'Samudra Cinta' Sudah Pindah Jam Tayang, KPI Dianggap Telat Berikan Teguran Terkait Adegan Ranjang
TV

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) melayangkan teguran untuk sinetron 'Samudra Cinta'. Sayangnya teguran tersebut dianggap netizen terlambat karena kini 'Samudra Cinta' sudah pindah jam tayang.

WowKeren - Sinetron “Samudra Cinta” di SCTV baru-baru ini berhasil menyita perhatian warganet. Pasalnya dalam cuplikannya ditemukan adegan ranjang antara Samudra (diperankan oleh Rangga Azof) dan Cinta (diperankan oleh Haico Van Der Veken).

Lantas baru-baru ini Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) melayangkan teguran untuk sinetron “Samudra Cinta”. KPI menilai sinetron tersebut melanggar aturan tentang norma kesopanan dan kesusilaan yang terdapat dalam Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) KPI tahun 2012.

Wakil Ketua KPI Pusat, Mulyo Hadi Purnomo mengatakan adegan tersebut tidak pantas ditampilkan di jam yang semestinya ramah anak. Meskipun dalam tayangannya, pasangan suami-istri itu digambarkan dalam busana lengkap, namun adegan keromantisan tersebut rawan untuk ditiru oleh anak-anak.

"Kami menilai adegan tersebut memberikan pengalaman visual yang tidak baik. Adegan demikian juga tidak memperhatikan kepentingan anak. Anak masih rentan peniruan," tegas Mulyo Hadi Purnomo seperti dikutip dari website resmi milik KPI pada Rabu (7/10).

"Dalam klasifikasi R atau remaja, tayangan mestinya sensitif terhadap kepentingan tumbuh kembang anak,” tambah Mulyo. “Memperhatikan kemungkinan anak juga ikut menonton. Karena itu, kami menyatakan sinetron Samudra Cinta telah melanggar aturan dan patut mendapatkan sanksi."


Selain itu, Mulyo juga mengatakan bahwa seharusnya setiap tayangan berklasifikasi R lebih berhati-hati dalam isi tayangannya agar tidak mengandung unsur yang dapat mengganggu perkembangan psikologis anak-anak dan juga remaja. "Mestinya tayangan sinetron berklasifikasi R ini mengandung cerita-cerita yang ada nilai edukasinya, budi pekerti, nilai sosial dan budaya, serta membangun remaja ke arah yang positif dan bukan sebaliknya,” tambahnya.

“Hal ini tidak hanya saya mintakan kepada SCTV tapi juga seluruh pembuat konten cerita sinetron di tanah air,” pungkas Mulyo. “Mari kita membangun masa depan generasi kita dengan tontonan dan cerita yang berkualitas, edukatif serta solutif."

Sayangnya teguran yang dilayangkan KPI tersebut malah mendapatkan respon sinis dari netizen. Menilik dari kolom komentar di unggahan Instagram KPI, banyak netter yang beranggapan bahwa lembaga tersebut terlambat memberikan teguran karena kini “Samudra Cinta” sudah pindah jam tayang sejak hadirnya sinetron baru “Anak Band”.

"Maaf ya pak, sinet Samudra Cinta banyak mengajarkan ku untuk sabar, tegar, gak balas dendam sama orang yang udah jahatin kita, lagian sinet Samudra Cinta sekarang tayangnya di jam pocong," komentar seorang netter. "Pak saya baru kali ini ngekek liat postingan disini karena apa? Karena telaaaat tegurannya. Ketauan nih ngeluarin teguran kalau masuk lambe turah doang. Udah pindah jam tayang pak, makanya update liat tv jangan liat lambe turah muluuu, jadi diketawain kan sama netizen lain," sahut netter yang lain.

(wk/lail)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel