Melihat Kembali Pernyataan Menko Luhut, Jadi Sinyal PPKM Level 4 Akan Diperpanjang?
Instagram/luhut.pandjaitan
Nasional

PPKM Level 2-4, baik di Jawa, Bali, maupun di luar kedua wilayah tersebut akan berakhir pada Senin (23/8) hari ini. Lantas mungkinkah PPKM akan kembali diperpanjang?

WowKeren - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2-4 semestinya berakhir Senin (23/8) hari ini. Baik yang di Jawa, Bali, dan luar kedua wilayah tersebut, akan dihadapkan pada pertanyaan, akankah PPKM kembali diperpanjang?

Hingga kini belum ada kepastian dari pemerintah soal perpanjangan PPKM. Namun belakangan pernyataan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Marives) Luhut Binsar Pandjaitan saat mengumumkan perpanjangan PPKM Level 2-4 Jawa dan Bali Senin (16/8) pekan lalu kembali disorot.

Dalam pernyataannya, Luhut menerangkan alasan mengapa PPKM terus-menerus diperpanjang dalam jangka waktu 1-2 pekan. Luhut pun menegaskan bahwa keputusan perpanjangan PPKM sangat didasarkan pada kondisi di lapangan, mulai dari mobilitas warga hingga pengendalian wabah COVID-19.

"Saya banyak memperoleh pertanyaan apakah PPKM ini akan dilanjutkan atau dihentikan?" tutur Luhut, dikutip pada Senin (23/8). "Saya ingin menjelaskan bahwa selama COVID-19 ini masih menjadi pandemi, PPKM ini akan tetap digunakan sebagai instrumen untuk mengendalikan mobilitas dan aktivitas masyarakat."


Apabila situasi pengendalian COVID-19 di lapangan semakin membaik, maka level PPKM di daerah tersebut akan diturunkan. Dan semakin rendah levelnya, maka akan semakin mendekati situasi kehidupan new normal yang tentu saja masih menuntut kedisiplinan protokol kesehatan.

"Oleh karena itu, evaluasi akan dilakukan setiap minggu sehingga perubahan situasi dapat direspons secara cepat," sambung Luhut yang juga menjabat sebagai Koordinator PPKM Level 2-4 Jawa-Bali tersebut. Hal ini yang menjadi alasan pemerintah memilih mengumumkan perpanjangan PPKM per awal pekan, seperti seharusnya dijadwalkan Senin (23/8) hari ini.

Di sisi lain, beredar pula kabar bahwa PPKM Level 2-4 akan diperpanjang sampai 6 September 2021. Dikabarkan sejumlah daerah di luar Jawa dan Bali yang akan memperpanjang PPKM Level 2-4 ini, meski disebutkan pula oleh Wali Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Danny Pomanto, bahwa perpanjangan diikuti dengan relaksasi.

Selain Makassar, beberapa daerah yang disebutkan akan memperpanjang PPKM Level 2-4 adalah Sumatera Selatan dan Kalimantan Selatan. Kendati demikian, keputusan akhir akan tetap diumumkan pemerintah pusat yang sampai sekarang belum diungkap.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait