Ada 'Snowdrop' Jisoo BLACKPINK, 7 Drama Ini Tuai Kontroversi Saat Tayang
/jtbc
TV

Drama korea menyuguhkan berbagai genre untuk menghibur pemirsa. Puluhan judul di antaranya mendapatkan apresiasi, namun terdapat pula yang tersandung kontroversi dan kritik. Mulai dari alur cerita hingga adegan yang dinilai kurang layak.

WowKeren - Drama Korea banyak menyuguhkan berbagai genre yang sukses membuat pemirsa terhibur. Puluhan judul diantaranya bahkan meraih kesuksesan dengan rating yang tinggi. Akan ada juga sejumlah drama yang alih-alih menghibur, namun menimbulkan kritikan dari penonton.

Ada berbagai penyebab kenapa drama tersebut mendapatkan kritikan dari penonton. Di antaranya mulai dari alur cerita hingga banyaknya adegan yang dinilai tidak pantas atau terlalu vulgar. Akibat menuai kritik, terdapat beberapa drama yang penayanganna harus dihentikan. Namun tak seidkit pula yang tetap berlanjut hingga tamat. Berikut deretan drama yang menuai kontroversi tersebut.

(wk/rosi)

1. 'Snowdrop'


'Snowdrop'
/JTBC

Baru-baru ini publik juga dibuat heboh atas drama Jisoo BLACKPINK (Black Pink) yang berjudul "Snowdrop". Drama tersebut rupanya menuai kontroversi lantaran dianggap merendahkan sejarah Korea. "Snowdrop" mengambil latar tahun 1987, di mana terdapat peristiwa berdarah yang dialami Korea Selatan waktu itu. Tahun 1987 ditandai dengan protes mahasiswa yang menuntut pemilihan demokratis yang adil. Banyak mahasiswa yang mengorbankan hidupnya demi memperjuangkan hal tersebut.

Dalam alur "Snowdrop" ada kemiripan di mana ada beberapa "mata-mata" yang menyamar sebagai pengunjuk rasa mahasiswa. Lebih lanjut netizen juga menuding drama tersebut "meromantisasi penyiksaan dan pembunuhan pengunjuk rasa mahasiswa" setelah menemukan foto syuting di sejumlah komunitas online. Gejolak protes terus berlanjut, ratusan ribu orang telah menandatangani petisi pemboikotan "Snowdrop". Bahkan sebuah organisasi pemuda Korea mengumumkan bahwa mereka akan turun tangan. Hingga kini "Snowdrop" telah menghadirkan 2 episode perdana dengan perolehan rating 3,8%.

2. 'Joseon Exorcist'


'Joseon Exorcist'

"Joseon Exorcist" menjadi salah satu drama yang kontroversinya paling menghebohkan. Dalam drama tersebut, penonton Melihat berbagai properti bergaya Tiongkok mulai dari kue bulan Tiongkok, pidan Tiongkok (telur abad), pangsit Tiongkok dan masih banyak lagi. Hal ini memicu kritikan penonton yang mengatakan bahwa penggambaran ini adalah distorsi sejarah Korea. Imbas dari kontroversi tersebut, penayangan "Joseon Exorcist" dihentikan setelah dua episode.

3. 'Backstreet Rookie'


'Backstreet Rookie'

"Backstreet Rookie", drama yang dibintangi oleh Kim Yoo Jung dan Ji Chang Wook ini juga menuai kontroversi saat penayangan. Menurut penonton, drama tersebut banyak menayangkan vulgar mirip dengan webtoonnya mulai dari penampilan seksi Jung Saet Byul (Kim Yoo Jung), adegan prostitusi eksplisit, gambaran manga dewasa dan masih banyak lagi.

Penonton internasional juga sempat dibuat meradang oleh "Backstreet Rookie", lantaran diduga melakukan rasisme. Drama ini menerima ribuan keluhan sehingga pihak Komisi Standar Komunikasi Korea (KCSC) resmi memberikan hukuman pada "Backstreet Rookie" karena telah menghadirkan berbagai konten dewasa.

4. 'The King: Eternal Monarch'


'The King: Eternal Monarch'

"The King: Eternal Monarch" yang dibintangi oleh Lee Min Ho dan Kim Go Eun juga sempat menuai kontroversi. Drama ini menuai banyak kritik mulai dari kontroversi casting, masalah pribadi dan kemampuan akting pemainnya, konten yang mirip dengan Jepang, efek CG yang buruk hingga episode yang terlalu "ngiklan".

Lantas saat KCS mengadakan peninjauan sensor untuk mengevaluasi program-program yang menyiarkan adegan yang kurang sensitif terhadap gender, "The King: Eternal Monarch" kembali terseret. Ada adegan yang menampilkan Lee Gon (Lee Min Ho) melakukan lomba balapan perahu juga dinilai cukup sensitif. Tepatnya saat seorang penonton wanita membahas soal kesetaraan gender. "Pria memang harus pakai pakaian terbuka dan banyak bergerak," mengutip dari salah seorang karakter.

5. 'Mr. Sunshine'


'Mr. Sunshine'

"Mr Sunshine",drama yang dibintangi oleh Kim Tae Ri dan Lee Byung Hun juga menuai kritik pedas dari netizen hingga ahli sejarah. Penulis "Mr Sunshine" dikritik lantaran menuliskan kisah sejarah yang tidak akurat. Mulai dari kronologi peristiwa, pembentukan karakter hingga menampilkan adegan yang dinilai terlalu pro Jepang.

"Mr Sunshine" dianggap menonjolkan bahwa Jepang adalah penjahat sementara Amerika adalah pahlawan. Meski kontroversial, drama ini rupanya menjadi salah satu yang terbilang sukses karena rating yang diperoleh begitu tinggi yaitu 21%.

6. 'Mr. Queen'


'Mr. Queen'

Drama "Mr. Queen" adaptasi dari web drama Tiongkok, "Go Princess Go" yang dibintangi Shin Hye Sun dan Kim Jung Hyun juga menuai kritikan. "Go Princess Go" sebelum diadaptasi ke web drama, karya tersebut merupakan sebuah novel. Sang penulis dianggap membuat komentar negatif tentang Korea dengan karyanya yang lain.

Lantas di episode 1 dan 2, "Mr. Queen" menampilkan adegan yang dinilai merendahkan sejarah Korea. Ada adegan yang dinilai mengolok catatan Sejarah Dinasti Joseon, yang telah ditetapkan sebagai harta nasional Korea. Terdaftar di nomor ke 151, harta nasional Korea tersebut di Situs Warisan Dunia UNESCO.

7. 'Mistress'


'Mistress'

Drama "Mistress" yang dibintangi oleh Han Ga In dkk menjadi drama yang kontroversial pada jamannya. Hal tersebut lantaran drama ini dinilai terlalu menampilkan adegan vulgar. Tak hanya itu, akting para pemeran juga menuai kritikan dari netizen karena dinilai kurang bagus. Drama ini merupakan adaptasi dari serial BBC Inggris.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait