Ikut Protes Soal Limbah APD Cemari Lautan, Susi Pudjiastuti Malah Banjir Doa Jadi Presiden
Instagram/susipudjiastuti115
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Belakangan permasalahan limbah APD seperti masker dan sarung tangan karet yang mulai mencemari lingkungan menjadi sorotan banyak pihak. Salah satunya eks Menteri KKP Susi Pudjiastuti.

WowKeren - Pandemi Corona belakangan ternyata juga ikut "mengganggu" sektor kesehatan lingkungan. Pasalnya sejumlah aktivis lingkungan menemukan sampah alat pelindung diri (APD) seperti masker dan sarung tangan mencemari lautan.

Dilansir dari Unilad, beberapa pekan terakhir limbah APD ini mulai mengotori jalanan dan lautan. Organisasi nirlaba Operation Mer Propre bahkan menyebut Perairan Mediterania bahkan mulai dipenuhi masker sekali pakai alih-alih diversitas laut seperti ubur-ubur,

"Mengetahui bahwa lebih dari dua miliar masker sekali pakai telah dipesan, dalam waktu dekan akan ada lebih banyak masker daripada ubur-ubur di Perairan Mediterania," ujar Laurent Lambord dari organisasi tersebut. "Ini hanya permulaan dan jika tidak ada perubahan akan menjadi bencana ekologis yang nyata."

Masalah ini pun turut disoroti oleh mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti. Hal ini tampak dari cuitan yang diunggah oleh wanita yang pernah dijuluki sebagai Ratu Lautan Indonesia itu pada Kamis (25/6).

Ikut Protes Soal Limbah APD Cemari Lautan, Susi Pudjiastuti Malah Banjir Doa Jadi Presiden-1

Twitter

Tak pelak cuitannya langsung diramaikan oleh banyak warganet. Kebanyakan dari mereka pun menyuarakan persetujuan atas pendapat mantan menteri yang dikenal galak itu.


"Mulai 1 Juli 2020 Jakarta akan melarang penggunaan plastik sekali pakai lho bu (Peraturan Gubernur Nomor 142 Tahun 2019) semoga diimplementasikan dengan baik ya kebijakannya~" cuit @per****OB. "Kapan kita belajar membiasakan diri TIDAK BUANG SAMPAH SEMBARANGAN? Sungguh manusia, kebanyakan tidak tahu cara berterima kasih pada bumi dan lautan," imbuh @si****ing.

Namun diantara banyaknya dukungan atas pendapatnya, cuitan Susi ini juga dibanjiri oleh doa untuknya menjadi presiden. Menariknya, Susi seolah tak menampik dan justru meladeni setiap doa itu sembari "mengumpulkan" pendukung.

Ikut Protes Soal Limbah APD Cemari Lautan, Susi Pudjiastuti Malah Banjir Doa Jadi Presiden-2

Twitter

"Bu susi, ntar pemilu ikut jadi calon presiden ya, saya dukung berat..," cuit @QO*****LG. "Saya juga dukung bu Susi," tambah @ro****1. "We will vote you too!" sambung @Qu*****ng.

Ikut Protes Soal Limbah APD Cemari Lautan, Susi Pudjiastuti Malah Banjir Doa Jadi Presiden-3

Twitter

Di sisi lain, perkara pengelolaan limbah APD memang menjadi sorotan beberapa waktu belakangan. Sebab masker dan sarung tangan karet yang digunakan untuk melindungi diri ini hanya bisa dipakai sekali sementara bahannya membuatnya tak bisa terurai bahkan sampai beratus-ratus tahun ke depan.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts