Tak Perhatikan Detail Gerakan
TikTok/stephanielie_
Health

Meski termasuk mudah, kesalahan-kesalahan workout kerap kali tak sadar dilakukan para pemula sampai akibatkan cedera. Lantas, apa saja kesalahan tersebut? Intip ulasan Stephanie Lie berikut ini!

WowKeren - Tak hanya tergesa-gesa, pemula kerap kali asal gerak mengikuti video tanpa memperhatikan detail gerakan. Padahal, detail ini sangat penting untuk memudahkan pemula agar tak terlalu kesulitan melakukan gerakan. Menurut Stephanie, aneka variasi plank masih menjadi langganan kesalahan gerakan yang paling banyak dilakukan oleh para pemula.

"Salah satu contoh gerakan yang banyak orang melakukan kesalahan itu plank. Waktu saya masih pemula dan belajar, bagian bokong itu nurun-nurun terus jadi gerakannya belum efektif," ujar Stephanie. "Kemudian side plank. Kebanyakan orang akan merasa kesusahan karena yang ditumpu adalah berat badan. Makanya, banyak orang yang pas melakukan itu bokongnya condong ke atas. Padahal, harusnya rata dengan posisi tubuh belakang."

Tak hanya aneka variasi plank, Stephanie mengungkapkan bahwa para pemula juga kerap melakukan kesalahan saat melakukan gerakan sit up hingga squat. Biasanya, pemula akan mengangkat tubuh bagian atas sampai menunduk saat sit up. Padahal, cukup angkat hingga posisi hampir tegak saja agar lebih maksimal melatih otot perut.

"Terus untuk sit up, itu kan posisi tubuh bagian atas naik-turun. Nah, sebenarnya posisi gerakan (sit up) itu sebaiknya tidak langsung full power ke depan (saat tubuh bagian atas naik). Itu lebih bagus untuk melatih bentuk otot perut," sambung Stephanie. "Selain itu juga squat. Biasanya orang hanya nungging. Padahal, harusnya otot paha sejajar dengan lutut ketika menunduk."

(wk/yoan)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru