Baik untuk Tenangkan Pikiran, Lanskap 8 Air Terjun di Indonesia Ini Bikin Kamu Betah Berlama-lama
pixabay.com/Ilustrasi
Travel

Di Indonesia, bukan hal yang sulit untuk menemui tempat-tempat yang menawarkan lanskap alam menakjubkan salah satunya air terjun dengan pemandangan indah.

WowKeren - Menikmati keindahan alam bisa menjadi salah satu cara untuk melepas penat. Lanskap alam yang hijau dan menyejukkan akan membuat pikiran kembali segar. Di Indonesia, bukan hal yang sulit untuk menemui tempat-tempat yang menawarkan lanskap alam menakjubkan.

Salah satunya adalah air terjun. Indonesia merupakan negara beriklim tropis yang memiliki banyak hutan. Di dalam hutan ini biasanya tersembunyi air terjun dengan semburan air yang sangat indah. Tidak sulit untuk menemukan keindahan air terjun di Indonesia.

Pasalnya, keberadaan lanskap alam yang satu ini hampir bisa ditemui di berbagai penjuru Tanah Air. Tak hanya di Pulau Jawa, namun juga Sumatera hingga Sulawesi. Berikut beberapa air terjun di Indonesia yang memiliki pemandangan menyejukkan.

(wk/zodi)

1. Air Terjun Banyumala, Bali


Air Terjun Banyumala, Bali
Instagram/singarajanow

Tak hanya pantai yang eksotis, kalau kamu ke Bali sempatkan juga untuk mengunjungi Air Terjun Banyumala yang terletak di Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng. Air terjun ini mulai dibuka pada pertengahan 2015 lalu dan berada di dasar sebuah lembah dengan tiga sisi air terjun.

Airnya mengalir deras yang kemudian membentuk sebuah kolam alami yang sangat jernih. Bahkan kejernihan air memungkinkanmu untuk melihat bebatuan yang ada di bawah kolam. Tak heran jika kamu akan betah berlama-lama di sini untuk menyejukkan kembali pikiran. Kamu juga bisa merasakan sensasi alam langsung dengan berenang di kolamnya.

2. Air Terjun Sri Gethuk, Yogyakarta


Air Terjun Sri Gethuk, Yogyakarta
Instagram/fajar_syidiq_husaeni_arro

Selain menyajikan wisata budaya, DIY juga menawarkan berbagai pesona lanskap yang eksotis, termasuk Air Terjun Sri Gethuk yang terletak di Kabupaten Gunungkidul. Destinasi ini cocok bagi kamu yang berjiwa petualang sebab untuk menikmatinya, kamu harus menyelusuri sungai dengan rakit terlebih dahulu.

Sepanjang perjalanan kamu akan dimanjakan dengan pemandangan tebing kapur dan pepohonan rindang. Terletak di tepi Sungai Oyo, air terjun ini memiliki tiga sumber mata air, yang mana ketiganya berkumpul dan mengalir melalui tebing hingga membentuk air terjun Sri Gethuk. Air terjun ini dipercaya sebagai pusat berkumpulnya para jin.

3. Air Terjun Dua Warna, Sumatera Utara


Air Terjun Dua Warna, Sumatera Utara
Instagram/millennialstravelguide

Beralih ke Pulau Sumatera, ada Air Terjun Dua Warna di Kabupaten Deli Serdang. Seperti namanya, keunikan air terjun ini terletak pada dua warna yang dimilikinya yakni biru muda dan putih babu-abu. Air terjun yang berwarna biru memiliki suhu yang lebih dingin sedangkan yang putih abu-abu suhunya lebih hangat.

Memiliki ketinggian 75 meter, air terjun ini memiliki pemandangan yang memukau. Air terjun ini terbentuk akibat letusan Gunung Sibayak. Warna biru pada air terjun disebut-sebut disebabkan karena kandungan belerang.

4. Curug Malela, Jawa Barat


Curug Malela, Jawa Barat
Instagram/gietouch

Curug Malela yang terletak di Kabupaten Bandung Barat ini sangat terkenal dengan keindahannya, bahkan dijuluki sebagai Niagara-nya Indonesia. Terletak di Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, air terjun ini memiliki ketinggian 60-70 meter dengan sumber air berasal dari hulu sungai di Gunung Kendeng.

Di sini terdapat spot foto yang menarik, termasuk di atas jembatan yang ada di sekitar air terjun. Debit air di sini juga dipengaruhi oleh musim. Saat musim hujan air terjun akan mengalir deras dan sebaliknya.

5. Grojogan Sewu, Jawa Tengah


Grojogan Sewu, Jawa Tengah
Instagram/grojogansewutawangmangu

Grojogan Sewu terletak di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah tepatnya di lereng Gunung Lawu. Air terjun yang merupakan bagian dari Hutan Wisata Grojogan Sewu ini memiliki mitos yang cukup populer. Konon, jika sepasang kekasih yang belum menikah berani melintasi jembatan di depan air terjun, maka hubungannya tidak akan sampai ke jenjang pernikahan.

Kata "grojogan sewu" berasal dari Bahasa Jawa, grojogan berarti air terjun dan sewu berarti seribu. Kendati demikian, jumlah air terjun di sini tidak sampai seribu. Beberapa air terjun akan mengering jika musim kemarau.

6. Air Terjun Benang Kelambu, Nusa Tenggara Barat


Air Terjun Benang Kelambu, Nusa Tenggara Barat
Instagram/_miapuspita_

Air terjun yang terletak di kaki Gunung Agung ini terletak sekitar 32 km dari Kota Mataram. Setelah melewati pintu masuk menuju ke air terjun ini kamu akan disuguhi pemandangan berupa pepohonan rindang yang menyejukkan.

Di sini kamu akan melihat indahnya air terjun yang keluar dari celah-celah tebing yang diselimuti tumbuhan hijau. Penamaan air terjun ini mengacu pada bentuknya yang dianggap mirip kelambu.

7. Air Terjun Moramo, Sulawesi Tenggara


 Air Terjun Moramo, Sulawesi Tenggara
Instagram/tommyindaryanto

Air Terjun Moramo merupakan jenis air terjun bertingkat yang memiliki ketinggian sekitar 100 meter. Terletak di kawasan Hutan Suaka Alam Tanjung Peropa, air yang mengalir di air terjun ini melewati tujuh tingkatan utama. Untuk merasakan langsung sensasinya, di sini kamu juga bisa berenang.

Di sana terdapat kolam yang dimanfaatkan untuk aktivitas itu, yaitu kolam yang terletak di tingkat kedua dari 7 tingkatan utama. Air terjun ini dipercaya masyarakat setempat sebagai tempat mandinya para bidadari yang turun dari kayangan.

8. Air Terjun Madakaripura, Jawa Timur


Air Terjun Madakaripura, Jawa Timur
Instagram/bromoamazingtravel

Terakhir, ada Air Terjun Madakaripura yang terdapat di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Memiliki ketinggian sekitar 200 meter, air terjun ini disebut-sebut sebagai yang tertinggi di Jawa Timur. Yang membuatnya menarik adalah, air terjun ini terletak di ujung lembah sempit dan berbentuk ceruk. Di sekelilingnya terdapat tebing-tebing curam yang meneteskan air.

Sedangkan penamaannya berasal dari kata "madakaripura" yakni tanah perdikan milik Mahapatih Gajah Mada dari Majapahit. Karena debit air yang dialirkan oleh air terjun ini tak pernah berkurang, tak heran jika Air Terjun Madakaripura disebut sebagai Air Terjun Abadi.

Jika kamu ingin pergi ke wisata air terjun saat musim hujan, pastikan kamu memperhatikan faktor keselamatan, seperti dijelaskan di artikel ini. Selain air terjun, Indonesia masih punya lanskap alam yang bisa membuatmu tenang, seperti destinasi wisata negeri di atas awan.

You can share this post!

Related Posts