Birthday Spotlight: Happy Jinyoung Day
Selebriti
Birthday Spotlight

Jinyoung dikenal sebagai idol-aktor dengan kemampuan akting yang tidak pernah mengecewakan pemirsa. Simak perjalanan karier Jinyoung dari pra debut hingga proyek masa depannya.

WowKeren - Jinyoung GOT7 telah menginjak usia ke-27 (internasional) pada 22 September lalu. Seperti biasanya, tim redaksi WowKeren akan mengulas perjalanan karier idol ganteng yang kini aktif sebagai aktor ini melalui rubrik Birthday Spotlight.

Sebelum debut bersama GOT7, Jinyoung lebih dulu dikenal oleh publik. Idol kelahiran 1994 itu turut membintangi drama "Dream High 2" dan berpromosi sebagai JJ Project bersama JB atau Lim Jaebum.


Jinyoung kini lebih dikenal sebagai aktor dengan kemampuan akting yang tidak pernah mengecewakan pemirsa. Penampilannya dalam drama "The Devil Judge" sukses memukau banyak orang.

Nggak perlu berlama-lama, simak perjalanan karier Jinyoung dari pra debut hingga proyek masa depannya berikut ini.

(wk/chus)

1. Pra Debut


Pra Debut

Jinyoung lahir dengan nama Park Jinyoung adalah penduduk asli Pulau Udo, Jinhae-gu, Changwon. Ia memiliki ambisi masa kecil untuk menjadi seorang entertainer dan muncul di TV, tepatnya sejak kelas 5 SD. Namun keinginannya ditentang sang ibu.

Kendati demikian, sang ibu tetap mengirim Jinyoung untuk mengikuti audisi di SM Entertainment. Saat itu ia kelas 6 SD. Jika gagal, ia akan menyerah. Namun ia berhasil mencapai babak penyisihan ketiga dan terakhir, dan memenangkan penghargaan popularitas.

Jinyoung mulai mengambil kelas tari di Sekolah Tari Busan di Seomyeon, meskipun ia tidak menganggapnya serius selama tiga bulan pertama sampai ayahnya mencelanya. Setelah tiga bulan latihan intensif, kemampuan tari Jinyoung meningkat pesat.

Pada 2009, Jinyoung berhasil mengikuti audisi JYP Entertainment, memenangkan tempat pertama di audisi terbuka dengan JB, mengalahkan lebih dari 10 ribu pelamar. Saat itu Jinyoung hanya suka menari. Sambil memikirkan masa depannya dengan serius, Jinyoung menyadari bahwa ia menyukai musik sepenuhnya.

2. Debut


Debut

Setelah enam bulan mengikuti kelas akting, Jinyoung membintangi drama "Dream High 2" pada 2012. Ia juga berpartisipasi dalam lagu OST drama tersebut, menyumbangkan suaranya di lagu "We Are The B" bersama dengan Jinwoon, Kang Sora dan Kim Jisoo.

Pada Mei 2012, Jinyoung dan JB memulai debutnya sebagai duo JJ Project dengan album single "Bounce". Bahkan sebelum debut bersama GOT7, ia sudah aktif sebagai aktor dengan membintangi drama "When a Man Falls in Love".

Kemudian pada 16 Januari 2014, Jinyoung memulai debutnya sebagai vokalis di grup baru JYP Entertainment, GOT7. Mini album pertama mereka dirilis segera setelah pada tanggal 20 Januari. Jinyoung membuat koreografi untuk salah satu lagu, "Follow Me."

3. Puncak Karier


Puncak Karier

Jinyoung mencapai puncak karirnya bersama GOT7 ketika grup meraih kemenangan pertama mereka di program musik "The Show" pada 6 Oktober 2015. Mereka berhasil menang dengan lagu "If You Do" dari mini album keempat "Mad."

"If You Do" meraup skor 8.981 dan membuat GOT7 memenangkan trofi pertama mereka di program musik sejak debut pada 2014. Yugyeom dan kawan-kawan berhasil mengalahkan grup-grup K-Pop lain seperti CN Blue, Seventeen (II), Lovelyz dan DIA (II).

Puncak karier Jinyoung sebagai aktor terjadi setelah ia membintangi "Legend of the Blue Sea" pada September 2016. Jinyoung dipercaya memerankan karakter Lee Min Ho versi remaja dan berhasil memukau pemirsa dengan akting serta visualnya yang luar biasa. Sejak itu, ia semakin banjir tawaran berakting.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo

Jinyoung mendapatkan peran utama pertamanya dalam drama "He Is Psychometric" pada Desember 2018. Ia beradu akting bersama Kim Kwon, Dasom Sistar dan Shin Ye Eun.

Kemudian pada 2020, Jinyoung membintangi drama "When My Love Blooms" bersama Yoo Ji Tae, Lee Bo Young dan Jeon So Nee. Ia juga terjun ke layar lebar dengan membintangi film "The Angel Without, The Devil Within" sebagai anggota termuda dari tim mata-mata.

Karier Jinyoung sebagai aktor semakin gemilang dengan menjadi pemeran utama sekaligus lawan main Ji Sung dalam drama "The Devil Judge". Aktingnya sebagai hakim muda bernama Kim Ga On sukses menguras emosi pemirsa.

Pada 28 Januari 2021, diumumkan bahwa Jinyoung menandatangani kontrak eksklusif dengan BH Entertainment, agensi yang didirikan oleh Lee Byung Hun, setelah kepergiannya dari JYP Entertainment. Jinyoung akan terus melanjutkan kariernya sebagai penyanyi sambil berakting.

5. Kontroversi


Kontroversi

Jinyoung belum pernah terkena skandal yang parah selama kariernya. Ia hanya beberapa kali digosipkan dengan artis wanita yang pernah bekerja dengannya, seperti Jisoo BLACKPINK (Black Pink) dan Jeon So Nee. Namun itu semua hanya gosip belaka.

Kontrovesi justru muncul dari karakter yang diperankan Jinyoung dalam drama "The Devil Judge." Kim Ga On membuat pemirsa emosi karena sikapnya yang dianggap labil dalam mengambil keputusan, sehingga merugikan yang lain.

Kebencian sejumlah pemirsa pada Kim Ga On rupanya berdampak pada Jinyoung, karena ia ikut terkena sumpah serapah netizen. Namun itu semua hanya membuktikan bahwa Jinyoung memerankan karakternya dengan sukses.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

Aktivitas Jinyoung dengan GOT7 masih terhenti karena para member berada di agensi berbeda. Namun mereka berjanji kelak akan comeback sebagai grup. Jinyoung sendiri disibukkan oleh kegiatannya sebagai aktor.

Pada 22 Juli 2021, Jinyoung dikonfirmasi membintangi drama "Yumi's Cells" sebagai anak laki-laki populer bersama Kim Go Eun. Drama adaptasi webtoon ini sudah tayang pekan lalu, tapi karakter Jinyoung belum muncul.

Jinyoung juga ditawari membintangi film "High Five". Film ini juga dibintangi Yoo Ah In, Ahn Jae Hong, Oh Jung Se, Ra Mi Ran, Kim Hee Won, Lee Jae In dan banyak lagi. Sukses terus untuk Jinyoung!

You can share this post!

Related Posts