Hitung Kebutuhan Kalori Harian
pexels/Pixabay
Health

Meski tidak menerapkan pola makan eat clean yang terlalu ketat, Hanifah Arfan tetap sukses menurunkan berat badan sampai 32 kg. Intip rahasianya memilih menu makanan sehari-hari berikut ini!

WowKeren - Prinsip utama dalam diet adalah defisit kalori. Defisit kalori merupakan kondisi ketika jumlah kalori masuk lebih sedikit daripada kalori keluar. Jadi pada prinsipnya, berat badan masih bisa turun tanpa mengonsumsi eat clean.

Hanifah mengakui jika menerapkan eat clean, lemak tubuh memang turun lebih cepat. Meski demikian, perbedaan penurunan berat badannya juga tidak terlalu signifikan. Karena itulah ia memilih untuk tidak menerapkan eat clean namun tetap menghitung jumlah kalori masuk.

"Tips pertama adalah menghitung jumlah kalori yang masuk. Jadi, walaupun makanan itu tidak clean food, yang penting kita hitung," jelas Hanifah. "Mau pakai clean food pun kalau kita makannya di atas kebutuhan kalori, tetap naik berat badan."

Untuk membantu mencatat jumlah kalori makanan yang masuk, Hanifah menyarankan untuk menggunakan aplikasi penghitung kalori. Hal ini akan memudahkan seseorang untuk mengatur kebutuhan kalori harian.

(wk/yoan)

You can share this post!