Jangan Lupa Olahraga Secara Teratur
TikTok/yogaandrii
Health

Nuansa lebaran kerap kali membuat orang gagal diet. Lantas, bagaimana cara kontrol nafsu makan agar tak naik berat badan saat lebaran? Simak ulasan lengkap Yoga Andri Widodo berikut ini.

WowKeren - Saat berolahraga, kebutuhan kalori harian akan bertambah seiring makin intensnya aktivitas. Untuk memenuhi kebutuhan kalori tersebut, seseorang bisa menambah asupan makanan sehari-hari. Karena itulah, jika kalian ingin menambah porsi makanan saat lebaran, jangan lupa untuk menyempatkan diri berolahraga, khususnya olahraga yang meningkatkan massa otot.

"Memang (olahraga) akan membuat mudah lapar. Tapi, total kebutuhan kalori akan naik. Misalkan dari 2.000 kalori terus naik ke 2.400 kalori. Jadi, enaknya kita bisa makan lebih banyak, cuma harus dikontrol," lanjut Yoga. "Saat kita dietnya ngawur, ototnya banyak yang turun. Kalau kita kehilangan massa otot terlalu banyak, itu akan meningkatkan nafsu makan kita. Jadi, jangan lewat dari olahraga massa otot. Olahraga kardionya sekitar 20-30% saja, sisanya adalah massa otot, jangan dibalik."

Dengan melakukan pola hidup sehat serta olahraga yang teratur, seseorang tentu saja akan lebih mudah mengontrol nafsu makan dan menjaga berat badannya tetap ideal. Jadi, sudah siap untuk menyambut hidangan-hidangan lebaran?

(wk/yoan)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel