Shakira Terancam Dipenjara Terkait Dugaan Penggelapan Pajak
Selebriti

Hakim Marco Juberias merekomendasikan pada hari Kamis (29/7) bahwa kasus itu dibawa ke pengadilan setelah penyelidikan yang dilakukan selama tiga tahun.

WowKeren - Penyanyi asal Colombia Shakira dikabarkan berpotensi menghadapi persidangan atas tuduhan penggelapan pajak. Kabar ini mencuat setelah seorang hakim Spanyol memutuskan bahwa ada "bukti yang cukup" bahwa pelantun "Waka Waka" itu menghindari pembayaran atas penghasilan yang didapatnya.

Hakim Marco Juberias merekomendasikan pada hari Kamis (29/7) bahwa kasus itu dibawa ke pengadilan setelah penyelidikan yang dilakukan selama tiga tahun. Penyelidikan itu memunculkan klaim bahwa penyanyi itu gagal membayar pajak hingga 17,2 juta dolar atas penghasilan yang dia peroleh selama 2012 dan 2014.

"Dokumen yang dilampirkan ke gugatan adalah bukti yang cukup dari kesalahan untuk melanjutkan proses," tulis hakim. Jaksa menuduh bahwa penyanyi itu tinggal di wilayah Spanyol Catalonia pada saat itu meskipun memiliki kediaman resmi di Panama.

Sedangkan ketentuan di negara itu mengatakan bahwa setiap orang yang tinggal lebih dari setengah tahun di Spanyol maka wajib membayar pajak. Tentu saja tuduhan ini ditampik oleh pihak Shakira.


Perwakilan penyanyi itu mengklaim bahwa dia tidak tinggal di Spanyol hingga 2015 dan telah memenuhi semua kewajiban pajaknya. Kendati demikian, pihak Shakira memakluminya sebagai bagian dari proses hukum yang berjalan dan berjanji akan bersikap kooperatif selama proses tersebut dilakukan.

Jika nantinya memang terbukti bersalah, maka pelantun "Hips Don't Lie" tersebut berpotensi menghadapi kemungkinan denda dan bahkan hukuman penjara. Seorang hakim, bagaimanapun, dapat membebaskan waktu penjara untuk pelanggar pertama kali jika mereka dijatuhi hukuman kurang dari dua tahun di balik jeruji besi.

Shakira pertama kali didakwa dengan penggelapan pajak oleh otoritas Spanyol pada tahun 2018. Namun saat itu, pelantun "Whenever, Wherever" itu menyatakan bahwa dia tidak bersalah dan membayar hutangnya ketika dia diberitahu tentang saldo terutang.

Penyanyi kelahiran Kolombia ini menghabiskan sebagian besar waktunya di Spanyol bersama pasangannya Gerard Pique, seorang pemain sepak bola profesional Spanyol di F.C. Barcelona, dan dua anak mereka.

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts