Jokowi Sampaikan Belasungkawa Atas Nama Negara, Kenang Tjahjo Kumolo Sebagai Pribadi yang Tenang
BPMI Setpres/Muchlis Jr.
Nasional

Presiden Joko Widodo tengah melakukan kunjungan kerja ke luar negeri kala menerima kabar duka meninggalnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo.

WowKeren - Presiden Joko Widodo turut menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo. Jokowi tengah melakukan kunjungan kerja ke luar negeri kala menerima kabar duka tersebut.

"Saya tengah berada dalam lawatan di luar negeri ketika mendengar kabar duka dari Tanah Air bahwa Bapak Tjahjo Kumolo telah berpulang ke Rahmatullah di Jakarta pada hari Jumat pukul 11.10 WIB. Innalillahi wa inna ilaihi rajiun," tulis Jokowi di akun Instagram resminya.

Menurut Jokowi, Tjahjo adalah seorang tokoh pemuda dan politisi semasa hidupnya. Tjaho berpulang di puncak pengabdiannya kepada negara sebagai MenPAN-RB.

"Atas nama pemerintah, negara, dan rakyat Indonesia, saya menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya. Semoga segala amal ibadah almarhum diterima oleh Allah SWT, dan segenap keluarga yang ditinggalkan kiranya kuat dan tabah," tambah Jokowi.


Selain itu, Jokowi juga menyampaikan ucapan duka cita melalui video yang diambil di Abu Dhabi. Jokowi mengenang Tjahjo sebagai pribadi yang tenang dan sederhana semasa hidupnya.

"Pak Tjahjo adalah pribadi yang tenang dan sederhana. Seorang tokoh teladan dan nasionalis sejati yang penuh integritas dan setia mengabdikan dirinya untuk masyarakat, bangsa, dan negara," ujar Jokowi dalam video yang diunggah ke kanal YouTube Sekretariat Presiden tersebut.

Lebih lanjut, Jokowi mendoakan agar mendiang dapat diterima di sisi Allah. Jokowi juga berharap agar keluarga Tjahjo bisa tabah menghadapi duka ini.

"Semoga almarhum Pak Tjahjo Kumolo mendapatkan tempat yang terbaik di sisi Allah SWT. Dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan keikhlasan," tuturnya.

Sementara itu, jenazah Tjahjo disemayamkan di rumah dinas MenPAN-RB yang terletak di Jalan Widya Chandra IV nomor 22 Jakarta Selatan. Salat jenazah akan dilakukan di Masjid Quba Kantor KemenPAN-RB dan Tjahjo kemudian akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru