Olahraga di Era New Normal? Ikuti 7 Tips Ini Agar Tubuh Tetap Sehat dan Terhindar dari Virus Corona
SerbaSerbi

Berolahraga penting dilakukan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar lebih kebal terhadap virus Corona. Jika kamu berniat berolahraga di era new normal, sebaiknya perhatikan tujuh tips berikut ini.

WowKeren - Sejumlah daerah di Indonesia sudah mulai memasuki masa transisi new normal. Sesuai dengan namanya, new normal merupakan fase di mana aktivitas publik kembali dilakukan secara normal dengan protokol kesehatan tertentu demi mencegah penyebarluasan virus Corona.

Salah satu cara untuk melindungi diri agar lebih kebal terhadap virus Corona adalah dengan melakukan olahraga secara rutin. Ada banyak jenis olahraga yang bisa kalian lakukan, baik di dalam rumah maupun di luar rumah. Seperti jogging, bersepeda, yoga, sit up, dan sebagainya.

Agar olahraga yang kalian lakukan berjalan dengan lancar dan efektif, sebaiknya perhatikan artikel ini. Sebab tim WowKeren telah merangkum beberapa tips aman berolahraga di era new normal agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari virus Corona.

(wk/eval)

1. Pastikan Tubuh Sehat dan Selalu Jaga Kebersihan Diri


Pastikan Tubuh Sehat dan Selalu Jaga Kebersihan Diri
Pxhere

Sebelum memutuskan untuk berolahraga, pastikan kondisi tubuh kamu sedang sehat. Sebab jika kamu sedang sakit, sistem kekebalan tubuh akan menurun, sehingga membuatmu lebih rentan terserang penyakit maupun virus. Dengan begitu, kamu bisa menjaga kesehatan diri sendiri sekaligus orang lain.

Selain itu, pastikan juga untuk menjaga kebersihan diri dengan sebaik mungkin, bahkan ketika kamu berolahraga seorang diri. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari perpindahan bakteri, kuman maupun virus, termasuk virus Corona.

2. Membawa Masker dan Hand Sanitizer


Membawa Masker dan Hand Sanitizer

Jika kamu berolahraga di luar rumah saat new normal, usahakan untuk tetap menggunakan masker. Hal ini berlaku bagi kalian yang berolahraga dengan intensitas ringan demi menjaga kekebalan tubuh, bukan olahraga dengan intensitas tinggi karena target tertentu.

Saat berolahraga, usahakan untuk menjaga denyut nadi tetap stabil dan masih bisa berbicara. Intinya, selama kalian tidak memiliki riwayat penyakit jantung dan pernafasan, olahraga sambil menggunakan masker tetap bisa dilakukan. Bahkan sebelum pandemi virus Corona merebak, para pesepeda di kota-kota besar sudah biasa menggunakan masker untuk menangkal polusi.

Selain itu, usahakan untuk membawa hand sanitizer dengan kandungan alkohol sebesar 70 persen, tisu basah, tisu kering serta masker cadangan. Pastikan barang-barang ini selalu berada di dalam tas agar kamu bisa menggunakannya sewaktu-waktu.

3. Melakukan Pemanasan dan Pendinginan


Melakukan Pemanasan dan Pendinginan

Tips aman berikutnya adalah tidak lupa untuk melakukan pemanasan dan pendinginan selama berolahraga di era new normal. Langkah ini merupakan salah satu bagian penting dalam berolahraga karena pemanasan mampu meregangkan otot-otot tubuh, sehingga tubuh akan lebih siap untuk melakukan gerakan olahraga yang lebih aktif.

Sedangkan pendinginan yang dilakukan setelah olahraga juga tak kalah penting untuk dilakukan. Pasalnya gerakan peregangan otot saat pendinginan dapat membuat tubuh kembali rileks setelah berolahraga.

4. Tetap Menjaga Jarak


Tetap Menjaga Jarak
Pxhere

Diketahui bersama, menjaga jarak dengan orang lain merupakan salah satu cara penting untuk mencegah penyebaran virus Corona. Hal ini juga berlaku saat kamu sedang berolahraga. Sebaiknya hindari terlalu berdekatan dengan orang lain saat sedang olahraga. Karena kita tidak tahu bagaimana kondisi tubuh orang lain, terutama mereka yang tidak kita kenal.

Pasalnya pada saat ini ada banyak kasus positif COVID-19 dengan status OTG (Orang Tanpa Gejala). Meskipun terlihat sehat dari luar, mereka sebenarnya telah terjangkiti virus Corona. Sehingga jika kita berdekatan dengan mereka, risiko untuk tertular virus Corona akan semakin besar.

5. Pilih Lingkungan yang Bersih dan Hindari Pinjam Meminjam Peralatan Olahraga


Pilih Lingkungan yang Bersih dan Hindari Pinjam Meminjam Peralatan Olahraga
Pxhere

Bila kamu berencana olahraga di luar, sebaiknya pilih lingkungan yang bersih dan cukup sepi. Tak hanya akan menciptakan rasa nyaman, lingkungan yang bersih juga dapat meminimalisir penyebaran virus Corona. Jika kalian menemukan lingkungan yang tepat namun kebersihannya kurang terjaga, tak ada salahnya untuk mulai membersihkannya terlebih dahulu.

Selain itu, sebaiknya hindari pinjam meminjam perlengkapan olahraga dengan orang lain, bahkan teman terdekat sekalipun. Jangan lupa juga untuk membersihkan peralatan olahraga secara rutin agar lebih terawat dan bebas dari kuman, bakteri maupun virus.

6. Pastikan Tubuh Tetap Terhidrasi


Pastikan Tubuh Tetap Terhidrasi
Pxhere

Tips aman berolahraga saat new normal berikutnya adalah dengan menjaga kebutuhan cairan tubuh selalu terpenuhi. Hal ini dikarenakan olahraga dapat membakar kalori dan membuat tubuh kehilangan banyak cairan. Jika cairan tubuh selalu terpenuhi, kita akan terhindar dari dehidrasi yang bisa berakibat buruk bagi kesehatan.

Selain itu, usahakan juga untuk tidak minum di botol air yang sama dengan teman yang berolahraga bersama kita. Pasalnya kita tidak tahu apakah botol tersebut sudah terkontaminasi oleh virus atau tidak. Karena itu, selalu bawa botol minum dan handuk sendiri guna menghindari pinjam meminjam dengan orang lain.

7. Atur Durasi Olahraga dengan Bijak


Atur Durasi Olahraga dengan Bijak

Intensitas dan durasi olahraga saat new normal juga penting untuk diperhatikan. Hindari melakukan aktivitas olahraga yang berlebihan karena dapat menyebabkan over training yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Sebaiknya lakukan olahraga fisik sebanyak 3-5 kali dalam seminggu dengan durasi selama 30-35 menit. Dengan begitu, sistem kekebalan tubuh akan terjaga dan kamu akan lebih kebal terhadap ancaman virus Corona.

Demikian tujuh tips aman berolahraga saat new normal yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips menggunakan transportasi umum di era new normal. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui beberapa tips menggunakan toilet umum di tengah Pandemi Corona.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait