7 Tips Aman Berwisata ke Air Terjun Saat Musim Hujan, Wajib Pakai Sandal Antiselip!
Travel

Tidak semua air terjun mengalir setiap saat. Ada beberapa yang kering saat musim kemarau sehingga waktu yang tepat untuk mengunjunginya hanyalah saat musim hujan.

WowKeren - Indonesia memiliki keindahan alam yang seakan tak akan pernah habis untuk dijelajahi. Bentang alam dari Sabang sampai Merauke selalu berhasil memanjakan mata karena keindahannya yang luar biasa. Selain pantai, salah satu spot menarik untuk menyegarkan mata adalah air terjun.

Meski pada umumnya lokasi air terjun ini berada di pegunungan dan memerlukan perjuangan ekstra untuk bisa sampai, namun kelelahan itu akan terbayar dengan keindahannya. Namun sayangnya, tidak semua air terjun dialiri air setiap saat. Maksudnya, ada air terjun yang kering saat musim kemarau sehingga waktu yang tepat mengunjunginya adalah saat musim hujan.

Meski demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika kamu hendak berkunjung ke air terjun saat musim hujan. Sebab selain kamu tidak akan bisa menikmati indahnya air terjun dengan maksimal, bisa jadi pergi ke air terjun saat hujan turun bisa membahayakan. Berikut hal-hal yang perlu kamu perhatikan.

(wk/zodi)

1. Jangan Duduk di Tepi Aliran Sungai


Jangan Duduk di Tepi Aliran Sungai

Wisata alam memang cukup menggoda sehingga tak heran jika indahnya panorama yang alami akan membuatmu ingin berlama-lama di sana. Begitu pula dengan wisata air terjun dengan aliran sungai yang jernih dan segar sehingga ingin membuatmu semakin mendekat.

Kamu harus lebih berhati-hati melakukannya apalagi ketika gerimis sudah mulai turun. Selain licin, daerah tepi aliran sungai rawan terdampak jika terjadi banjir bandang yang mana hal ini justru berbahaya. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu menahan diri untuk tidak dulu duduk di tepi aliran sungai.

2. Gunakan Tas Tahan Air


Gunakan Tas Tahan Air

Hujan bisa datang sewaktu-waktu sehingga kamu perlu melakukan antisipasi dari rumah. Misalnya dengan membawa tas anti air. Tas ini akan melindungi barang bawaanmu jika kamu harus berlari di bawah gerimis atau hujan saat mencari tempat untuk berteduh.

Selain itu, berada di dekat air terjun akan membuatmu mudah terciprat gerimis air. Oleh sebab itu kamu perlu menjaga agar barang yang kamu bawa, terutama barang berharga seperti dompet dan ponsel, tidak ikut basah kuyup dengan memasukkannya di tas tahan air.

3. Pakai Sandal Antiselip


Pakai Sandal Antiselip

Satu lagi yang tak kalah penting adalah memakai sandal gunung yang antiselip. Medan untuk menuju air terjun bisa berupa tanah liat ataupun bebatuan. Oleh sebab itu, kamu perlu meningkatkan keamanan perjalananmu agar tidak terpeleset saat berjalan.

Pastikan sandal yang kamu pakai tak hanya modis, namun juga nyaman dan bisa memperbesar gaya gesek saat dipakai untuk berjalan. Pastikan juga untuk memilih sandal yang ringan karena jika berat justru akan membuatmu kesulitan mencapai lokasi dan hanya akan menyiksa kakimu dengan beban. Bukan tidak mungkin kondisi ini bisa membuat kaki lecet.

4. Pastikan Kondisi Tubuh Fit


Pastikan Kondisi Tubuh Fit

Musim hujan membuat orang mudah terserang flu dan pilek, terutama bagi mereka yang memiliki daya tahan tubuh lemah. Saat hendak pergi rekreasi, pastikan kondisi badan kamu fit dan tidak sakit. Sebelum pergi, kamu bisa melakukan olahraga beberapa hari sebelumnya.

Meski tujuan berwisata adalah untuk bersenang-senang, namun lamanya perjalanan yang ditempuh sering kali membuat tubuh merasa lelah. Oleh sebab itu, perlu badan yang fit agar tidak mudah terserang penyakit saat kelelahan akibat perjalanan.

5. Cek Prakiraan Cuaca


Cek Prakiraan Cuaca

Rajin-rajinlah mengecek prakiraan cuaca, baik itu di kotamu maupun lokasi pedesaan yang akan kamu tuju. Kamu bisa mendapatkan informasi ini melalui televisi ataupun media lainnya melalui ponsel yang kamu bawa. Dengan begitu, kamu bisa mengantisipasi datangnya hujan.

Akan lebih baik jika kamu memilih hari di mana prakiraan cuacanya cerah. Meskipun tidak selamanya akurat, namun setidaknya kamu sudah mengantisipasi hal-hal yang kemungkinan akan terjadi.

6. Segera Tinggalkan Lokasi Jika Hujan Turun


Segera Tinggalkan Lokasi Jika Hujan Turun

Saat hujan mulai turun, sebaiknya segera tinggalkan lokasi air terjun meskipun hanya gerimis. Hujan akan membuat tanah di sekitarnya menjadi lebih licin dan membuatmu rawan terpeleset sehingga kamu pun akan kesulitan saat kembali.

Untuk itu, sebelum tanah mulai becek segera tinggalkan lokasi untuk memudahkan perjalanan pulang. Apalagi jika medannya berupa bebatuan, maka akan butuh kehati-hatian ekstra untuk berjalan. Bisa jadi kamu akan kesulitan lari mencari tempat untuk berteduh jika sudah turun hujan.

7. Segera Kembali Saat Mendung


Segera Kembali Saat Mendung

Jangan sampai karena kamu terlalu keasyikan selfie kamu melupakan kondisi sekitar. Jangan tunggu sampai gerimis, ketika kondisi awan sudah mulai mendung ada baiknya segera meninggalkan lokasi air terjun. Jadi, ketika gerimis atau hujan mulai turun kamu sudah tak perlu lagi berkutat dengan tanah yang becek dan bebatuan licin untuk kembali ke atas.

Bencana bisa datang kapan saja oleh sebab itu sudah menjadi kewajiban bagi manusia untuk tetap waspada dengan melakukan antisipasi semaksimal mungkin. Selain air terjun, bentang alam lain yang juga tak kalah menarik untuk dikunjungi adalah pegunungan.

Beberapa tempat ini bisa kamu masukkan daftar destinasimu jika ingin menikmati indahnya mentari dari negeri di atas awan. Kamu juga bisa mengunjungi tempat wisata taman bunga di Indonesia, seperti yang bisa kamu baca pada artikel ini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru