7 Destinasi Wisata Negeri di Atas Awan dengan Pemandangan Menakjubkan di Indonesia
Travel

Bukan kayangan yang dimaksud, destinasi ini disebut negeri di atas awan karena kamu bisa melihat indahnya pemandangan dari puncak yang disertai kepulan awan.

WowKeren - Wisata alam menjadi salah satu opsi yang pas untuk melakukan rekreasi guna menyegarkan kembali pikiran. Kabar baiknya, alam Indonesia sangat mendukung untuk kegiatan wisata yang satu ini. Hamparan alam dari Sabang sampai Merauke memiliki keindahan alami memukau yang siap memanjakan mata.

Tak ayal ada banyak spot wisata alam yang bisa kamu kunjungi di Indonesia. Salah satu wisata alam yang cukup banyak digemari adalah negeri di atas awan. Bukan kayangan, destinasi ini disebut negeri di atas awan karena kamu bisa melihat indahnya pemandangan dari puncak atau tempat yang sangat tinggi disertai kepulan awan.

Tak perlu khawatir kamu akan kehabisan destinasi, karena ada banyak negeri di atas awan yang bisa kamu kunjungi di Tanah Air. Yuk, cek destinasi mana saja yang bisa kamu kunjungi.

(wk/zodi)

1. Kebun Buah Mangunan (Yogyakarta)


Kebun Buah Mangunan (Yogyakarta)

Destinasi pertama yang bisa kamu tuju adalah Kebun Buah Mangunan. Lokasinya berada di Desa Mangunan, Kecamatan Dingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Karena lokasinya berada di ketinggian, kamu bisa melihat indahnya pemandangan perbukitan hijau yang diselimuti awan luas.

Pemandangan yang paling indah adalah saat pagi hari karena akan muncul kabut yang melayang sehingga tampak bagai negeri di atas awan. Jika kamu ingin menikmati pesona kabutnya, sebaiknya datang saat musim penghujan.

2. Sunrise Point Cukul (Bandung)


Sunrise Point Cukul (Bandung)

Rute berikutnya kamu bisa pergi ke Bandung. Sunrise Point Cukul berada di ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut (mdpl). Kamu bisa menyaksikan indahnya pemandangan matahari terbit yang menyembul dari balik Gunung Wayang yang diselimuti dengan awan dan kabut tebal.

Sunrise Point Cukul berjarak sekitar 3 jam dari pusat Kota Bandung. Sebelumnya, Sunrise Point Cukul berupa bukit dan perkebunan teh biasa. Namun kemudian warga sekitar mengubahnya sedemikian rupa hingga menjadi tempat yang menyuguhkan pemandangan indah berupa hamparan perkebunan teh.

3. Puncak Seruni (Probolinggo)


Puncak Seruni (Probolinggo)

Beralih ke Jawa Timur, ada Puncak Seruni sebagai destinasi wisata negeri di atas awan berikutnya. Tempat ini terkenal dengan empat pilar tinggi yang menyerupai pura. Dari atas bangunan ini kamu bisa menyaksikan indahnya lanskap Gunung Bromo yang berselimut awan.

Tak hanya saat matahari terbit, dari ketinggian 2.400 mdpl kamu juga bisa menikmati indahnya momen matahari terbenam yang akan memanjakan matamu. Jadi, tunggu apa lagi? Segera siapkan barang-barangmu untuk berangkat!

4. Desa Pinggan (Bali)


Desa Pinggan (Bali)

Sudah menjadi rahasia umum jika Bali adalah salah satu provinsi yang menyajikan banyak destinasi wisata memukau. Alam Bali yang memesona berhasil menjadi daya tarik wisatawan baik lokal maupun dunia.

Jika kamu berkunjung ke Bali, kamu akan sangat sayang jika tak menyempatkan diri untuk pergi ke Desa Pinggan. Lokasi ini menyajikan pemandangan matahari terbit yang eksotis dari ketinggian yang diselimuti awan. Desa ini hanya berjarak sekitar dua jam dari Denpasar.

5. Nepal van Java (Jawa Tengah)


Nepal van Java (Jawa Tengah)

Destinasi ini cocok bagi kamu yang ingin melihat pemandangan eksotis yang tak biasa. Nepal van Java sendiri merupakan sebutan Dusun Butuh yang ada di Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Terletak di lereng Gunung Sumbing, rumah penduduk di desa ini tampak bertumpuk sehingga dianggap mirip dengan Negara Nepal. Jika berkunjung ke sini, ada baiknya kamu juga mengintip indahnya tempat wisata lain di sekitarnya yang berupa candi, panorama, hingga air terjun.

6. Puncak Gunung Luhur (Banten)


Puncak Gunung Luhur (Banten)

Puncak Gunung Luhur terletak di Desa Citorek Kidul, Kecamatan Cibeber, Banten. Keindahan panorama di tempat ini sudah tak diragukan lagi. Berada di ketinggian 1.037 mdpl, medan di sekitar lokasi ini berupa perbukitan. Adapun titik tertingginya adalah Gunung Sanggabuana, 1.920 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Akses ke tempat ini juga relatif lebih mudah karena sudah memungkinkan mobil untuk melintas. Untuk bisa mendapatkan pemandangan kepulan awan kamu harus sudah tiba di tempat ini sekitar pukul 05.00 pagi ya.

7. Dataran Tinggi Lolai (Toraja)


Dataran Tinggi Lolai (Toraja)

Terakhir, ada Dataran Tinggi Lolai di Toraja. Pemandangan matahari terbit di sini sangat memukau. Namun, kamu harus berpacu dengan waktu untuk bisa menikmatinya. Pasalnya, kamu harus sampai di kampung ini sebelum pukul 04.00 WITA. Di atas ketinggian 1.300 mdpl, kamu akan dimanjakan dengan matahari yang menyembul dari balik pegunungan.

Ada banyak destinasi yang bisa kamu masukkan ke dalam to go list, bukan? Memang untuk mencapainya perlu sedikit perjuangan tapi yakinlah jika perjuanganmu itu akan terbayarkan dengan indahnya panorama setelah sampai di atas.

Selain negeri di atas awan, kamu juga bisa mengunjungi tempat wisata taman bunga di Indonesia, seperti yang bisa kamu baca pada artikel ini. Simak juga cara mengatasi post holiday syndrome di sini, ya.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru