Hal-hal yang Harus Diperhatikan
TikTok/hidupuntukolahraga
Health

Sengaja hindari gerakan push up karena sulit mengangkat tubuh? Jangan khawatir! Bobby Frisdon Imanda akan bocorkan rahasia-rahasia gerakan push up yang mudah dan cocok buat pemula. Apa saja?

WowKeren - Saat melakukan gerakan push up, Bobby berpesan agar seorang pemula benar-benar memperhatikan postur tubuhnya. Hal ini disebabkan karena kesalahan postur push up berpotensi membuat tubuh mengalami cedera dan bagian otot yang dilatih tidak dapat manfaatnya. Menurut Bobby, postur terbaik saat push up adalah badan tegap lurus dengan posisi tangan sejajar bahu serta posisi siku sekitar 45 derajat.

"Postur juga memengaruhi. Postur push up itu badannya tegap lurus, posisi tangan sejajar dengan bahu, enggak harus rapat atau lebar banget. Terus, untuk siku posisinya sekitar 45 derajat. Jadi, tidak terlalu lebar dan dekat dengan bagian dada," jalas Bobby. "Kalau salah (postur), kita bakal susah untuk mengangkat badan dan bisa jadi cedera di bagian punggung atau lengan yang berakibat fatal."

Selain postur, pengaturan pernapasan juga menjadi hal paling penting ketika melakukan push up. Bobby menyebut bahwa waktu paling tepat mengambil napas saat push up adalah ketika posisi badan sedang turun. Sebaliknya, buang napas ketika posisi mengangkat badan. Agar tempo napas dan gerakannya lebih teratur, lakukan secara perlahan-lahan.

Hal lain yang wajib diperhatikan saat melakukan push up adalah kondisi kesehatan. Saat melakukan push up, pastikan kondisi badan sehat atau tidak sedang mengalami cedera. Selain itu, pilih tempat olahraga yang nyaman dan tenang agar membuat kita lebih fokus saat melakukan gerakan push up.

(wk/yoan)


You can share this post!