Atasi Insomnia, 7 Aplikasi Gratis Ini Bantu Kalian Dapatkan Tidur Malam Berkualitas
Unsplash/Gaelle Marcel
Tekno

Insomnia tak boleh disepelekan karena dapat mengakibatkan sejumlah gangguan kesehatan yang serius. Oleh sebab itu, segera atasi insomnia kalian menggunakan tujuh aplikasi ini.

WowKeren - Insomnia adalah penyakit tidur yang tidak dapat dianggap sepele karena dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, baik yang ringan maupun serius. Karena insomnia, seseorang bisa kehilangan fokus, kelelahan, berisiko menderita penyakit jantung, diabetes, tekanan darah tinggi dan masih banyak lagi.

Karena itulah insomnia tidak bisa dianggap enteng dan harus segera diatasi agar kita mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas. Dengan begitu, kita bisa bangun dengan perasaan segar serta mampu beraktivitas dengan produktif sepanjang hari.

Berkaitan dengan hal ini, tim WowKeren akan memberikan rekomendasi beberapa aplikasi yang bisa membantu kalian mengatasi insomnia dan tidur lebih cepat. Penasaran apa saja itu? Simak informasi selengkapnya dalam artikel berikut ini.

(wk/eval)

1. Relax Melodies


Relax Melodies

Aplikasi pertama yang WowKeren rekomendasikan adalah Relax Melodies. Aplikasi ini menyediakan lebih dari 160 suara pengantar tidur yang bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi insomnia. Suara di dalamnya termasuk bunyi air, ombak di laut, gemerisik daun, kicau burung, angin dan masih banyak lagi.

Yang tak kalah menarik, aplikasi ini juga menawarkan program meditasi dan teknik pernafasan sebelum tidur. Panduan gerakan serta dongeng sebelum tidur juga ada di dalamnya. Karena itulah aplikasi ini benar-benar bisa membantumu mengatasi insomnia, stres dan menghalau mimpi buruk saat tidur.

2. Calm Meditate


Calm Meditate

Calm Meditate yang WowKeren rekomendasikan berikutnya merupakan aplikasi tidur populer yang telah diunduh oleh lebih dari 10 juta pengguna android. Aplikasi ini bisa membantumu tidur dengan program meditasi yang dibagi dalam tiga tahap yakni pemula, menengah dan lanjutan.

Ada beberapa sesi meditasi dengan durasi 3, 5, 10, 15, 20 dan 25 menit yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Kamu juga bisa memilih topik meditasi yang sesuai dengan perasaan hati seperti susah tidur, stres, cemas, gelisah dan lain sebagainya. Yang tak kalah menarik, aplikasi ini juga akan menunjukkan kemajuan yang telah kamu alami selama melakukan meditasi.

3. Sleep Cycle


Sleep Cycle

Sleep Cycle merupakan aplikasi pengantar tidur yang menawarkan pengalaman istirahat lebih baik. Aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 5 juta pengguna android ini dapat memonitor pola tidur sekaligus menyajikan detail statistik grafik tidur harian. Dengan cara ini, pengguna dapat mengetahui bagaimana kualitas tidurnya dan apa yang membuat pola istirahatnya bermasalah.

Aplikasi ini juga menyediakan fitur intelligent alarm clock yang didesain khusus untuk membangunkan pengguna dengan cara yang lebih ramah. Yang tak kalah menarik, kalian juga bisa melihat catatan seperti bagaimana cara minum kopi, stres, berolahraga atau makan malam dapat mempengaruhi kualitas tidur.

4. Sleepo


Sleepo

Aplikasi berikutnya yang bisa membantumu tidur nyenyak adalah Sleepo. Aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 1 juta pengguna android ini menyajikan berbagai koleksi suara HD yang dapat dikombinasikan untuk menciptakan suasana yang damai. Ada berbagai suara pengantar tidur yang bebas kamu pilih, seperti suara alam, hujan hingga instrumen musik yang menenangkan.

Selain itu, kamu juga bisa mengatur waktu untuk menghentikan aplikasi ini secara otomatis. Yang tak kalah menarik, Sleepo dapat diakses secara offline sehingga berguna banget bagi kamu yang sedang kehabisan paket data.

5. White Noise Lite


White Noise Lite

White Noise Lite merupakan aplikasi pengantar tidur yang soundscape dengan menghubungkan beberapa suara alam. Aplikasi ini menawarkan 12 fitur yang dapat diakses secara gratis seperti dukungan audio latar belakang, dukungan TV chromrcast untuk kontrol dan pemutaran audio, jam digital layar penuh sistem alarm hingga timer canggih dan masih banyak lagi.

Menariknya, pengguna juga bisa mengunduh lebih dari 40 suara pengantar tidur secara gratis. Dan jika bosan dengan suara yang disediakan, kalian bisa merekam suara lain, memutar dan membagikannya tanpa dipungut biaya.

6. Rain Rain Sleep Sounds


Rain Rain Sleep Sounds

Suara hujan yang menenangkan sering membuat kita nyaman dan bisa tidur dengan cepat. Karena itulah akhirnya diciptakan aplikasi bernama Rain Rain Sleep Sounds untuk membantu kalian mengatasi insomnia. Ada beberapa suara berkualitas yang tersedia seperti hujan deras, hujan ringan, hujan di atap seng serta sejumlah suara non hujan seperti gelombang laut, perapian berderak, kucing mendengkur dan masih banyak lagi.

Yang tak kalah menarik, kamu bisa menggabungkan beberapa suara sesuai dengan keinginan untuk mendapat tidur yang lebih berkualitas. Aplikasi ini bisa kamu mainkan sepanjang malam, dipasang timer serta alarm yang akan membangunkanmu dengan alunan lembut.

7. Pzizz


Pzizz

Aplikasi terakhir yang WowKeren rekomendasikan adalah Pzizz. Cara kerjanya adalah dengan membantu kalian cepat tidur menggunakan berbagai suara yang dapat memunculkan perasaan rileks, santai dan menghilangkan tekanan saat istirahat. Dengan begitu, kalian akan bangun dengan lebih segar dan tenang keesokan harinya. Wah, menarik banget tentunya!

Demikian delapan aplikasi pengantar tidur yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips mendapatkan tidur berkualitas. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui bahaya yang mengintai jika terlalu sering tidur di lantai.

You can share this post!

Related Posts