masker dari madu dan susu untuk perawatan kulit wajah.

5. Olahraga Secara Rutin


Olahraga Secara Rutin

Olahraga tak hanya akan membuat tubuh sehat, namun juga dapat menjaga kecantikan wajah. Pasalnya olahraga dapat mengurangi stres dan membuat tidur lebih nyenyak. Dengan begitu, tubuh akan lebih berenergi sehingga wajah akan selalu cantik dan segar.

Tapi tentu saja Anda harus memilih olahraga yang aman untuk ibu hamil seperti yoga atau berenang. Yoga sendiri direkomendasikan agar Anda tetap bugar dan mempesona selama hamil. Selain itu, yoga juga akan melatih saraf agar lebih terampil saat proses persalinan.

6. Istirahat yang Cukup


Istirahat yang Cukup

Kurang tidur dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan dan kecantikan, termasuk munculnya lingkaran hitam di bawah mata serta membuat kulit tampak kusam. Karena itulah usahakan untuk selalu istirahat dengan cukup setiap harinya selama 7-8 jam untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi akibat perubahan hormon.

Untuk membantu tidur lebih nyenyak dan nyaman, Anda bisa menggunakan bantal tambahan khusus ibu hamil. Selain itu, Anda juga bisa tidur dengan posisi yang nyaman (badan miring dengan lutut ditekuk) serta meminum segelas susu hangat sebelum istirahat.

7. Tetaplah Berpikiran Positif


Tetaplah Berpikiran Positif

Tips berikutnya yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah dengan menjaga pikiran tetap positif. Meskipun penampilan fisik Anda berubah selama hamil, usahakan untuk tetap percaya diri karena aura kecantikan dapat muncul dari pikiran yang positif. Kelola stres dengan baik dan biasakan untuk memulai hari dengan senyuman. Dengan begitu, Anda akan tetap tampil cantik dan sehat selama menjalani masa kehamilan.

Demikian tujuh tips agar tetap tampil cantik selama hamil yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui rekomendasi produk kosmetik yang aman bagi ibu hamil. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai pantangan yang bisa membahayakan kesehatan ibu hamil dan janinnya.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru