Bukan Waralaba Biasa, Penulis Khawatirkan Masa Depan 'James Bond' Usai MGM Berada di Tangan Amazon
Film

Bagi John Logan, menggarap film Bond tak hanya sebatas bekerja sebagai bawahan namun menjadi bagian dari keluarga besar. Bukan berarti ia memiliki penilaian buruk pada Amazon.

WowKeren - Penulis skenario waralaba "James Bond" John Logan mengungkap kekhawatirannya mengenai masa depan film tersebut setelah akuisisi MGM oleh Amazon. Nominasi Oscar tersebut memulai kariernya dalam serial aksi yang sudah berjalan lama sebagai penulis untuk "Skyfall" dan "Spectre" yang digawangi Daniel Craig.

Dalam esai opini tamu untuk The New York Times, Logan membahas kekhawatirannya tentang masa depan waralaba "James Bond" dengan MGM yang sekarang berada di tangan Amazon. Logan berpendapat bahwa Amazon adalah perusahaan teknologi yang berfokus untuk "menarik dan mempertahankan pelanggan" dibanding ekspresi artistik.

Selain itu, ia juga khawatir bahwa perusahaan tersebut mungkin mencoba untuk menggunakan kontrol kreatif atas waralaba meskipun produser Barbara Broccoli dan Michael Wilson masih memiliki setengah hak atas Bond. Logan menegaskan bahwa "James Bond" bukan waralaba biasa. Berbeda dari film-film Marvel maupun DC, pengerjaan waralaba ini digarap dengan sangat hati-hati.


"Ketika saya mendengar berita ini, saya merasa merinding. Setelah bekerja sebagai penulis di 'Skyfall' dan 'Spectre', saya tahu bahwa Bond bukan sekadar franchise, bukan Marvel atau DC," tuturnya. "Ini adalah bisnis keluarga yang telah digarap dengan hati-hati yang diasuh dan dibimbing seiring dengan perubahan zaman oleh keluarga Broccoli/Wilson.

Baginya, menggarap film Bond tak hanya sebatas bekerja sebagai bawahan namun telah menjadi bagian dari sebuah keluarga besar. Bukan berarti ia memiliki penilaian buruk pada Amazon.

"Bukan berarti (Amazon) perusahaan yang beritikad buruk. Ini adalah perusahaan teknologi global dengan kapitalisasi pasar lebih dari 1,6 triliun dolar yang memproduksi dalam skala massal dan terobsesi dengan 'pengalaman pelanggan'," ujarnya. "Sehingga mereka tak harus memakai juara atau penjaga kreativitas artistik atau hiburan orisinal."

Setelah pengumuman kesepakatan Amazon-MGM, salah satu kekhawatiran utama adalah masa depan teater dari waralaba Bond, terutama karena banyak studio terus menggunakan platform streaming mereka untuk merilis judul. Untungnya, Broccoli dan Wilson mengonfirmasi film-film Bond selanjutnya masih akan mendapatkan rilis teater.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait