Birthday Spotlight: Happy Sunoo Day
Selebriti
Birthday Spotlight

Sunoo ENHYPEN semakin dewasa dengan segera menginjak usia 20 tahun. Simak perjalanan karier idol kesayangan ENGENE ini mulai dari pra debut hingga proyek masa depan.

WowKeren - Sunoo ENHYPEN baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-19 pada 24 Juni lalu. WowKeren akan mengulas tentang idol kesayangan kalian ini melalui rubrik Birthday Spotlight.

ENHYPEN nerupakan boy grup yang dibentuk oleh anak perusahaan HYBE Labels, BELIFT LAB. Semua member dipilih dari program survival "I-LAND" Mnet. Grup ini debut pada November 2020 dengan tujuh member.


Selama berpartisipasi di "I-LAND," Sunoo mendapat suara terbanyak dari penggemar global. Dia adalah kontestan favorit penggemar global karena kepribadian gandanya.

Sunoo bisa terlihat imut dan ceria ketika dia turun dari panggung tetapi dia berubah menjadi pribadi yang dingin dan misterius di depan kamera. Hal inilah yang membuatnya disukai banyak penggemar.

Kini Sunoo semakin dewasa dengan segera menginjak usia 20 tahun. Simak perjalanan karier idol kesayangan ENGENE ini mulai dari pra debut hingga proyek masa depan.

(wk/chus)

1. Pra Debut


Pra Debut

Sunoo selalu bermimpi menjadi seorang entertainer sejak kecil. Dia selalu menonton program musik dengan saudara perempuannya dan bermimpi suatu hari dia bisa tampil di panggung yang sama.

Idol ganteng kelahiran 2003 tersebut tidak pernah menjadi orang yang pemalu dan dia memiliki kepribadian yang cerah. Ada video saat dia tampil bersama siswi di depan sekolah.

Dalam video tersebut, grupnya menampilkan "Dalla Dalla" yang dipopulerkan ITZY. Dia ingat semua gerakan dance girl grup tersebut dan menari sesuai dengan koreografi. Bahkan sebagai laki-laki, Sunoo dapat menampilkan koreografi feminin dan imut dari girl grup.

2. Debut


Debut

Sunoo debut melalui program survival "I-LAND" yang diadakan Mnet bekerja sama dengan HYBE Labels, dulu masih Big Hit Entertainment. Total ada 23 trainee pria yang berkompetisi dari 26 Juni hingga 18 September 2020 untuk mendapatkan kesempatan debut di grup baru.

Sebagai salah satu kontestan, Sunoo menonjol karena kepribadiannya yang cerah dan visual yang menawan. Meski masa pelatihannya singkat, yakni hanya 10 bulan, bakatnya luar biasa.

Sepanjang program, Sunoo selalu menempati peringkat 1 dari suara penggemar global. Tujuh member akhirnya dipilih untuk debut sebagai ENHYPEN. Enam di antaranya dipilih dari tahap akhir dan satu member dipilih oleh produser program.

Sunoo bergabung dengan ENHYPEN melalui seleksi produser. Keenam member lainnya adalah Heesung, Jay, Jake, Sunghoon, Jungwon, dan Niki. Arti dari nama grup adalah untuk menghubungkan semua member dan tumbuh satu sama lain.

ENHYPEN akhirnya melakukan debut yang ditunggu-tunggu pada November 2020 dengan mini album bertajuk "Border: Day One." Sunoo membuat penampilan debut resmi pertamanya di "Music Bank" KBS pada 4 Desember.

3. Puncak Karier


Puncak Karier

Sunoo bersama ENHYPEN memulai puncak karier mereka pada 4 Mei 2021, ketika menerima kemenangan pertunjukan musik pertama di "The Show" SBS MTV dengan "Drunk-Dazed," diikuti dengan kemenangan di "Show Champion" dan "Music Bank."

ENHYPEN meraih kemenangan dengan total 6.790 poin, menandai kemenangan pertama mereka di acara musik sejak debut mereka pada November 2020. Prestasi ini hanya permulaan saja

Pada 25 Oktober 2021, "Dimension: Dilemma" debut di nomor 11 di Billboard 200, melampaui puncak mereka sebelumnya dari "Border: Carnival." Selain itu, ENHYPEN juga masuk Billboard Artist 100 di nomor 12.

Di tahun yang sama, album studio pertama ENHYPEN telah terjual lebih dari 1,1 juta kopi di tangga lagu Gaon, menjadikannya album pertama mereka yang terjual jutaan, dan disertifikasi oleh KMCA pada bulan Desember.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo

Sunoo belum memiliki aktivitas solo apapun sejak debut bersama ENHYPEN. Namun idol tersebut punya banyak potensi untuk debut solo, bisa dilihat dari penampilannya dalam fancam fokus.

Sunoo memiliki beberapa jenis dualitas yang menarik. Di atas panggung, dia gelap, misterius dan keren tapi di luar panggung dia imut, seperti anak kecil dan ceria.

Sunoo tidak hanya memiliki visual, tetapi juga memiliki bakat untuk menyanyi dan menari. Meskipun diberi waktu layar yang terbatas dan beberapa bagian menyanyi, penggemar menyukainya setiap kali dia tampil di atas panggung.

Saat tampil di atas panggung, Sunoo biasanya menjaga ekspresinya tetap minimal. Dia jarang menunjukkan ekspresi apapun bahkan satu senyuman pun.

Entah itu konsep atau bukan, Sunoo selalu terlihat seperti vampir misterius. Dalam koreografi "Given-Taken," idol tersebut biasanya ditempatkan di tengah formasi.

5. Kontroversi


Kontroversi

Sunoo tidak belum pernah membuat kontroversi yang membuat dirinya dihujat. Namun dia beberapa kali menjadi pusat kontroversi yang membuat netizen mengkritik para member ENHYPEN.

Baru pada 19 Juni lalu, ENHYPEN menuai kontroversi karena dianggap selalu menyindir berat badan Sunoo. Kontroversi berawal dari candaan Sunoo yang berkata bahwa Sunghoon seperti ditabrak babi hutan setiap kali bertemu dengannya.

Meskipun Sunoo mengatakannya dengan nada bercanda dan senyum di wajahnya, banyak netizen yang prihatin dengan pernyataan tersebut. Member ENHYPEN lainnya tampak tertawa mendengar cerita Sunoo.

Ini bukan pertama kalinya ENHYPEN menuai kontroversi karena body shaming. Sebelumnya pada tahun 2021, para member dikritik penggemar karena terus-menerus menyinggung berat badan Sunoo.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

Sunoo dipastikan akan sibuk sepanjang sisa tahun 2022 ini. Pada 14 Juni, BELIFT LAB mengumumkan bahwa ENHYPEN akan merilis album mini ketiga mereka, "Manifesto: Day 1" pada 4 Juli mendatang.

Selain comeback, Sunoo dan ENHYPEN juga disibukkan dengan sejumlah konser musik. Satu penampilan yang telah dikonfirmasi adalah KCON 2022 LA yang akan berlangsung selama tiga hari dari 19 hingga 21 Agustus di Crypto.com Arena (sebelumnya dikenal sebagai Staples Center).

Awal tahun ini, ENHYPEN dilaporkan akan mengadakan konser tatap muka. Namun BELIFT LAB belum mengumumkan jadwal apapun terkait world tour. Kita tunggu saja!


You can share this post!

Related Posts