Perlahan Kurangi Porsi Makan
pexels/Yente Van Eynde
Health

Meski tidak menerapkan pola makan eat clean yang terlalu ketat, Hanifah Arfan tetap sukses menurunkan berat badan sampai 32 kg. Intip rahasianya memilih menu makanan sehari-hari berikut ini!

WowKeren - Banyak orang menghindari makanan mengandung lemak saat menjalani diet. Terutama, jika menerapkan pola makan eat clean. Makanan yang dimakan terbatas sayuran mentah, rebus dan tidak menggunakan minyak. Padahal, Hanifah mengungkapkan jika tubuh membutuhkan lemak untuk membantu menurunkan lemak perut dan kolesterol.

"Kalau kita mau makan, dalam satu piring itu butuh satu genggam karbohidrat, satu telapak tangan protein, satu genggam sayur, dan lemaknya satu (ruas) ibu jari kalau perempuan, kalau laki-laki dua (ruas) ibu jari. Artinya 1-2 sendok teh. Entah itu lemaknya mau pakai minyak, santan, atau lemak yang dihasilkan dari protein hewani," ujar Hanifah.

Karena itulah, jika memang merasa kesulitan untuk menerapkan eat clean, jangan terburu-buru mengurungkan niat berdiet. Kalian masih bisa menerapkan diet dengan menu makanan sehari-hari. Namun, tetap kontrol porsinya.

"Kalau nasinya banyak, kita (kurangi jadi) separuh. (Misalnya) lauk (ada) tiga macam (seperti) ayam, telur, dan tempe. Pilih salah satu," lanjut Hanifah. "Mau enggak mau, kalau aktivitasnya sangat tinggi, satu-satunya jalan kalau ingin turun berat badan, tetap makan seperti biasa tapi porsinya dikurangi."

(wk/yoan)

You can share this post!