Jangan Dibiasakan, 8 Bahaya Ini Akan Mengintai Kesehatanmu Jika Terlalu Sering Tidur di Lantai
Shutterstock
Health

Pada awalnya, tidur di lantai memang bisa memberikan sensasi dingin dan nyaman, apalagi saat cuaca sedang panas-panasnya. Namun jika dibiasakan, hal ini justru dapat menimbulkan sejumlah bahaya bagi kesehatan seperti berikut ini.

WowKeren - Saat cuaca sedang panas-panasnya, orang cenderung memilih tidur di lantai untuk mencari kesejukan. Sensasi dingin yang diberikan lantai dapat membuat tidur terasa lebih nyaman, apalagi di siang yang panas.

Jika kamu memiliki kebiasaan satu ini sebaiknya berhati-hati. Pasalnya kebiasaan tidur di lantai tanpa alas ternyata memiliki beberapa bahaya bagi kesehatan, bahkan dapat berdampak serius jika tidak segera dihentikan.

Untuk lebih jelasnya, sebaiknya simak artikel berikut ini. Sebab tim WowKeren telah merangkum beberapa bahaya yang mengintai jika kamu terlalu sering tidur di lantai. Penasaran apa saja itu? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Mudah Masuk Angin


Mudah Masuk Angin

Sensasi nyaman tidur di lantai memang akan kamu rasakan, tapi itu hanya di awal saja. Sebab setelah bangun, kamu bisa mengalami masuk angin. Apalagi jika kamu melakukannya terus menerus dalam waktu yang lama. Kamu berisiko terkena berbagai penyakit lain seperti demam, sakit kepala dan meriang.

Selain itu, kamu juga dapat mengalami gangguan pencernaan seperti muntah, diare dan perut kembung. Oleh karena itulah sebaiknya hindari tidur di lantai tanpa alas dan pilih beristirahat di kasur yang hangat untuk menghindari berbagai masalah kesehatan.

2. Menyebabkan Flu dan Pilek


Menyebabkan Flu dan Pilek
Shutterstock

Penyakit berikutnya yang rentan kamu alami jika terlalu sering tidur di lantai adalah pilek dan flu. Dengan tidur di lantai, tubuh akan lebih mudah terserang virus flu. Apalagi jika lantai yang kamu gunakan untuk tidur dipenuhi dengan debu dan kotoran yang belum sempat dibersihkan. Debu dan kotoran itu akan terhirup dan menyebabkan daya tahan tubuh semakin lemah.

Akibatnya, virus tersebut akan menyerang bagian pernafasan seperti hidung paru-paru. Sehingga saat bangun kamu akan mengalami berbagai gejala seperti demam, bersin-bersin, hidung tersumbat dan pusing. Apalagi jika kamu sudah pilek sebelumnya dan memiliki alergi debu, gejala yang kamu alami akan semakin parah.

3. Memicu Asam Lambung


Memicu Asam Lambung

Beberapa orang yang sensitif terhadap suhu dingin akan mengalami kondisi tertentu jika memaksa tidur di lantai. Salah satunya adalah memicu peningkatan kadar asam lambung. Akibatnya kamu tak hanya akan mengalami masuk angin, tapi juga perut kembung, mual bahkan muntah.

Perlu diperhatikan juga bahwa makanan turut berpengaruh sebagai pemicu asam lambung. Oleh karena itu di samping menghindari tidur di lantai, perhatikan juga berbagai makanan yang kamu konsumsi dan lakukan tujuh cara mudah ini untuk mencegahnya.

4. Penyakit Paru-Paru


Penyakit Paru-Paru

Memang benar bahwa terlalu sering tidur di lantai dapat menyebabkan gangguan pada paru-paru. Kondisi ini disebabkan karena beberapa faktor, pertama karena paru-paru tidak dapat menahan suhu dingin terlalu lama. Saat itu terjadi, paru-paru akan memberi tanda pada tubuh seperti munculnya sesak nafas dan lain sebagainya.

Yang kedua adalah karena terhirupnya debu dan kotoran di lantai yang dapat menyebabkan peradangan pada paru-paru. Kuman, virus dan bakteri bersama dengan udara yang ada di lantai akan masuk ke paru-paru melalui hidung. Oleh karena itu selain tidak membiasakan tidur di lantai, penting juga untuk selalu membersihkan rumah dengan benar dan rutin.

5. Badan Mudah Lelah dan Nyeri Punggung


Badan Mudah Lelah dan Nyeri Punggung

Ketika tubuh terpapar suhu dingin terlalu lama, jaringan yang ada di dalamnya akan mengembang dan membengkak. Kondisi ini dapat menyebabkan ruang persendian terdesak yang membuat tubuh mengalami nyeri sendi serta sensasi ngilu pada tulang. Akibatnya tubuh akan mudah terasa lelah dan kesemutan.

Selain itu, terlalu sering tidur di lantai juga dapat menyebabkan nyeri punggung. Hal ini disebabkan karena tulang dan semua otot yang tidak bisa relaks saat tidur di lantai. Bahkan tidur di lantai juga dapat menyebabkan kelainan pada postur tubuh jika dilakukan terus menerus dalam waktu yang lama. Kamu pasti tidak mau hal itu sampai terjadi kan?

6. Menyebabkan Bell's Palsy


Menyebabkan Bell's Palsy

Apa kamu mendengar tentang penyakit Bell's Palsy? Penyakit ini disebabkan karena membengkaknya saluran saraf fasialis (wajah) yang melewati telinga. Beberapa ahli berpendapat penyakit ini disebabkan karena paparan angin dingin yang mengenai salah satu sisi wajah secara terus-menerus. Ada pula yang menyatakan jika penyakit ini disebabkan oleh reaksi infeksi virus dan dapat terjadi ketika seseorang tidur dengan wajah menempel di lantai dalam waktu yang lama.

Tanda-tanda seseorang terkena penyakit ini dapat dilihat ketika dia sedang tersenyum. Pasalnya bagian bibir yang satu sisi dengan pembengkakan saluran saraf akan kesulitan bergerak mengikuti pola senyuman. Tanda lainnya adalah ketika seseorang akan mengernyitkan alis, di mana sisi alis yang mengalami pembengkakan juga akan sulit untuk diangkat.

7. Memicu Alergi dan Iritasi


Memicu Alergi dan Iritasi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, salah satu faktor yang menyebabkan bahaya tidur di lantai adalah karena debu, virus dan kotoran. Jika lantai yang kamu gunakan untuk tidur cukup kotor, kamu akan rentan mengalami alergi dan iritasi seperti kulit memerah dan bernanah, ruam hingga gatal-gatal.

Selain itu, kamu juga berisiko akan digigit serangga, karena lantai merupakan tempat serangga maupun hewan lainnya berkeliaran. Bisa saja serangga-serangga itu akan menggigitmu atau masuk ke dalam telinga dan bagian tubuh lainnya saat kamu sedang tidur. Hal ini akan sangat berbahaya jika kamu tidak menyadarinya karena dapat menyebabkan berbagai penyakit.

8. Menyebabkan Gangguan Tidur


Menyebabkan Gangguan Tidur

Tidur di lantai tanpa alas juga dapat menyebabkan gangguan tidur. Bagi kamu yang tidak terbiasa akan merasa tidak nyaman karena permukaan lantai yang keras dan dingin, sehingga membuatmu mudah terbangun. Jika hal ini dilakukan setiap hari, jam tidur akan berantakan yang memicu insomnia. Selain itu, tubuh akan menjadi kurang fit dan tidak segar setelah bangun.

Demikian delapan bahaya kesehatan yang mengintai jika kamu terlalu sering tidur di lantai tanpa alas. Simak juga artikel ini untuk mengetahui beberapa dampak buruk yang akan kamu dapatkan jika jarang mandi sore. Selain itu, kamu juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui bahaya terlalu sering duduk dengan menyilangkan kaki.

You can share this post!

Related Posts