Bisa Sebabkan Stres, 7 Dampak Buruk Ini Bakal Kamu Dapatkan Kalau Jarang Mandi Sore
Health

Meski terlihat sepele, tidak mandi sore ternyata bisa menimbulkan sejumlah dampak buruk untuk kesehatan. Penasaran apa sajakah itu? Berikut informasi lengkapnya.

WowKeren - Mandi idealnya dilakukan sebanyak dua kali sehari, saat pagi dan sore hari. Tak hanya bermanfaat untuk kebersihan tubuh, mandi pada pagi dan sore hari juga bisa memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan.

Namun tidak sedikit orang yang mandi saat pagi saja, terutama karena berada di rumah saja selama wabah Corona. Berbagai alasan mendasarinya, mulai dari malas hingga merasa terlalu lelah.

Padahal ada beberapa dampak buruk yang mengancam jika kita melewatkan mandi sore. Mau tahu apa saja itu? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Mudah Mengalami Bau Badan


Mudah Mengalami Bau Badan

Dampak pertama yang pasti kamu dapatkan jika jarang mandi sore adalah mudah mengalami bau badan. Hal ini dikarenakan adanya bakteri yang menempel pada tubuh dan tidak dibersihkan akan membuat badan mudah bau.

Kelenjar keringat mengeluarkan keringat setiap kali kamu beraktivitas, oleh karena itulah ia akan menumpuk dan mengeluarkan bau tidak sedap jika kamu tidak membersihkannya. Bau badan akan tetap keluar meski kamu sudah menutupinya dengan parfum. Jika sudah demikian, kamu akan mudah dijauhi oleh orang-orang di sekitarmu.

2. Kotoran Menempel Lebih Lama


Kotoran Menempel Lebih Lama

Tubuh sangat rentan terkena kuman dan debu setelah beraktivitas seharian. Kalau kamu tidak mandi sore, kotoran dan debu tentu akan menempel lebih lama di tubuhmu. Kotoran ini jika tidak segera dibersihkan dapat mengganggu kesehatan kita.

Oleh karena itu, usahakan untuk selalu mandi sore setelah melakukan aktivitas agar kotoran yang menempel di tubuhmu bisa hilang. Dengan begitu, kesehatan tubuh juga akan lebih terjaga sehingga kamu tak terhalang dalam beraktivitas.

3. Mudah Mimisan


Mudah Mimisan

Melakukan aktivitas dari pagi hingga sore hari akan membuat suhu tubuh meningkat, terlebih bagi mereka yang sering terpapar sinar matahari. Kondisi ini tentu memiliki dampak pada tubuh dan membuat seseorang lebih mudah mimisan.

Biasanya untuk menstabilkan kondisi tersebut kamu hanya perlu mandi saat sore hari. Sebab dengan begitu suhu tubuh akan kembali normal sehingga menurunkan risiko mimisan.

4. Terkena Iritasi Kulit


Terkena Iritasi Kulit

Kulit akan berminyak secara alami. Jika kamu tidak mandi dalam waktu yang lama, kuman akan menempel pada tubuh dan memunculkan rasa gatal-gatal. Oleh karena itulah jika jarang mandi sore kamu akan rentan terkena iritasi kulit.

Di antara gangguan yang kerap muncul adalah eksema atau gangguan yang terjadi akibat kulit kering dan gatal. Gangguan ini biasanya membuat penderitanya mengalami gejala kulit merah, bersisik, kering, penebalan pada kulit hingga munculnya gelembung kecil berisi cairan melepuh pada kulit.

5. Susah Tidur


Susah Tidur

Tidak mandi sore juga bisa menyebabkan seseorang susah tidur loh. Kenapa bisa demikian? Seperti yang dijelaskan sebelumnya, tidak mandi sore akan memicu munculnya gatal-gatal pada tubuh karena keringat, kotoran dan bakteri yang tidak dibersihkan. Akibatnya, kamu akan sulit tidur pada malam hari karena terus merasa gatal.

Jika kebiasaan ini dilakukan dalam waktu yang lama, berbagai penyakit berbahaya akan mengancam. Karena tidur merupakan proses penting bagi tubuh dan berpengaruh besar terhadap fungsi dan kinerja seluruh organ tubuh.

6. Mudah Mengalami Flu


Mudah Mengalami Flu

Kamu pasti bingung apa kaitan antara tidak mandi sore dengan penyakit flu. Tapi faktanya kebiasaan mandi sore dapat membuat pertahanan tubuh jadi minim. Akibatnya, tubuh akan mudah terjangkit berbagai macam virus terutama virus flu. Selain itu, tidak mandi sore juga bisa membuat kondisi flu semakin parah loh.

7. Stres dan Depresi


Stres dan Depresi

Otot dan saraf yang kelelahan setelah melakukan aktivitas seharian dapat membuat tubuh menjadi tegang. Kondisi ini dapat memicu timbulnya stres dan depresi. Karena itu, segeralah bersihkan badan dengan mandi sebab mandi dapat menimbulkan relaksasi pada otot-otot dan saraf tubuh, sehingga kamu akan terhindar dari stres dan depresi.

Selain itu, tidak mandi sore juga bisa membuat kita menjadi kurang bersemangat. Hal ini dikarenakan adanya ion negatif yang masuk ke dalam tubuh karena banyaknya keringat dan debu yang menempel. Ion negatif tersebut bisa menghilangkan semangat kita untuk melakukan aktivitas lainnya. Untuk mengatasi hal ini, segeralah mandi dengan air dingin untuk mengeluarkan ion-ion negatif dalam tubuh agar tubuh terasa lebih segar dan sehat.

Demikian tujuh dampak buruk yang bisa kamu dapatkan jika jarang mandi sore. Simak juga artikel ini untuk mengetahui dampak buruk yang akan kamu dapatkan jika terbiasa tidur dalam kondisi lapar. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui kebiasaan sepele saat menstruasi yang ternyata berdampak buruk bagi kesehatan.

You can share this post!

Related Posts