<i>Eat Clean</i> Bukan Batasan Memilih Makanan
pexels/ROMAN ODINTSOV
Health

Meski tidak menerapkan pola makan eat clean yang terlalu ketat, Hanifah Arfan tetap sukses menurunkan berat badan sampai 32 kg. Intip rahasianya memilih menu makanan sehari-hari berikut ini!

WowKeren - Pada dasarnya, eat clean tidak membatasi pemilihan makanan. Makanan masih dikatakan clean food jika setelah dimasak nilai kalorinya tidak naik secara signifikan. Biasanya, penambahan kalori ini didapat dari penggunaan kecap, saus, hingga minyak berlebihan.

"Makanan itu masih tetap dikatakan clean food kalau setelah dimasak nilai kalorinya tidak melonjak jauh lebih tinggi dari sebelumnya," jelas Hanifah. "Jadi, clean food itu ditentukan dari berapa banyak jumlah lemak, garam, dan bumbu dalam makanan itu. (Selain itu) cara memasaknya (apakah) membuat makanan itu jadi tinggi kalori."

Dalam kondisi eat clean yang terlalu ketat, nafsu makan seseorang cenderung ditekan. Kondisi ini akan membuat seseorang menjadi emosional dan makan berlebihan. Dengan menerapkan pola makan biasa namun tetap sehat, seseorang bisa terhindar dari emotional eating.

"Saya lebih memilih santai saja, makan tetap sehat, masak sendiri, makan tetap sehat tapi tidak eat clean banget, untuk mengurangi rasa (emotional eating). Untuk menghilangkan rasa nafsu yang terlalu berlebihan yang membuat kita jadi dendam," beber Hanifah.

(wk/yoan)

You can share this post!