Sering Jadi Andalan Saat Diet, Ini 7 Manfaat Shirataki Yang Kaya Serat Untuk Kesehatan
pxhere.com
Health

Secara keseluruhan, mie shirataki mengandung cukup banyak air dan serat, tapi sedikit kandungan lemak, protein, dan kalori di dalamnya. Menariknya, mie shirataki juga rendah kandungan karbohidrat.

WowKeren - Akhir-akhir ini kehadiran shirataki sebagai pengganti nasi menjadi perbincangan banyak orang. Bagaimana tidak, shirataki ini disebut-sebut lebih sehat hingga bisa membantu untuk mendukung program diet penurunan berat badan. Bahan utama dari shirataki adalah Amorphophallus konjac yakni tumbuhan umbi-umbian.

Amorphophallus konjac sering disebut dengan tumbuhan konjak, ubi konjak, atau ubi gajah. Shirataki sendiri kerap hadir dalam bentu mie, namun ada juga yang diolah hingga mirip nasi. Sebelum diolah menjadi nasi atau mie, umbi-umbian ini dikeringkan terlebih dahulu kemudian digiling hingga teksturnya seperti tepung.


Secara keseluruhan, mie shirataki mengandung cukup banyak air dan serat, tapi sedikit kandungan lemak, protein, dan kalori di dalamnya. Menariknya, mie shirataki juga rendah kandungan karbohidrat, sehingga aman untuk mencegah kenaikan gula darah.

Hal inilah yang membuat shirataki menjadi salah satu bahan pangan yang sehat. Apa saja manfaat yang diberikan bahan pangan ini untuk kesehatan? Berikut tim WowKeren rangkum 7 manfaatnya. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Kontrol Gula Darah


Kontrol Gula Darah
pixabay.com

Salah satu bahan utama mie shirataki adalah glukomanan yang merupakan serat larut yang dapat menyerap air dan membentuk gel. Glukomanan terbukti bisa menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Kemampuan ini berasal dari serat kental yang bisa menunda pengosongan lambung.

Dalam sebuah riset, penderita diabetes tipe 2 yang mengonsumsi glukomanan selama tiga minggu, terbukti berhasil menurunkan kadar fruktosamin (penanda kadar gula darah). Dari penelitian lainnya, penderita diabetes tipe 2 yang mengonsumsi glukomanan sebelum melahap glukosa, terbukti mampu mengurangi kadar gula darahnya, hanya dalam waktu 2 jam.

2. Tinggi Serat


Tinggi Serat
pxhere.com

Seperti yang disebutkan sebelumnya, secara umum, manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari nasi shirataki adalah karena serat glukomanan yang dikandungnya. Serat umumnya dikenal membantu menurunkan kolesterol, bertindak sebagai pencahar, mengurangi nafsu makan, dan membantu menurunkan berat badan.

Glukomanan adalah serat larut yang dapat membesar berkali-kali lipat dari volume aslinya bila dikombinasikan dengan air. Ini membentuk massa seperti gel di saluran pencernaan, sehingga membantu kalian cepat kenyang setelah makan dan dapat menahan rasa kenyang ini lebih lama. Karena kandungan serat glukomanan ini, shirataki bisa menjadi alat penurun berat badan yang ampuh.

3. Turunkan Kolestrol


Turunkan Kolestrol
pixabay.com

Dari beberapa studi yang sudah dilakukan, serat glukomanan memiliki manfaat untuk menghalangi penyerapan kolesterol buruk pada tubuh. Dampaknya, kandungan kolesterol akan terus menurun seiring dengan berjalannya waktu kalau Anda rutin mengonsumsi mie shirataki. Tak hanya itu, kandungan glukomanan dalam shirataki juga dipercaya mampu menghambat penyerapan kolesterol di usus besar.

Penelitian dalam jurnal penelitian American Journal of Clinical Nutrition pada 1995 menunjukkan 70 pria yang mengonsumsi mi shirataki selama 4 minggu mengalami penurunan kolesterol sebesar 10 persen. Kalau kolesterol turun, peluang terjadi masalah pada pembuluh darah akan rendah.

4. Cocok Untuk Diet


Cocok Untuk Diet
pxhere.com

Bukan rahasia lagi bahwa shirataki diklain sama sekali tidak memiliki kandungan lemak. Itulah mengapa shirataki sangat cocok untuk dijadikan pilihan makanan saat diet. Selain itu, glukomanan juga mengandung serat kental yang sangat tinggi. Hal ini membuat kalian merasa kenyang lebih lama dan akhirnya makan dalam jumlah yang lebih sedikit serta memperlambat gerakan usus besar.

Penelitian yang dilakukan oleh National Institutes of Health Amerika Serikat membuktikan bahwa mengonsumsi glukomanan bisa memberikan efek kenyang lebih lama karena kandungan serat yang dimilikinya. Semantara dikutip dari Healthline, beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi glukomanan selama 4-8 minggu dapat kehilangan berat badan sekitar 1,4 hingga 2,5 kilogram.

5. Kurangi Resiko Kanker Usus


Kurangi Resiko Kanker Usus
pixabay.com

Shirataki membantu tubuh untuk melakukan proses pembersihan usus besar. Hal ini dikarenakan shirataki tidak dicerna sepenuhnya oleh tubuh dan hanya melewati sistem pencernaan, lalu dibuang melalui usus besar. Proses inilah yang menstimulasi otot pada usus untuk melakukan proses pembersihan.

Sehingga sisa-sisa makanan dan kotoran yang sering menempel pada usus besar bisa dibersihkan. Jika kondisi usus besar bersih, maka penyerapan mineral dalam tubuh bisa lebih maksimal. Semakin sehat proses pencernaan dalam tubuh, maka bukan tak mungkin kesehatan tubuh akan semakin terjaga.

6. Jaga Kesehatan Perncernaan


Jaga Kesehatan Perncernaan
pixabay.com

Manfaat mie shirataki kali ini tak perlu diragukan lagi, sebab sudah jelah bahwa kandungan seratnya memang cukup tinggi. Serat glukomanan mengandung polisakarida yang bisa membantu usus bekerja lebih baik.

Glukomanan bisa merangsang pertumbuhan bakteri baik di usus. Dengan begitu, ada lebih banyak aktivitas bakteri baik di usus. Pergerakan usus pun jadi semakin lancar sampai ke pembuangan feses. Bahkan, pemberian serat glucomannan diketahui dapat membantu mengatasi sembelit parah pada anak.

7. Bantu Bentuk Pola Hidup Sehat


Bantu Bentuk Pola Hidup Sehat
pixabay.com

Karena enggak menimbulkan efek samping tertentu, semua orang bisa mengonsumsi mi shirataki sebagai salah satu hidangan pengganti mi konvensional yang penuh kalori. Namun, orang-orang yang ingin memulai pola hidup sehat lebih dianjukan mengkonsumsi bahan pangan ini.

Shirataki cocok untuk kalian yang ingin mengubah gaya hidupnya agar lebih sehat dengan menghindari beberapa makanan kemasan khususnya mi instan yang banyak pengawetnya. Selain itu, ini juga cocok untuk para vegetarian yang ingin mengonsumsi mi tapi takut ada kandungan telur atau bahan hewani lainnya. Pasalnya, bahan utama shirataki adalah umbi-umbian yang sepenuhkan dari bahan nabati.

Intip juga artikel ini untuk mengetahui beberapa makanan yang bisa kalian gunakan sebagai pengganti nasi saat diet. Simak juga artikel ini untuk mengetaui beberapa resep jus sayuran yang ampuh untuk menurunkan berat badan.

You can share this post!

Related Posts