Makan Secara Perlahan
pexels/Lisa Fotios
Health

Nuansa lebaran kerap kali membuat orang gagal diet. Lantas, bagaimana cara kontrol nafsu makan agar tak naik berat badan saat lebaran? Simak ulasan lengkap Yoga Andri Widodo berikut ini.

WowKeren - Menurut Yoga, trik lain yang bisa dilakukan untuk mengendalikan rasa lapar adalah makan secara perlahan. Hal ini bisa dilakukan dengan mengunyah makanan lebih lama. Dengan bertambahnya durasi makan, keinginan menambah porsi pun bisa perlahan menghilang.

"Kalau mengunyah lebih lama itu memengaruhi durasi. Misalnya, satu kunyahan 30 kali. Satu kali kita kunyah, sekitar satu menit. Kalau ada sekitar 20 sendok, berarti sudah 20 menit, ya sudah auto kenyang," beber Yoga. "Itu juga akan berpengaruh ke pencernaan kita. Cuma memang itu harus dibiasakan."

Tak hanya mengontrol nafsu makan, mengunyah makanan lebih lama juga dapat mempermudah kinerja pencernaan. Meski demikian, Yoga mengakui bahwa mengunyah lama memanglah hal yang sulit dilakukan. Jika masih merasa kebingungan dan ingin dibantu mengontrol nafsu dan pola makan, Yoga menyebut bahwa ia bersedia memberikan beberapa konsultasi gratis via WhatsApp yang ada di bio Instagram, @yogaandri.

(wk/yoan)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel