Gampang Diterapkan, Ini 8 Cara Sederhana Memulai Pola Hidup Sehat
Health

Bagi sebagian orang, menerapkan pola hidup sehat tidak semudah membalikkan telapak tangan. Karena itu, WowKeren akan menghadirkan beberapa tips mudah bagi kalian yang ingin membiasakan diri untuk menjalani hidup sehat. Penasaran?

WowKeren - Kesehatan merupakan hal yang paling berharga dalam hidup ini. Karena jika memiliki tubuh sehat kita bisa melakukan berbagai aktivitas tanpa kendala yang berarti. Namun bagi sebagian orang, menerapkan pola hidup sehat tidak semudah membalikkan telapak tangan. Karena mereka sudah terbiasa menjalani gaya hidup tidak sehat seperti mengkonsumsi junk food, makanan manis, kurang olahraga dan lain sebagainya.

Padahal jika kita sudah membulatkan tekad, menerapkan pola hidup sehat sebenarnya tidak begitu rumit. Bisa dimulai dengan beberapa cara sederhana dengan niat untuk melakukannya secara konsisten. Jika berhasil, kita akan terbiasa dan bisa merasakan dampak positifnya sepanjang hidup.

Berkaitan dengan hal ini, tim WowKeren akan menghadirkan beberapa tips mudah untuk mulai menerapkan gaya hidup sehat. Penasaran apa saja itu? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Kelola Stres dengan Baik


Kelola Stres dengan Baik

Tips pertama yang sebaiknya Anda perhatikan berkaitan dengan pengelolaan stres. Ada berbagai hal yang bisa membuat kita merasa stres, mulai dari kondisi keuangan yang kurang baik, hubungan asmara, pertemanan dan keluarga yang tidak berjalan lancar, urusan pekerjaan yang bikin pusing dan berbagai prahara lainnya. Selain terganggu secara emosional, stres bisa membuat kondisi fisik kita menurun yang mengarah pada berbagai masalah kesehatan.

Karena itulah penting bagi kita untuk mengelola stres dengan baik. Meski tidak mudah dilakukan, kita harus berusaha untuk menekannya demi menjaga kondisi tubuh dan pikiran tetap sehat. Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mengelola stres, misalnya menghindari segala hal pemicu stres, menulis jurnal, bercerita pada orang terdekat hingga melakukan berbagai aktivitas menyenangkan yang bisa membuat kita bahagia.

2. Lebih Bijak dalam Memilih Makanan


Lebih Bijak dalam Memilih Makanan

Apa yang Anda konsumsi akan sangat mempengaruhi kondisi tubuh. Karena itulah penting untuk memperhatikan makanan yang Anda konsumsi setiap harinya. Pastikan makanan yang Anda konsumsi memenuhi prinsip gizi seimbang yang mencakup karbohidrat, serat, protein dan lemak baik. Perhatikan juga porsi makan Anda untuk mencegah mengalami kegemukan dan terserang berbagai penyakit kronis.

Agar lebih mudah, lakukan hal ini secara perlahan dan bertahap. Jika Anda terbiasa mengkonsumsi junk food, sebaiknya mulai selingi dengan makanan sehat. Contohnya, Anda bisa sarapan dengan makanan sehat lalu siang dan malamnya bisa mengkonsumsi junk food. Keesokan harinya, usahakan untuk sarapan dan makan siang dengan menu yang sehat lalu makan malam dengan menu bebas. Lakukan secara perlahan sampai Anda benar-benar terbiasa mengkonsumsi makanan dengan gizi sempurna.

3. Perbanyak Minum Air Putih


Perbanyak Minum Air Putih

Seperti yang diketahui, tubuh kita mengandung 60 persen air. Sayangnya, cairan dalam tubuh akan terus berkurang melalui keringat, urin bahkan ketika kita bernafas. Itulah kenapa kita dianjurkan untuk mengkonsumsi minimal delapan gelas air setiap hari guna memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh.

Jika kebutuhan cairan senantiasa terpenuhi, ada beberapa manfaat yang akan kita dapatkan. Misalnya tubuh tetap terhidrasi, kulit akan terjaga kelembapannya, kalori lebih terkontrol, energi akan bertambah hingga usus bisa berfungsi dengan baik.

Sayangnya, tidak sedikit orang yang kesulitan untuk meminum delapan gelas air setiap hari karena lebih banyak mengkonsumsi minuman manis daripada air putih. Jika Anda memiliki masalah ini, sebaiknya mulai perbanyak konsumsi air putih. Bawalah botol minum sendiri kemanapun Anda pergi dan sediakan air di meja kerja kantor atau di kamar tidur. Dengan begitu, Anda akan lebih terpacu untuk meminumnya.

4. Kurangi Konsumsi Gula


Kurangi Konsumsi Gula

Kebiasaan makan atau minum sesuatu yang manis dan mengandung banyak gula cukup membahayakan tubuh. Karena selain menyebabkan diabetes dan obesitas, kebiasaan yang sering disepelekan ini bahkan dapat memicu berbagai penyakit berbahaya seperti stroke, jantung hingga kanker.

Anda bisa menguranginya secara perlahan. Jika biasanya Anda meminum kopi dengan dua sendok makan gula, sebaiknya kurangi secara perlahan menjadi satu setengah hingga satu sendok saja. Lakukan secara perlahan sampai Anda benar-benar bisa menghilangkan gula dalam cangkir kopi yang Anda konsumsi. Selain gula, sebaiknya mulai kurangi kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol yang bisa berdampak buruk bagi tubuh.

5. Ganti Minuman Aneka Rasa dengan Infused Water


Ganti Minuman Aneka Rasa dengan Infused Water

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, terlalu banyak mengkonsumsi gula bisa menyebabkan berbagai dampak buruk bagi tubuh. Karena itulah jika kalian terbiasa mengkonsumsi minuman manis dan berkarbonasi, sebaiknya ganti dengan infused water. Cara ini juga efektif bagi Anda yang tidak terlalu menyukai konsumsi air putih yang memiliki rasa tawar.

Cara membuat infused water sendiri cukup mudah. Sebab Anda hanya perlu memasukkan beberapa potongan buah ke dalam satu gelas air putih lalu diamkan selama beberapa saat sampai sari buahnya menyatu dengan baik. Jika ingin lebih segar, sebaiknya masukkan ke dalam lemari es dan konsumsi dalam keadaan dingin.

Jika sudah terbiasa mengkonsumsi infused water, ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan. Mulai dari mengontrol berat badan, mencegah penuaan dini, melancarkan sistem pencernaan, membuang racun dalam tubuh dan masih banyak lagi.

6. Pilih Camilan Rendah Lemak dan Perbanyak Konsumsi Buah-Buahan


Pilih Camilan Rendah Lemak dan Perbanyak Konsumsi Buah-Buahan

Bagi sebagian orang, menjalani hari tanpa camilan itu rasanya mustahil karena camilan bisa menjadi teman beraktivitas yang mengasyikkan. Namun beberapa orang terbiasa mengkonsumsi camilan tidak sehat yang banyak mengandung minyak, lemak hingga MSG. Jika dilakukan dalam jangka panjang, kebiasaan satu ini dapat berdampak buruk pada kesehatan tubuh.

Oleh sebab itu, mulailah beralih pada camilan rendah lemak yang lebih sehat untuk tubuh. Contohnya seperti oatmeal, kacang-kacangan, dark chocolate, yoghurt dan sebagainya. Selain itu, Anda juga bisa menjadikan buah-buahan yang kaya akan serat dan vitamin sebagai camilan yang menyehatkan.

7. Olahraga Secara Teratur


Olahraga Secara Teratur

Salah satu cara untuk menjaga tubuh selalu sehat adalah dengan berolahraga secara teratur. Terlebih di tengah pandemi virus Corona seperti saat ini, berolahraga penting dilakukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tak mudah terserang berbagai penyakit.

Agar tubuh tetap sehat di tengah pandemi, usahakan untuk selalu berolahraga selama 30 menit sebanyak 3-5 kali dalam seminggu. Lakukan olahraga ringan yang bisa dilakukan di dalam rumah untuk membatasi pertemuan dengan orang lain. Seperti sit up, angkat beban, push up, squat jump hingga lari di tempat. Namun jika Anda ingin berolahraga di luar rumah, sebaiknya perhatikan tips ini agar terlindung dari virus Corona.

8. Istirahat yang Cukup dan Berkualitas


Istirahat yang Cukup dan Berkualitas

Semua tips di atas akan sia-sia jika Anda tidak mendapatkan istirahat yang cukup. Pasalnya, tidur yang cukup dan berkualitas merupakan hal paling mendasar untuk menuju pola hidup sehat. Hal ini dikarenakan tidur memiliki pengaruh besar terhadap fungsi dan kinerja seluruh organ tubuh.

Bila kurang tidur, Anda berisiko mengalami sejumlah masalah kesehatan yang serius. Mulai dari menurunnya gairah seks, terserang jantung koroner, kanker, tekanan darah tinggi, stroke, depresi dan masih banyak lagi. Oleh karena itu usahakan untuk selalu istirahat dengan cukup selama 7-8 jam setiap hari agar kesehatan tubuh selalu terjaga.

Demikian delapan tips memulai pola hidup sehat yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui beberapa tips mengurangi minus pada mata. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui tips berobat ke rumah sakit di era new normal.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait