Elon Musk Digugat Terkait Skema Piramida Dogecoin
AP Photo/John Raoux
Dunia

Penggugat Keith Johnson dalam pengaduannya menuduh Elon Musk memanfaatkan statusnya sebagai orang terkaya di dunia untuk melakukan manipulasi guna mengeruk keuntungan.

WowKeren - CEO Tesla Elon Musk baru-baru ini digugat oleh seorang investor Dogecoin pada Kamis (16/6). Dia dituduh menjalankan skema piramida untuk mendukung mata uang kripto.

Penggugat Keith Johnson dalam pengaduan yang diajukan di pengadilan federal di Manhattan, menuduh Musk, perusahaan mobil listrik Tesla Inc dan perusahaan pariwisata luar angkasa SpaceX melakukan pemerasan yang dilakukan dengan cara menggembar-gemborkan Dogecoin dan menaikkan harganya, lalu kemudian membiarkan harganya jatuh.

Pengaduan itu mengatakan bahwa Musk pada dasarnya menyadari jika mata uang kripto itu belum memiliki nilai namun nekat mepromosikannya. Dia menuduh Musk memanfaatkan statusnya sebagai orang terkaya di dunia untuk melakukan manipulasi guna mengeruk keuntungan.

"Terdakwa menyadari sejak 2019 bahwa Dogecoin belum memiliki nilai namun tetap mempromosikan Dogecoin untuk mendapat keuntungan dari perdagangannya," bunyi pengaduan itu. "Musk menggunakan statusnya sebagai orang Terkaya di Dunia untuk mengoperasikan dan memanipulasi Skema Piramida Dogecoin untuk mengeruk keuntungan."


Dalam pengaduan itu, Musk digugat sebesar 258 miliar dolar AS (sekitar Rp3.824 tirliun). Keluhan tersebut juga mengumpulkan komentar dari Warren Buffett, Bill Gates, dan lainnya yang mempertanyakan nilai mata uang kripto.

Johnson mencari ganti rugi senilai tiga kali lipat dari penurunan nilai pasar Dogecoin senilai 86 miliar sejak Mei 2021. Selain ingin memblokir CEO SpaceX itu dan perusahaannya untuk mempromosikan Dogecoin, penggugat juga ingin agar hakim menyatakan bahwa perdagangan Dogecoin adalah perjudian di bawah undang-undang federal dan New York.

Adapun menurut keluhan tersebut, aksi jual Dogecoin dimulai sekitar waktu Musk menjadi tuan rumah acara NBC "Saturday Night Live dan. Dia memainkan ahli keuangan fiktif di segmen Pembaruan Akhir Pekan.

Dogecoin diperdagangkan di angka sekitar 5,8 sen pada hari Kamis, turun dari puncak Mei 2021 sekitar 74 sen. Sementara itu, pada Februari tahun lalu, Tesla mengatakan jika perusahaan itu telah membeli 1,5 miliar dolar miliar bitcoin dan untuk waktu yang singkat menerimanya sebagai pembayaran untuk kendaraan.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait