Bisa Memperlambat Proses Pemulihan, Ini 7 Pantangan yang Harus Anda Hindari Setelah Operasi Caesar
Health

Untuk mempercepat proses pemulihan setelah melahirkan secara caesar, ada beberapa hal yang sebaiknya dihindari ibu. Penasaran apa saja itu? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

WowKeren - Melahirkan merupakan proses akhir dari sebuah kehamilan yang paling dinanti oleh banyak ibu. Secara umum, proses persalinan bisa dilakukan dengan dua cara yakni secara normal dan caesar. Persalinan normal sendiri paling banyak diimpikan oleh wanita karena beberapa keuntungan yang dihadirkannya. Seperti biaya yang lebih ringan, proses penyembuhan yang cepat tanpa bekas luka, kelenjar susu lebih terangsang sehingga ASI yang dikeluarkan lebih banyak dan lain sebagainya.

Namun, ada beberapa kondisi kehamilan yang mengharuskan bayi dilahirkan secara caesar. Hal ini diperlukan untuk mencegah risiko komplikasi serta menyelamatkan nyawa ibu dan bayinya. Melahirkan dengan cara caesar sendiri membutuhkan waktu pemulihan yang lebih lama jika dibandingkan dengan persalinan normal.


Umumnya butuh waktu sekitar 4-6 minggu untuk kembali pulih, tergantung kondisi setiap ibu. Bahkan menurut beberapa penelitian, 60 persen wanita yang melahirkan secara caesar bisa merasakan sakit pada luka operasi 24 minggu setelah persalinan.

Karena itulah wanita yang melahirkan secara caesar membutuhkan perhatian ekstra agar bisa pulih lebih cepat. Salah satunya adalah dengan menghindari berbagai pantangan yang bisa memperburuk luka operasi. Penasaran apa saja itu? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Melakukan Aktivitas Fisik yang Terlalu Berat


Melakukan Aktivitas Fisik yang Terlalu Berat

Setelah menjalani operasi caesar, usahakan untuk tidak melakukan aktivitas fisik yang terlalu berat karena kondisi tubuh Anda masih sangat lemah dan bekas luka belum sepenuhnya kering. Sebaiknya tunggu sampai tubuh Anda sudah benar-benar pulih dan fit. Meski begitu, bukan berarti Anda hanya berbaring saja di rumah. Usahakan untuk tetap bergerak seperti berjalan kaki dan menggendong bayi.

Meski harus berlatih berjalan, usahakan untuk tidak naik turun tangga ya. Aktivitas ini dapat menyebabkan peningkatan tekanan di dalam perut yang bisa menyebabkan luka operasi rentan terbuka dan hernia. Sebaiknya Anda hindari aktivitas ini selama 3-6 bulan setelah menjalani operasi caesar.

2. Berhubungan Intim


Berhubungan Intim

Bagi pasangan suami istri, hubungan badan sangat diperlukan untuk menjaga keharmonisan. Namun setelah menjalani operasi caesar, sebaiknya tunda dulu aktivitas satu ini karena tubuh ibu memerlukan waktu untuk pulih. Melakukan hubungan intim terlalu dini setelah melahirkan bisa memperlambat proses persalinan.

Sebaiknya tunggu dulu hingga enam minggu setelah melahirkan. Karena setelah enam minggu, rahim telah kembali pulih dan pendarahan sudah berhenti sepenuhnya. Dengan begitu, kondisi tubuh Anda tak akan menurun jika melakukan hubungan intim dengan pasangan.

3. Terlalu Banyak Berbaring di Tempat Tidur


Terlalu Banyak Berbaring di Tempat Tidur

Setelah menjalani operasi caesar, tidak sedikit ibu yang lebih memilih untuk menghabiskan waktunya dengan berbaring di tempat tidur. Aktivitas ini kurang tepat untuk dilakukan, sebab setelah menjalani operasi caesar Anda harus aktif bergerak untuk mempercepat pemulihan dan mengurangi rasa nyeri di bagian yang luka.

Tak perlu melakukan berbagai aktivitas yang berat seperti berlari atau berolahraga. Sebab Anda hanya perlu membiasakan diri untuk berdiri, berjalan dan melakukan aktivitas ringan sehari-hari. Biasanya dokter akan menganjurkan Anda berjalan satu hari setelah operasi jika kondisi tubuh Anda sudah membaik.

4. Sering Melihat dan Menyentuh Luka Operasi


Sering Melihat dan Menyentuh Luka Operasi

Luka operasi biasanya akan ditutup dengan foam dressing selama 5-7 hari. Setelah itu, Anda diminta kembali kontrol ke dokter untuk diperiksa perkembangan luka operasinya. Jika proses penyembuhan berjalan dengan baik, luka operasi akan mengering dalam waktu satu minggu.

Karena itu, jika Anda ingin proses pemulihan berjalan dengan cepat, sebaiknya turut cegah terjadinya infeksi. Jangan sentuh dan lihat luka tersebut apalagi saat masih ditutup dengan foam dressing. Tindakan ini dapat memicu bakteri masuk ke dalam luka operasi dan menghambat proses penyembuhan.

5. Mengkonsumsi Makanan yang Bisa Memicu Sembelit


Mengkonsumsi Makanan yang Bisa Memicu Sembelit
https://www.delish.com//Lauren Miyashiro

Sebagian ibu akan mengalami sembelit dalam satu atau dua minggu setelah menjalani operasi caesar. Agar kondisi ini tak semakin parah, sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan yang bisa memicu sembelit dalam jumlah besar. Seperti cokelat, pisang, teh, sosis dan daging sapi.

Sebaiknya Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi serat. Seperti gandum, oat, nasi merah, pepaya, pir dan sayuran hijau untuk memperlancar buang air besar. Selain itu, iringi dengan memperbanyak konsumsi air putih setiap harinya.

6. Menggunakan Tampon


Menggunakan Tampon
Getty Images

Meskipun melakukan operasi caesar, bukan berarti vagina Anda tidak terdampak. Sebab Anda akan tetap mengalami pendarahan pada vagina dan merasakan sensasi tidak nyaman yang timbul di alat kelamin. Oleh sebab itu, sebaiknya jangan menggunakan tampon setelah melakukan operasi caesar karena dapat menyebabkan rasa sakit dan memperlambat proses pemulihan.

7. Mandi


Mandi
https://photostockeditor.com/

Setelah melahirkan dengan cara caesar, sebaiknya jangan mandi dulu sampai luka operasi benar-benar kering dan tidak mengeluarkan darah. Pasalnya luka dari operasi caesar dapat berakibat fatal jika terkena air.

Umumnya dibutuhkan waktu hingga 10 hari sampai Anda diperbolehkan untuk membersihkan tubuh dengan air sepenuhnya. Meski demikian, saat ini telah tersedia plester anti air yang diberikan dokter dengan perban untuk menutup jahitan operasi. Jika Anda ingin mandi dengan alasan tersebut, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter Anda ya.

Demikian tujuh pantangan yang tidak boleh dilakukan ibu setelah melahirkan secara caesar. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips aman melahirkan di tengah pandemi virus Corona. Selain itu, Anda juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai makanan sehat yang sebaiknya dikonsumsi di masa menyusui.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait