Cocok Buat Terapi, Ini 7 Manfaat Menulis Untuk Kesehatan Mental Yang Jarang Diketahui!
Health

Para ahli sering memanfaatkan berbagai bentuk menulis, misalnya dalam jurnal, esai, dan kuesioner, untuk membantu menyembuhkan luka batin akibat stres dan trauma. Namun, manfaat menulis untuk kesehatan tidak hanya sampai di situ.

WowKeren -

Jaman teknologi sudah semakin canggih kini, banyak sekali platform yang memudahkan para penulis menampilkan karyanya. Jika diseriusi, menulis sangat bisa menjadi sumber nafkah. Tetapi selain menghasilkan uang, masih banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan jika rutin menulis untuk kesehatan.

Manfaat menulis untuk kesehatan mental sudah bukan hal yang aneh lagi. Saat menulis, otak dipaksa menerima banyak informasi baru, sehingga kalian tetap aktif meski tidak bergerak. Para ahli sering memanfaatkan berbagai bentuk menulis, misalnya dalam jurnal, esai, dan kuesioner, untuk membantu menyembuhkan luka batin akibat stres dan trauma.

Namun, manfaat menulis untuk kesehatan tidak hanya sampai di situ. Banyak sekali manfaat menulis bagi kesehatan yang jarang diketahui, terutama untuk kesehatan mental. Untuk itu, berikut tim WowKeren rangkum 7 manfaat menulis untuk kesehatan kalian. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Memulihkan Emosi


Memulihkan Emosi
Rawpixel/Tana

Mengekspresikan emosi melalui kata-kata dapat mempercepat penyembuhan luka mental kalian. Menurut sebuah studi oleh peneliti di Selandia Baru, menulis membuat pikiran dan perasaan kalian setelah peristiwa traumatis cepat sembuh. Dalam studi ini, peserta yang pernah mengalami pengambilan biopsi kulit ditugaskan untuk menulis sebuah catatan mengenai pikiran terdalam tentang apapun selain perasaan atau keyakinan mereka.

Kemudian, setelah dua minggu, para peneliti mengamati kemajuan bekas luka yang ada di tubuh mereka. Dan hasilnya adalah, mereka yang menulis tulisan ekspresif mengalami pemulihan lebih cepat daripada mereka yang dilarang menulis tentang perasaan mereka.

2. Meningkatkan Daya Ingat


Meningkatkan Daya Ingat

Stres yang tidak tersalurkan dengan baik dapat menghabiskan energi yang diperlukan otak untuk membentuk daya ingat dan berpikir. Menulis dapat membantu mengurangi tingkat stres kalian, sehingga berdampak baik pada daya ingat dan kemampuan berpikir. Hal ini dibuktikan dalam penelitian Burton dan King.

Semakin sedikit energi yang tersisa untuk membentuk daya ingat dan menjalankan fungsi kognitif lainnya. Para peserta dalam penelitian ini diminta untuk menulis ekspresif yang diyakini dapat menurunkan level stres. Hasilnya cukup positif, yakni daya ingat mereka meningkat begitu juga dengan fungsi kecerdasan lainnya.

3. Meredakan Kecemasan


Meredakan Kecemasan
Unsplash/Priscilla du Preez

Menulis memang telah lama dipercaya dapat meringankan kecemasan dan stres. Hal tersebut dibuktikan dengan studi dari Universitas Michigan, yang mengemukakan bahwa menulis jurnal sebagai bentuk penulisan ekspresif adalah cara yang efektif untuk mengurangi perasaan khawatir dan menjauhkan seseorang dari berpikir secara berlebihan atau overthink.

Dalam penelitian tersebut, orang-orang yang diteliti dalam penelitian ini sering merasa cemas ketika akan melakukan pekerjaan yang berat dan penuh tekanan. Dengan menulis ekspresif, mereka merasa bisa berpikir dengan kepala dingin dan menghindarkan mereka dari kelelahan akibat rasa cemas.

4. Memperkuat Sistem Imun


Memperkuat Sistem Imun
Rawpixel/Tana

Salah satu manfaat menulis bagi kesehatan adalah meningkatkan sistem imun dan membantu mempercepat penyembuhan berbagai penyakit. Menuliskan emosi dan pikiran dapat meningkatkan kemungkinan melawan beberapa penyakit seperti asma, rheumatoid arthritis, gangguan tidur, hingga kanker.

Sebuah studi di Selandia Baru menemukan 76% orang dewasa yang menulis jurnal tentang kegiatannya sehari-hari selama 20 menit per hari selama 3 hari berturut-turut sebelum menjalani biopsi, sembuh sepenuhnya pada hari ke-11. Hal ini menunjukkan bahwa menulis membantu pemulihan fisik lebih cepat. Penelitian ini kemudian menyimpulkan bahwa menulis ekspresif seperti menulis diary memang ampuh untuk mengurangi stres sehingga memberikan efek memperkuat sistem kekebalan tubuh.

5. Membantu Berkomunikasi dengan Lebih Baik


Membantu Berkomunikasi dengan Lebih Baik
Unsplash/Brooke Cagle

Jika sebelumnya kalian mungkin sedikit sulit untuk berkomunikasi, dengan menulis kalian akan lebih mudah berkomunikasi. Baik secara verbal dan juga tulisan, ada banyak kosakata baru yang bisa dijadikan cara untuk berkomunikasi. Komunikasi bisa dilakukan dengan media maupun dengan orang banyak yang menjadi klien kalian pada saat menulis.

Selain itu, dengan menulis, kalian jadi lebih tahu pandangan tentang berbagai hal. Sedikit banyak kalian juga akan menuliskan alasan di balik setiap pendapat kalian. Sesuatu yang mungkin tidak leluasa kalian katakan pada siapa pun karena tak seorang pun punya waktu cukup banyak untuk mendengarkan.

6. Menajamkan Imajinasi dan Kreativitas


Menajamkan Imajinasi dan Kreativitas
stock.adobe/denisismagilov

Cobalah untuk menulis dengan apa adanya, kalian tidak perlu mengikuti struktur tertentu. Biarkan kata-kata mengalir bebas tanpa mengkhawatirkan kesalahan ejaan atau hal-hal lainnya. Banyak sekali ide yang sebenarnya sudah menumpuk dalam pikiran malah tak lekas ditindaklanjuti. Kalian berpikir akan menunggu sebuah ide matang sekali baru dituliskan.

Padahal menuliskannya adalah bagian penting dalam mematangkan sebuah ide. Itulah kenapa setelah tulisan jadi, penulis masih membacanya berkali-kali dan memperbaikinya Agar manfaat menulis dapat kalian rasakan secara maksimal, cobalah untuk bersikap tenang saat menulis dan renungkan terlebih dahulu permasalahan yang akan kalian tulis secara positif setiap harinya.

7. Melancarkan Aura Positif Dalam Tubuh


Melancarkan Aura Positif Dalam Tubuh

Semua jenis tulisan yang dibuat secara kreatif mampu memberikan aura baik bagi penulisnya. Terpancar melalui bentuk cerita yang menarik, ungkapan penuh makna, hal tersebut membuat kalian percaya diri dan menjadikan satu kebanggan tersendiri.

Apalagi tulisan kalian bisa diterbitkan melalui media sosial ataupun majalah. Hal ini karena menulis juga bisa menjadi sarana untuk jujur kepada diri sendiri, sarana untuk membicarakan hal-hal positif kepada diri sendiri, atau sarana untuk menuliskan hal-hal apa saja yang kita syukuri hari ini.

Intip juga artikel ini untuk mengetahui beberapa manfaat yang akan kalian dapatkan jika rajin baca buku. Selain itu kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk melihat manfaat memasak untuk kesehatan yang jarang disadari.

You can share this post!

Related Posts