Mudah Diterapkan, 7 Tips Ini Bantu Anda Mendapatkan Tidur yang Lebih Berkualitas
Shutterstock
Health

Mendapatkan tidur yang berkualitas penting bagi kita untuk menjaga kesehatan tubuh. Penasaran bagaimana caranya? Simak beberapa tipsnya dalam artikel berikut ini.

WowKeren - Tidur merupakan aktivitas penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Aktivitas satu ini mendatangkan banyak manfaat, mulai dari meningkatkan kesehatan fisik dan fungsi otak serta menjaga kestabilan emosi seseorang. Dengan begitu, Anda bisa menjalankan aktivitas sehari-hari dengan lancar tanpa kendala yang berarti.

Karena pada saat tidur tubuh akan meregenerasi sel-sel yang kelelahan, penting bagi kita untuk memperoleh tidur yang berkualitas. Meski demikian, tidur yang berkualitas tidak hanya diukur dari terpenuhinya kebutuhan tidur selama 6-8 jam saja, karena durasi ini hanya dianggap cukup dari segi kuantitas.


Di antara tanda Anda telah mendapatkan tidur berkualitas adalah dapat tertidur 15-20 menit sejak berbaring, bangun dengan perasaan segar dan bertenaga, mampu bekerja dengan produktif sepanjang hari serta tidak mengalami gangguan tidur seperti kesulitan bernafas, gelisah, mendengkur dan lain sebagainya.

Berkaitan dengan hal itu, tim WowKeren telah merangkum beberapa tips agar Anda bisa mendapatkan tidur berkualitas. Penasaran apa sajakah itu? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Dekorasi Kamar Tidur Menjadi Senyaman Mungkin


Dekorasi Kamar Tidur Menjadi Senyaman Mungkin
Pixabay

Biasanya seseorang akan tidur dengan lebih baik di lingkungan yang nyaman seperti tempat yang tenang, gelap dan sejuk. Oleh sebab itu, dekorasi kamar Anda menjadi senyaman mungkin agar Anda bisa mendapatkan tidur yang berkualitas. Sebab kamar tersebut akan memberi sinyal ke otak Anda saat waktu tidur sudah tiba.

Selain itu, usahakan juga untuk menggunakan kasur dan bantal yang nyaman. Jika Anda berbagi tempat tidur dengan anggota keluarga atau pasangan, pastikan Anda mendapat ruang yang cukup untuk tidur. Dan jika Anda memiliki hewan peliharaan, usahakan untuk mengurangi durasi waktu tidur dengan mereka.

2. Buat Jadwal Tidur Secara Rutin


Buat Jadwal Tidur Secara Rutin
Shutterstock

Membuat jadwal tidur secara rutin bisa membantu Anda mendapatkan tidur yang berkualitas. Usahakan untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya, bahkan saat akhir pekan tiba. Dengan begitu, tubuh Anda akan terbiasa tidur dan bangun pada jam-jam tersebut.

Jika Anda tidak bisa tertidur 15 menit setelah berbaring, lebih baik bangun sebentar untuk melakukan aktivitas yang menyenangkan. Setelah itu cobalah tidur lagi jika Anda sudah merasa lelah dan mengantuk. Sebaliknya, bila Anda terus mencoba tidur lebih dari 15 menit, Anda hanya akan merasa lelah dan frustasi.

3. Hindari Minuman Berkafein dan Jangan Terlalu Banyak Makan Sebelum Tidur


Hindari Minuman Berkafein dan Jangan Terlalu Banyak Makan  Sebelum Tidur
Pxhere

Jika ingin langsung tidur setelah berbaring, sebaiknya hindari konsumsi minuman berkafein sebelum beristirahat. Seperti yang diketahui, minuman berkafein seperti kopi bisa membuat Anda tidak mengantuk sehingga jam tidur otomatis terganggu. Usahakan juga untuk tidak mengkonsumsi alkohol sebelum tidur karena bisa membuat Anda terbangun di tengah malam.

Selain itu, pastikan Anda tidak mengkonsumsi terlalu banyak makanan menjelang tidur. Aktivitas ini bisa membuat perut Anda tidak nyaman dan begah sehingga mengganggu kualitas tidur. Jika Anda benar-benar lapar sebelum tidur, sebaiknya konsumsi buah-buahan dalam jumlah yang wajar.

4. Hindari Aktivitas yang Bisa Menyebabkan Stres


Hindari Aktivitas yang Bisa Menyebabkan Stres
Pxhere

Agar Anda bisa mendapatkan tidur yang berkualitas, usahakan untuk tidak melakukan aktivitas yang bisa menyebabkan stres. Misalnya menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk atau membahas masalah yang dapat memicu emosi. Aktivitas semacam ini bisa menyebabkan tubuh melepaskan hormon stres atau kortisol, sehingga membuat Anda tetap waspada dan tidak mengantuk.

Karena itulah lebih baik lakukan berbagai aktivitas yang bisa membuat Anda merasa lebih santai. Misalnya berendam atau mandi, membaca buku, mendengarkan musik bernada lembut, melukis maupun melakukan olahraga ringan di dalam rumah. Jika suasana hati membaik, maka Anda bisa tidur dengan lebih tenang tanpa terganggu.

5. Batasi Kontak dengan Gadget


Batasi Kontak dengan Gadget
Pxhere

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gadget dapat mengganggu kualitas tidur seseorang. Pasalnya emisi sinar biru dari ponsel, tablet maupun komputer dapat berakibat buruk bagi tubuh dan membuat kita sulit tidur. Sehingga membatasi kontak dengan gadget bisa meningkatkan relaksasi pada tubuh dan membuat aliran darah ke otak menjadi lebih optimal.

Jika Anda tak bisa langsung meninggalkan kebiasaan bermain gadget sebelum tidur, sebaiknya lakukan secara perlahan. Pertama-tama coba terapkan waktu setengah jam sebelum tidur dengan tidak menggunakan gadget. Jika bosan, Anda bisa membaca buku atau menulis buku harian untuk meluapkan perasaan stres selama 15 menit lalu tidurlah secara perlahan. Dengan begitu, tidur Anda akan lebih nyenyak dan berkualitas.

6. Relaksasi Pernafasan


Relaksasi Pernafasan
Pxhere

Agar bisa mendapatkan tidur yang berkualitas, sebaiknya hilangkan segala pikiran cemas yang Anda miliki. Salah satu caranya adalah dengan menarik nafas dalam-dalam sebelum tidur. Caranya sangat mudah, pertama berbaringlah dengan posisi wajah menghadap ke atas, tangan dan kaki lurus. Lemaskan semua otot badan dan fokus atur nafas dengan perut. Rasakan ketegangan dalam setiap hembusan nafas yang terbuang. Ulangi aktivitas ini, maka Anda akan cepat tertidur.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba gerakan yoga viparita karani sebelum tidur. Caranya sangat mudah dan bisa Anda lakukan di atas kasur. Pertama, baringkan tubuh dengan kaki bersandar ke tembok lalu tahan selama 10 menit. Setelah itu berbaringlah seperti biasa maka Anda akan terlelap secara perlahan.

7. Matikan Lampu


Matikan Lampu
Pxhere

Para peneliti menyarankan agar seseorang mematikan ruangan jika ingin mendapatkan tidur berkualitas. Cara sederhana ini terbukti memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Mulai dari menjaga sistem kekebalan tubuh, mencegah kanker, menurunkan risiko depresi, menjaga kesehatan mata, mencegah obesitas dan masih banyak lagi.

Di sisi lain, Anda akan merasakan banyak dampak buruk jika tidur dengan kondisi lampu menyala. Hal ini dikarenakan nyala lampu akan merangsang produksi hormon di dalam tubuh sehingga membuat kita gelisah dan terganggu saat tidur.

Demikian tujuh tips mendapatkan tidur berkualitas yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui berbagai makanan dan minuman yang bisa membuat Anda sulit tidur. Selain itu, Anda juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui bahaya yang mengintai jika terlalu sering tidur di lantai.

You can share this post!

Related Posts