Sudah Banyak Rasakan Asam Garam Dunia Bisnis
TikTok/tommythings
Selebriti

Berkat pengalamannya, Tommy Teja sukses membuat konten edukasi bisnis menjadi lebih menyenangkan. Mau tahu seperti apa rahasia sukses Tommy menjadi entrepreneur sekaligus konten kreator? Ini dia selengkapnya!

WowKeren - Perjalanan Tommy berbisnis sudah dimulai jauh sebelum dirinya menggeluti dunia konten kreator. Saat itu, ia membangun brand kain bernama Zalmon Fabric. Alih-alih melakukan penjualan secara offline, Tommy memulai bisnis dengan memanfaatkan media sosial. Berbagai asam garam pengalaman berbisnis pun sudah dicicipi oleh Tommy. Bahkan, di awal ia juga sering menemui beberapa orang yang minta "harga teman".

"Background saya accounting finance. Sempat kerja di bidang finance, tapi saya merasa enggak menemukan passion dan mengekspresikan ide kreatif dengan rutinitas yang saya jalani. Di 2016, saya resign, coba creating something dan jual kain, namanya Zalmon Fabric. Akhirnya jadi full time entrepreneur," kenang Tommy. "Saat mulai bisnis, sering banget orang lain minta 'harga teman'. Kalau saya sebenarnya enggak apa-apa. Balik lagi ke hati nurani kita, mau bantu orang lain atau enggak. Cuma kalau temannya terlalu sering minta diskon, ada hak kita buat say no. Jadi, disesuaikan saja."

Ketulusan Tommy dalam menanggapi permintaan "harga teman" ini pun membuahkan hal yang manis. Makin tahun, bisnisnya pun jadi lebih berkembang mengikuti pesatnya kemajuan media sosial. Puncaknya di tahun 2021 hingga sekarang, ia akhirnya menambah pundi-pundi bisnis dengan membentuk management serta startup konsultasi jurusan kuliah bernama Konsela.

"Di 2021 saya bikin management TikTok, namanya Zando. Di 2022, bikin startup namanya Konsela. Di sana, kita bantu pelajar mencari jurusan dengan kita profit mereka untuk konsultasi dengan orang yang sudah expert. Cuma, mostly benang merahnya adalah media marketing-nya hampir 99% semua menggunakan media sosial seperti Instagram, TikTok, dan website," sambung Tommy.

(wk/yoan)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru