Hadir Sidang, Ed Sheeran Bantah Curi Hak Cipta Karya Musisi Lain
Instagram/teddysphotos
Selebriti

Ed Sheeran hadiri sidang secara langsung terkait kasus dugaan pelanggaran hak cipta yang dilaporkan dua musisi. Karya Ed yang dituding hasil plagiat itu adalah lagu bertajuk 'Shape of You'

WowKeren - Musisi Ed Sheeran belakangan ini menjadi perbincangan hangat publik. Pasalnya, Ed tengah terlibat masalah hukum dan digugat oleh musisi lain terkait dugaan pelanggaran hak cipta.

Karya Ed yang kini tengah menjadi perdebatan itu adalah lagu bertajuk "Shape of You". Dua penulis lagu Sami Chokri dan Ross O'Donoghue kemudian menuding Ed telah menjiplak karya mereka yang bertajuk "Oh Why" yang dirilis dua tahun lebih awal yakni 2015 dari "Shape of You".

Sementara itu, Ed bersama tim kuasa hukumnya berusaha keras membuktikan bahwa dirinya tak melanggar hak cipta. Sayang, Sami Chori dan Ross terus bersikeras tak ingin mencabut gugatannya.

Bahkan keduanya meminta Ed mengganti kerugian, denda pelanggaran hak cipta serta royalti lain yang didapatkan dari lagu "Shape of You". Menariknya, Jumat (4/3), Ed hadir langsung dalam sidang kasus tersebut.

Ed hadir secara langsung sebagai saksi ke pengadilan yang berbasis di kawasan London, Inggris. Musisi 31 tahu itu tampil gagah dengan setelan tuksedo berwarna hitam. Ed seolah siap menjawab semua pertanyaan hakim di pengadilan.


Dalam sidang tersebut, Ed membantah klaim yang menudingnya telah mencuri hak cipta milik musisi lain. Ia berdalih jika gugatan itu dibuat karena ingin memanfaatkan popularitasnya saja.

Sementara itu, pengacara Ed mengatakan sang klien tak pernah mendengarkan lagu "Oh Why" yang diklaim telah dijiplak oleh pelantun "Castle on the Hill". Itu mengapa, Ed membantah klaim yang menudingnya telah melakukan plagiarisme.

Sementara itu, Ed bukan satu-satunya musisi yang dituding telah melanggar hak cipta. Dua Lipa dan Olivia Rodrigo belum lama ini juga mengalami hal yang sama.

Kasus dugaan pelanggaran hak cipta Dua itu bahkan telah masuk ke ranah meja hijau. Diketahui Dua dituding melakukan penjiplakan karya milik band raggae bernama Artikal Sound System. Lagu Dua Lipa yang bertajuk "Levitating" diklaim memiliki nada dan irama seperti karya Artikal Sound System yang berjudul "Live Your Life".

Gugatan untuk Dua Lipa itu telah diajukan band tersebut ke pangadilan Los Angeles. Artikal Sound System juga menggugat label rekaman Dua Lipa yakni Warner Record lantaran dianggap telah mencari keuntungan dari lagu tersebut. Yang mana, lagu "Lavitating" milik Dua Lipa sempat menjadi hits No 1 di Billboard Hot 100.

(wk/Sisi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait