Tak Hanya Komodo, 7 Pesona Keindahan NTT Ini Bikin Kamu Makin Cinta Indonesia
goodnewsfromindonesia.id
Travel

Tahukah kamu jika di Nusa Tenggara Timur masih ada banyak sederet destinasi wisata yang tak kalah menakjubkan selain komodo? Seperti berikut ini contohnya.

WowKeren - Bentang alam Indonesia yang memukau seakan tak ada habisnya untuk dinikmati. Membentang dari Sabang sampai Merauke, masing-masing wilayah di Indonesia memiliki destinasi wisata menakjubkan yang siap memanjakan mata siapa pun yang memandang.

Di bagian timur wilayah Indonesia misalnya, ada komodo yang telah menjadi magnet bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Reptil purba yang masih hidup hingga kini di Nusa Tenggara Timur telah menjadi ikon dari wisata Indonesia. Pulau Komodo, yang menjadi habitat asli hewan ini bahkan telah diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Namun tahukah kamu jika di Nusa Tenggara Timur masih ada banyak sederet destinasi wisata yang tak kalah menakjubkan selain komodo? Segudang pesona yang ada di NTT siap membuatmu terpukau. Berikut tim WowKeren rangkum keindahan alam di NTT yang akan membuatmu semakin cinta Tanah Air.

(wk/zodi)

1. Pink Beach


Pink Beach
Instagram/amos_pls

Keunikan destinasi wisata yang satu ini juga tak kalah populer dibanding daya tarik komodo. Seperti namanya, pantai ini benar-benar berwarna merah jambu atau pink. Berada di Taman Nasional Komodo, Flores, Pantai Pink menawarkan pemandangan air laut yang jernih dengan hamparan pasir pantai yang berwarna merah muda.

Warna pink pantai ini berasal dari plankton mikroskopis yang memberikan warna merah pada koral. Serpihan koral ini kemudian terbawa oleh gelombang air laut hingga mendarat di tepi pantai. Kristal pasir yang berwarna putih kemudian bercampur dengan serpihan koral dan menghasilkan warna pink di sepanjang garis pantai.

2. Laguna Weekuri


Laguna Weekuri
Instagram/paramatours

Usai melihat hewan purba komodo, lanjutkan destinasimu ke Laguna Weekuri. Terletak di Desa Kalenarogo, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Danau Weekuri memiliki air yang sangat jernih dengan warna hijau kebiruan. Air danau ini berasal dari laut lepas yang masuk ke celah-celah bebatuan yang ada di gugusan karang.

Terbayang bukan betapa eksotisnya pemandangan laguna ini? Terlebih lagi, danau ini terletak cukup jauh dari Tambolaka, Ibu Kota Sumba Barat Daya, sehingga bebas dari hiruk pikuk kota. Kamu pun bisa menikmati pemandangan asri maksimal, apalagi danau ini dikelilingi pepohonan rimbun.

3. Kampung Adat Ratenggaro


Kampung Adat Ratenggaro
Instagram/ajez.zaputra.176

Bukan hanya alamnya saja yang bisa membuatmu tercengang, budaya masyarakat sekitar juga tak kalah memiliki daya tarik. Kampung Adat Ratenggaro adalah sebuah kampung adat yang terletak di Desa Umbu Ngedo, Kecamatan Kodi Bangedo, Kabupaten Sumba Barat Daya.

Selain naik kuda dan menikmati keindahan pantai, kamu bisa merasakan sensasi langsung mengenakan baju adat Sumba. Pemandangan menyolok di kampung adat ini adalah tumpukan batu megalitikum yang ada di atas rerumputan. Bebatuan tersebut digunakan oleh penduduk setempat untuk mengubur anggota keluarga yang meninggal.

4. Bendungan Waikelo Sawah


Bendungan Waikelo Sawah
Instagram/aagungun

Meski tanah di daerah Sumba cenderung tandus, namun ada beberapa sumber mata air, salah satunya adalah Waikelo Sawah. Sumber mata air ini tak pernah kering meskipun musim kemarau sekalipun. Lokasinya berada di kaki bukit dan dikelilingi oleh pepohonan rimbun dan sawah-sawah penduduk setempat.

Bendungan Waikelo Sawah terletak sekitar 9 km dari Waikabubak. Di sini kamu akan melihat gua yang mengeluarkan air dan dijadikan bendungan untuk mengairi sawah. Di bawah bendungan, terdapat air terjun kecil dengan air yang jernih. Sungguh pemandangan eksotis yang menyejukkan mata, bukan?

5. Pulau Meko


Pulau Meko
Instagram/ayodolan

Pulau Meko adalah lokasi yang sempurna bagi kamu yang ingin merasakan sensasi menyendiri di pulau tengah laut. Terletak di Kecamatan Witihama Pulau Adonara, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), Meko merupakan sebuah pulau kecil berukuran satu kilometer dan tak berpenghuni.

Di sekitar pulau ini kamu bisa menikmati indahnya panorama alam bawah laut seperti terumbu karang hingga hiu hitam dan putih. Untuk mendukung pariwisata di lokasi ini, pemerintah setempat telah membangun akses transportasi berupa tambatan perahu hingga rumah informasi.

6. Bukit Lendongara


Bukit Lendongara
Instagram/yukianggia

Masih belum cukup? Lanjutkan perjalanan petualanganmu ke Bukit Lendongara yang terletak di Sumba Barat Daya. Di sini, kamu bisa melihat panorama berupa perbukitan dengan latar belakang laut. Area perbukitan hijau ditambah dengan udara segara alami akan membuatmu seperti berada di atas awan.

Berjarak 20 kilometer dari Ibu Kota Tambolaka, bukit ini cocok digunakan untuk lokasi foto. Dikenal dengan sebutan bukit LDR, wilayah perbukitan ini sangat eksotis dinikmati saat mendekati waktu senja. Dari Tambolaka, kamu bisa mengakses surga dunia ini dengan berkendara selama 15 menit menggunakan mobil atau motor.

7. Danau Kelimutu


Danau Kelimutu
Instagram/saragih_erick

Danau Kelimutu dikenal juga sebagai Danau Tiga Warna. Sesuai namanya, danau yang terletak di Gunung Kelimutu ini berwarna merah, biru, dan putih. Warna-warna tersebut bisa berubah-ubah seiring perjalanan waktu. Selain indah dilihat, kepercayaan penduduk yang masih kental juga melekat dalam pesona Danau Kelimutu. Mereka percaya bahwa masing-masing warna danau memiliki makna tersendiri.

Apakah kamu sudah mengunjungi salah satu atau beberapa dari daftar destinasi wisata di atas? Jika belum, tak ada salahnya kamu memasukkan destinasi tersebut ke dalam to go list jika berkunjung ke NTT. Namun ingat, ke mana pun kamu peri tetap perhatikan protokol kesehatan untuk memutus rantai penyebaran COVID-19, ya.

Jika kamu suka dengan destinasi wisata alam, jangan ketinggalan untuk menikmati negeri di atas awan dengan pemandangan menakjubkan. Daftar destinasinya bisa kamu lihat di sini. Intip juga artikel ini untuk rekomendasi destinasi staycation indah dengan udara segar.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait