Tokyo Cetak Rekor Kasus Harian COVID-19, Wilayah Ini Minta Ditempatkan Dalam Keadaan Darurat
AFP/JIJI
Dunia
Pandemi Virus Corona

Kasus COVID-19 di sejumlah negara masih tinggi, bahkan juga mencetak rekor baru. Di hari keempat Olimpiade Tokyo 2020, wilayahnya melaporkan kasus harian tertinggi COVID-19.

WowKeren - COVID-19 masih melanda negara-negara di dunia. Bahkan belakangan ini, sejumlah negara juga mengalami lonjakan COVID-19. Masing-masing pemerintah tengah berupaya keras dalam mengatasi pandemi ini.

Seperti yang diketahui, saat ini di Jepang tengah ada perhelatan olahraga akbar dunia yakni Olimpiade Tokyo 2020. Belum genap satu minggu digelar, Tokyo mencetak rekor kasus harian COVID-19 tertinggi.

Mengenai hal tersebut, tiga wilayah yang bertetangga dengan Tokyo yakni Chiba, Saitama, dan Kanagawa, berencana meminta pemerintah pusat untuk menempatkan daerahnya dalam keadaan darurat. Hal ini bertujuan sebagai upaya untuk membendung peningkatan tajam dalam kasus COVID-19.

Terkait dengan permintaan itu, Gubernur Chiba Toshihito Kumagai mengatakan hal tersebut akan disampaikan ke pemerintah paling cepat pada 28 Juli 2021. "Mengingat situasi infeksi terbaru di prefektur saya, saya memutuskan untuk melanjutkan permintaan tersebut," tutur Kumagai, Selasa (27/7).


Lebih lanjut, ketiga wilayah prefektur tersebut saat ini diketahui tengah menerapkan pra-darurat. Meski demikian infeksi baru COVID-19 masih terus terjadi dan menyebar di wilayah tersebut.

Sementara itu, Jepang mengkonfirmasi kasus harian COVID-19 tertinggi pada Selasa (27/7), mencapai 7.629 kasus. Angka ini merupakan kasus harian COVID-19 tertinggi keempat selama pandemi berlangsung.

Sebelum menggelar Olimpiade Tokyo 2020, yang dibuka pada 23 Juli lalu, wilayah tersebut telah berada dalam keadaan darurat. Kemudian pada hari keempat Olimpiade pada Selasa (27/7), Tokyo melaporkan kasus baru sebanyak 2.848 kasus.

Angka tersebut mengalahkan kasus harian COVID-19 tertinggi ketiga yakni sebesar 2.520 kasus. Hal ini ditetapkan pada 7 Januari selama gelombang ketiga infeksi yang menyerang Tokyo.

Lebih lanjut, Prefektur Chiba mencatat rekor dengan 509 kasus baru pada 26 Juli, kemudian kembali melaporkan pada hari berikutnya tambahan kasus sebesar 405 kasus. Sedangkan Saitama, melaporkan rekor kasus baru pada Selasa (27/7), sebesar 593 kasus, Lalu untuk Prefektur Kanagawa melaporkan 758 kasus baru di hari yang sama.

(wk/tiar)

You can share this post!

Related Posts