Rekomendasi Film Indonesia: 7 Judul ini Dibintangi Almarhum Ade Firman Hakim
Film

Ade Firman Hakim mulai bermain film pada 2010 silam. Hampir setiap tahun, Ade selalu mencuri perhatian di film-film layar lebar Indonesia dengan memerankan karakter penting.

WowKeren - Industri perfilman Tanah Air sedang dirundung duka atas kepergian Ade Firman Hakim. Aktor berusia 31 tahun ini meninggal dunia pada Senin (14/9) lalu. Hasil tes swab Ade telah dirilis, yakni almarhum dinyatakan negatif dari COVID-19.

Rasa kehilangan begitu dirasakan rekan-rekan selebriti yang pernah bekerja sama dengan almarhum Ade. Karier aktor Ade dapat dikatakan cukup cemerlang. Berkat perannya di film "Bid'ah Cinta", Ade sempat masuk dalam nominasi Festival Film Bandung 2017 sebagai kategori Pemeran Pembantu Pria Terpuji.

Mengenang kepergian Ade, sederet film-film yang dibintangi almarhum ini bisa menjadi referensi untuk menikmati akhir pekan sahabat setia WowKeren. Film apa saja? Langsung saja simak rangkumannya berikut ini.

(wk/nere)

1. Ratu Ilmu Hitam


Ratu Ilmu Hitam

"Ratu Ilmu Hitam" dirilis pada 7 November 2019 lalu. Dalam film tersebut, almarhum Ade berperan sebagai penjaga panti asuhan bernama Maman. Film yang ditulis Joko Anwar dan disutradarai Kimo Stamboel tersebut dapat disaksikan melalui layanan streaming GoPlay.

Hanif (Ario Bayu) mengajak sang istri, Nadya (Hannah Al Rasyid), dan ketiga anak mereka ke panti asuhan tempat ia dibesarkan. Hanif ingin bertemu pengasuh panti, Bandi (Yayu Unru), yang sudah tua dan sakit keras. Alih-alih bernostalgia dengan bahagia, mereka malah mengalami sejumlah teror mengerikan.

2. 22 Menit


22 Menit

Pada 19 Juli 2018, film "22 Menit" dirilis di bioskop. Dalam film yang juga dibintangi Ario Bayu tersebut, almarhum Ade berperan sebagai polisi lalu lintas bernama Firman. Film "22 Menit" kini telah dapat disaksikan di layanan streaming Viu.

"22 Menit" mengisahkan peristiwa yang terjadi pada 14 Januari 2016. Kala itu, sebuah ledakan mengguncang pusat kota Jakarta sehingga teriakan terdengar sepanjang Jalan Sarinah. Ario Bayu berperan sebagai Ardi yang merupakan polisi anggota unit anti terorisme. Ditemani Firman, Ardi berusaha menangkap pelaku ledakan bom dalam waktu 22 menit.

3. Bid'ah Cinta


Bid'ah Cinta

Dalam film "Bid'ah Cinta", almarhum Ade memerankan karakter transgender bernama Sandra. Dirilis pada 16 Maret 2017, "Bid'ah Cinta" dibintangi sederet artis ternama seperti Ayushita, Dimas Aditya, dan Ibnu Jamil. Sayangnya film yang digarap Nurman Hakim ini belum ada di layanan streaming resmi.

"Bid'ah Cinta" menceritakan tentang hubungan asmara layaknya Romeo dan Juliet yang tak mendapat restu karena perbedaan. Keluarga pasangan ini memiliki pemahaman berbeda tentang agama Islam, yakni Islam puritan dan Islam tradisional.

4. Guru Bangsa: Tjokroaminoto


Guru Bangsa: Tjokroaminoto

"Guru Bangsa: Tjokroaminoto" dirilis pada 9 April 2015. Dalam film garapan Garin Nugroho tersebut, almarhum Ade berperan sebagai Musso. Film yang mempertemukan almarhum Ade dengan Reza Rahadian, Christine Hakim, Didi Petet, dan Sujiwo Tejo ini bisa disaksikan di Netflix.

Film biopik ini menceritakan perjuangan HOS Tjokroaminoto (Reza Rahadian) bersama organisasi Sarekat Islam. Perkumpulan itu dibentuk untuk merangkul pemuda-pemuda Indonesia dalam melawan rezim kolonial Hindia Belanda. Kemunculan gerakan Tjokroaminoto kemudian mulai mengancam pemerintah Hindia Belanda.

5. Soekarno: Indonesia Merdeka


Soekarno: Indonesia Merdeka

Sebelum "Guru Bangsa: Tjokroaminoto", almarhum Ade telah bermain di film dengan berlatar sejarah yakni "Soekarno: Indonesia Merdeka" pada 2013 silam. Almarhum Ade berperan sebagai Chaerul Saleh yang merupakan wakil perdana menteri Indonesia di masa kepemimpinan Soekarno.

Film yang sempat tayang di televisi pada 17 Agustus lalu ini mengisahkan perjalanan hidup Soekarno sebagai salah satu proklamator bangsa. Hanung Bramantyo selaku sutradara juga sempat mengupas sedikit tentang kisah cinta Soekarno. Selain almarhum Ade, "Soekarno" juga diperankan Ario Bayu, Lukman Sardi, Maudy Koesnaedi, dan Ferry Salim.

6. Bebek Belur


Bebek Belur

"Bebek Belur" merupakan film pertama yang dibintangi almarhum Ade. Film yang dirilis pada 2010 ini menampilkan almarhum Ade sebagai karakter Andy. Film bergenre komedi tersebut mengisahkan keseharian warga Cibebek dengan berbagai masalahnya, dari yang lucu, menyedihkan, hingga mengharukan.

7. Buya Hamka


Buya Hamka

"Buya Hamka" merupakan film yang akan dibintangi almarhum Ade selanjutnya. Melalui Instagram, Vino Bastian menyebut almarhum Ade akan berperan penting. Kabarnya, almarhum Ade akan memerankan karakter bernama Karta.

Film garapan Fajar Bustomi ini akan mengisahkan Hamka Muda ketika mulai menulis karya besarnya yaitu "Tenggelamnya Kapal Van Der Wick". Hingga saat ini, belum diketahui pasti kapan film produksi Falcon Pictures tersebut akan tayang di bioskop.

You can share this post!

Related Posts