Jangan Asal Pilih, Ini 7 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Beli Drone untuk Fotografi Udara
Unsplash/Knoell Marketing
Tekno

Drone banyak digunakan untuk proses pengambilan gambar maupun perekaman video karena hasilnya yang menakjubkan. Sebelum membeli, perhatikan hal-hal berikut ini.

WowKeren - Sejak pertama kali tersedia secara komersil untuk konsumen, drone atau pesawat udara tanpa awak menjadi semakin populer. Meski sekilas mirip dengan pesawat mainan atau atau helikopter namun drone memiliki kelebihan tersendiri, salah satunya lebih mudah diterbangkan dan memiliki stabilitas yang kuat.

Drone juga biasanya dilengkapi dengan kamera sehingga tak heran jika piranti yang satu ini banyak dimanfaatkan untuk mengambil gambar dari udara untuk hasil yang menakjubkan. Drone juga banyak digunakan untuk proses perekaman video, seperti yang bisa kamu lihat pada film dokumenter tentang kehidupan alam liar yang menakjubkan atau pemandangan kota dari atas.

Dengan drone, gambar dan video menakjubkan kini tak harus diambil dari helikopter atau pesawat. Tak ayal jika keunggulan drone yang satu ini juga mulai diincar oleh orang-orang, termasuk mereka yang berkutat di bidang fotografi. Jika kamu berencana membeli drone untuk kegiatan fotografi udara, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan.

(wk/zodi)

1. Waktu Terbang


Waktu Terbang

Berbeda dengan pesawat yang harus membawa bahan bakar untuk bisa terbang lebih lama, tenaga drone terletak pada baterainya. Pada umumnya, drone mampu terbang di udara selama 20 hingga 30 menit. Semakin lama drone bisa bertahan memang semakin baik.

Namun ini artinya kamu akan memerlukan baterai ekstra. Jika kamu memang memerlukan kegiatan fotografi dengan durasi yang lama, tak ada salahnya membawa baterai ekstra yang sudah terisi. Sehingga ketika daya baterai drone habis kamu masih bisa menggantinya dengan yang baru dan melanjutkan sesi fotografi .

2. Kamera


Kamera

Karena tujuannya adalah untuk fotografi udara, maka sudah barang tentu jika kamu harus memperhatikan kualitas kamera yang terpasang pada drone. Meski sebagian besar drone ada yang sudah dibekali dengan kamera, ada juga yang dijual tanpa kamera sehingga kamu harus menambahkannya sendiri.

Perlu diingat jika bobot tambahan juga akan berpengaruh pada durasi terbang. Jika kamu memilih drone yang sudah dilengkapi kamera, maka lihat lagi spesifikasi kamera, frame rate, shutter speed, hingga stabilisasi gambar.

3. Fitur Cerdas


Fitur Cerdas

Semakin mahal harga drone maka akan semakin banyak fitur yang terpasang, salah satunya fitur cerdas yang bisa membantumu dalam pengambilan gambar. Fitur ini memungkinkan drone untuk melacak keberadaanmu secara otomatis hingga terbang mengikuti titik yang sudah diprogram.

Beberapa fitur pada mode cerdas ini juga bisa memungkinkan drone untuk terbang dan mendarat dengan pelan. Dengan begitu video yang dihasilkan bisa lebih halus dan stabil.

4. Navigasi GPS


Navigasi GPS

Navigasi GPS internal dapat membantu drone menemukan jalannya. Pada beberapa model, bahkan memungkinkan untuk memprogram rute dan membiarkan drone melakukan navigasi sendiri. Fitur ini sangat berguna jika kamu ingin memotret area tertentu untuk beberapa hari.

Drone yang dibekali dengan GPS Home Function mampu merekam dari mana ia terbang dan akan kembali secara otomatis jika terjadi masalah. Dengan begitu kamu tak perlu khawatir drone barumu akan terbang tanpa arah dan hilang.

5. 3-Axis Gimbal


3-Axis Gimbal
YouTube/Ready Set Drone

Gimbal adalah sebuah perangkat yang mampu menahan kamera agar tetap berdiri kokoh serta memungkinkannya untuk berputar dengan gerakan mesin. 3-Axis Gimbal akan membantu kamera drone tetap stabil bahkan saat drone terbang.

Kestabilan ini sangat diperlukan untuk perekaman video. Tanpa gimbal, perekaman video akan terasa kasar. Sehingga sebelum membeli, pastikan drone yang kamu incar sudah dibekali dengan aksesori ini, ya.

6. Ketersediaan Spare-Part


Ketersediaan Spare-Part

Tak hanya saat membeli mobil ataupun motor, membeli drone pun juga tak ada salahnya mempertimbangkan ketersediaan suku cadang. Semakin populer drone maka akan semakin mudah kamu menemukan suku cadangnya bila terjadi kerusakan atau hal-hal yang tidak diinginkan.

Lama-kelamaan drone yang sering digunakan juga bisa mengalami mesin aus sehingga perlu diganti suku cadangnya. Pastikan kamu memilih drone dengan spare part yang gampang ditemukan sehingga bisa mengurangi biaya perawatan. Sebaiknya kamu juga membeli beberapa suku cadang saat membeli drone sehingga bisa digunakan sewaktu-waktu.

7. Beli di Toko Resmi


Beli di Toko Resmi
Twitter

Selain memilih merek drone yang sudah terkenal untuk memastikan ketersediaan suku cadang, kamu juga harus memperhatikan di mana kamu akan membelinya. Pastikan kamu membeli drone di tempat yang tepat. Jika kamu kamu ingin membeli drone dari merek tertentu, maka belilah langsung di toko resminya. Dengan begini kamu tak perlu khawatir lagi dengan keaslian drone yang kamu beli.

Itulah tadi beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli drone. Pastikan kamu sudah membaca buku panduan cara pemakaiannya, ya. Kamu juga harus paham dengan aturan menerbangkan drone demi keselamatan.

Bagi kamu yang tertarik mencoba kegiatan vlogging, yuk intip rekomendasi kamera yang bisa kamu dapatkan mulai harga 900 ribu-an di artikel ini. Selain itu untuk kamu yang masih suka menggunakan kamera analog, bisa melihat tips ini sebelum membeli.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait