Tips Sukses Jadi YouTuber Buat Pemula
YouTube/Jalan Sugik
Selebriti

Derasnya arus dunia kreator membuat algoritma YouTube jadi kian dinamis. Meski demikian, Sugik Ratno mampu menaklukkannya. Lewat konten, ia justru beberkan trik-trik rahasia YouTube. Seperti apa kisah selengkapnya?

WowKeren - Bagi kalian yang ingin tahu apa tips sukses menjadi YouTuber, Sugik berbagi rahasianya. Menurutnya, para YouTuber pemula harus menyiapkan ide yang unik dan berbeda sebelum mengeksekusi menjadi sebuah konten. Bersamaan dengan itu, ia juga menyarankan para YouTuber pemula agar terlebih dahulu mempelajari ketentuan dan pedoman komunitas YouTube.

"Untuk mulai YouTube kita harus menyiapkan ide konten dulu. Selanjutnya, pelajari pedoman komunitas agar tahu apa saja yang dilarang dan diizinkan supaya tidak membuat kesalahan. Setelah itu, barulah membuat konten video," saran Sugik. "Agar channel bisa berkembang, kita harus bisa tampil beda. Boleh mencontoh tapi kita harus bisa mengemas lagi dengan cara yang berbeda."

Setelah berhasil melewati tahap tersebut, langkah selanjutnya adalah mempelajari teknik memasang metadata video seperti thumbnail, judul, deskripsi, hingga kategori. Menurut Sugik, memaksimalkan metadata video dapat membantu konten jadi lebih mudah mendapatkan penonton dengan segmentasi yang tepat. Hasilnya, para penonton akan betah berlama-lama melihat konten-konten kita.

"Kita harus optimal dalam memasang metadata video. Dari thumbnail, judul, deskripsi, dan kategori. Karena semua punya peran yang sangat berpengaruh untuk jangkauan kita ke penonton. Jangan sampai memasang judul yang tidak sesuai dengan isi video," lanjut Sugik. "YouTube itu enggak instan, banyak perjalanan yang akan kita lalui. Jadi, intinya harus tetap belajar, semangat dan konsisten. Jangan berhenti upload intinya. Karena ketika kita berenti upload, berarti kita gagal."

(wk/yoan)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel