Mudah Ditemukan, 8 Bahan Dapur Ini Ternyata Bisa Dimanfaatkan Untuk Menyuburkan Tanaman
SerbaSerbi

Ada beberapa bahan dapur yang dapat digunakan sebagai penyubur tanaman atau pupuk alami. Penasaran apa saja itu? Langsung saja yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

WowKeren - Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika menanam berbagai jenis tumbuhan di rumah, terlebih di tengah pandemi Corona seperti saat ini. Sebab selain lebih hemat, Anda tak perlu pergi ke pasar terlalu sering karena bisa memetik sayur di rumah sendiri. Selain itu, tanaman jenis tertentu juga dapat menyaring debu dan kotoran, memurnikan udara hingga mengurangi tingkat stres seseorang.

Agar tanaman dapat tumbuh subur dan berfungsi maksimal, kita tentu harus merawatnya dengan sebaik mungkin. Tumbuhan sendiri membutuhkan tiga nutrisi penting untuk bertahan hidup yakni kalium, fosfor dan nitrogen. Untuk memenuhi manfaat tersebut, Anda bisa memberinya pupuk kimia yang dapat dengan mudah ditemukan di pasaran.


Namun jika ingin berhemat dan menggunakan pupuk yang lebih alami, Anda bisa kok membuatnya sendiri di rumah. Bahan yang diperlukan juga sangat mudah ditemukan di dapur rumah, bahkan beberapa di antaranya sering dibuang begitu saja karena dianggap tak lagi berguna.

Karena itulah daripada terbuang sia-sia, akan lebih baik untuk dimanfaatkan sebagai penyubur tanaman kita di rumah. Penasaran bahan apa saja itu? Langsung saja yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Penyedap Rasa


Penyedap Rasa

Sesuai dengan namanya, penyedap rasa biasanya digunakan untuk menambah cita rasa sedap pada masakan. Di samping fungsinya tersebut, penyedap rasa ternyata dapat digunakan sebagai penyubur tanaman loh.

Cara penerapannya pun cukup mudah. Sebab Anda hanya perlu menaburkan vetsin sedikit ke permukaan media tanam lalu siram dengan air sedikit demi sedikit sampai meresap sempurna. Ulangi cara ini setiap lima hari atau seminggu sekali. Dengan begitu, tanaman Anda akan tumbuh dengan subur dan berbunga indah.

2. Cangkang Telur


Cangkang Telur
Pixabay

Jika Anda terbiasa membuang cangkang telur, sebaiknya mulai hentikan kebiasaan ini sebab Anda bisa menggunakannya sebagai penyubur tanaman. Cangkang telur mengandung 93 persen kalsium karbonat yang dapat membantu pertumbuhan tanaman. Selain itu, cangkang telur juga terdiri dari 1 persen nitrogen, sekitar setengah persen asam fosfat serta berbagai unsur lainnya yang membuatnya jadi salah satu pupuk organik terbaik.

Untuk menggunakannya sebagai penyubur tanaman, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan. Pertama, cuci cangkang telur dan hancurkan sampai menjadi bubuk kasar lalu taburkan pada tanaman. Selain itu, Anda juga bisa merebus cangkang tersebut dengan air selama beberapa menit lalu biarkan semalaman. Jika sudah, saring air rebusan tersebut lalu masukkan ke dalam botol semprot untuk disemprotkan langsung ke tanah.

3. Kulit Pisang


Kulit Pisang
Pixabay

Buah pisang tak hanya enak dimakan, namun juga memiliki sejumlah manfaat baik untuk kesehatan. Tapi tak banyak yang tahu jika pisang ternyata juga bisa memberikan dampak baik bagi tumbuhan. Hal ini dikarenakan pisang kaya akan kalium, termasuk di bagian kulitnya.

Kulit pisang sendiri sangat cocok untuk menyuburkan tanaman yang membutuhkan banyak kalium, salah satunya adalah bunga mawar. Cara penerapannya pun sangat mudah. Saat mawar tumbuh, kubur buah pisang atau kulitnya pada lapisan atas tanah. Dengan begitu, mawar akan tumbuh subur karena mendapat cukup kalsium dari buah pisang atau kulitnya yang telah Anda tanam.

4. Kulit Bawang


Kulit Bawang
Pixabay

Bawang merupakan salah satu bumbu dapur yang mengandung kalsium, potasium, magnesium dan masih banyak lagi. Melalui bawang pula, kita bisa memembuat banyak makanan dengan cita rasa lezat. Untuk itu, kita biasanya akan mengambil lapisan bagian dalam dan membuang kulitnya karena menganggapnya tak lagi berguna. Padahal, kulit bawang juga dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik untuk tanaman di rumah.

Kalium yang terkandung di dalam kulit bawang dapat meningkatkan resistensi penyakit, pertumbuhan, batang serta membuat produktivitas yang lebih kuat. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, ada beberapa langkah mudah yang harus Anda ikuti. Pertama-tama ambil beberapa lembar kulit bawang lalu rendam ke dalam mangkok berisi air selama semalaman. Keesokan harinya, siramkan air rendaman tersebut pada tanaman di rumah.

5. Ampas Teh


Ampas Teh
mengeloladapur-padma.blogspot.com

Setelah menyeduh teh, kita terbiasa untuk membuang ampasnya ke tempat sampah. Tidak salah memang, tapi alangkah lebih baik jika kita memanfaatkan ampas tersebut sebagai penyubur tanaman di rumah. Ampas teh dapat digunakan sebagai pupuk organik karena kandungan nitrat yang ada di dalamnya mudah diserap oleh tanaman.

Bubuk teh bekas mengandung nutrisi dan asam tanat yang dapat menciptakan lingkungan lebih subur untuk tanaman. Bahan satu ini dapat meningkatkan kadar nutrisi dan kualitas tanah saat terurai. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu menyebarkan ampas teh di sekitar akar tanaman sambil sedikit membenamkannya ke dalam tanah.

6. Ampas Kopi


Ampas Kopi

Seperti halnya ampas teh, ampas kopi juga dapat digunakan sebagai penyubur alami bagi tanaman di rumah. Ampas kopi dapat membantu mengasamkan tanah untuk banyak tanaman seperti blueberry, mawar dan tomat. Untuk menerapkannya, Anda bisa langsung menaburkan ampas kopi ke dalam pot tanaman. Selain itu, Anda juga bisa merendam enam cangkir bubuk kopi bekas selama satu minggu untuk menjadikannya pupuk organik.

7. Agar-Agar


Agar-Agar
iStock Photo

Agar-agar yang biasanya dikonsumsi sebagai kudapan dan melancarkan pencernaan ternyata juga dapat digunakan sebagai penyubur tanaman. Agar-agar bisa menjadi sumber nitrogen yang bagus untuk tanaman. Karena terbuat dari rumput laut dan mengandung elemen jejak, agar-agar dapat menjadi sumber makanan bagi mikroba tanah.

Untuk menggunakannya sebagai pupuk alami tidaklah sulit. Pertama larutkan satu bungkus agar-agar ke dalam air panas lalu tambahkan dengan tiga gelas air dingin. Jika sudah, tuang larutan tersebut pada tanah di sekitar tanaman secara rutin sebulan sekali. Dengan begitu, tanaman Anda akan tumbuh dengan baik dan subur.

8. Ampas Kelapa


Ampas Kelapa

Ampas kelapa ternyata juga dapat digunakan sebagai pupuk organik untuk tanaman. Penelitian menunjukkan bahwa ampas kelapa mengandung kadar protein dan lemak kasar yang cukup tinggi. Kandungan tersebut dapat membantu penyuburan serta mempercepat tanaman untuk berbunga dan berbuah. Caranya mudah, sebab Anda hanya perlu memanfaatkan sisa limbah perasan kelapa yang tidak terpakai untuk pupuk tanaman.

Demikian delapan bahan dapur yang dapat digunakan sebagai penyubur tanaman yang telah WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui berbagai tanaman yang bagus untuk kesehatan. Selain itu, Anda juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai bahan makanan yang bisa ditanam di dalam pot.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru