Sukses Kelola Lebih Dari Satu <i>Channel</i> YouTube
YouTube/Jalan Sugik
Selebriti

Derasnya arus dunia kreator membuat algoritma YouTube jadi kian dinamis. Meski demikian, Sugik Ratno mampu menaklukkannya. Lewat konten, ia justru beberkan trik-trik rahasia YouTube. Seperti apa kisah selengkapnya?

WowKeren - Sugik mengakui bahwa konten-kontennya di channel Jalan Sugik sangat terbatas. Hal ini disebabkan karena setiap channel memiliki segmentasi konten tersendiri. Untuk menyiasati hal tersebut, biasanya Sugik akan mengunggah konten dengan tema yang berbeda di channel YouTube lainnya. Hingga kini, sudah ada beberapa channel YouTube yang dikelolanya seperti SetiaTube. Meski demikian, Sugik mengaku sekarang hanya fokus pada satu channel saja.

Di sisi lain, segmentasi konten ini mampu "menyelamatkan" channel-channel YouTube Sugik ditengah gempuran selebritis yang beralih menjadi YouTuber. Hal ini disebabkan karena muatan konten para selebritis mayoritas adalah hiburan, sedangkan dirinya adalah tutorial dan edukasi.

"Banyaknya YouTube artis mungkin berdampak. Tapi mungkin ke channel tertentu yang kontennya hiburan. Tapi untuk channel saya sendiri, tidak terlalu berpengaruh karena konten saya kan punya segmentasi sendiri, edukasi untuk orang-orang yang ingin mulai nge-YouTube," ungkap Sugik. "Kalau algoritma YouTube (secara keseluruhan), menurut saya dari tahun ke tahun terus berubah. Algoritma YouTube juga tidak ada rumus pastinya. Jadi, kita hanya menebak berdasarkan pengalaman."

(wk/yoan)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel