Selektif Memilih Menu Makanan
TikTok/yogaandrii
Health

Nuansa lebaran kerap kali membuat orang gagal diet. Lantas, bagaimana cara kontrol nafsu makan agar tak naik berat badan saat lebaran? Simak ulasan lengkap Yoga Andri Widodo berikut ini.

WowKeren - Cara lain yang bisa dilakukan agar nafsu makan terkendali saat lebaran adalah selektif saat memilih menu makanan. Hal ini dilakukan dengan memilih makanan-makanan yang rendah karbohidrat terlebih dahulu. Sebab, makanan yang tinggi karbohidrat cenderung akan memunculkan rasa lapar di 1-2 jam kemudian.

"Kondisi perut kenyang mengendalikan nafsu makan. Tapi, tergantung kenyang karena gula atau karena protein, karbohidrat kompleks dan sayur. Kalau kenyang karena gula bakal mengantuk, enggak gampang konsentrasi, dan malah ingin makan banyak. Sedangkan, kalau di pagi hari kita sudah makan yang rendah gula, pasti nafsu makan kita terkontrol," terang Yoga. "Biasanya keluarga setelah salat id itu akan makan. Jangan makan itu dulu, karena kebanyakan makanan yang dimasak itu tinggi karbohidrat. Maka dari itu kebanyakan orang-orang habis lebaran naik berat badan."

(wk/yoan)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru