Merokok Setelah Makan
pexels/Jill Burrow
Health

Sesaat setelah makan merupakan waktu krusial tubuh untuk mencerna makanan. Karena itulah, Asep Supriatna menguak beberapa kebiasaan yang wajib dihindari dilakukan setelah makan. Apa saja?

WowKeren - Jeda istirahat sesaat setelah makan kerap dimanfaatkan beberapa orang untuk bersantai dengan mengobrol atau melakukan aktivitas ringan. Bagi kaum adam, jeda waktu santai ini sering kali dimanfaatkan untuk merokok. Padahal, tak banyak yang tahu jika efek samping merokok satu batang setelah makan sama dengan merokok 10 batang di waktu biasa.

"Kebiasaan pertama yang harus dihindari setelah makan adalah merokok. Biasanya ini banyak dilakukan oleh kaum adam," terang Asep. "Banyak sekali saya lihat di berbagai artikel sumber, merokok sangat tidak disarankan dilakukan setelah makan. Menurut penelitian, ketika kita merokok satu batang setelah makan, efek buruk yang didapatkan sama dengan merokok sepuluh batang. Jadi, efek buruknya akan beresiko lebih banyak jika merokok setelah makan."

Menurut Asep, kandungan tembakau pada rokok juga dapat menghambat penyerapan vitamin dan mineral pada makanan. Akibatnya, tubuh jadi terhambat dalam menyerap nutrisi pada makanan. Tak hanya itu saja, merokok setelah makan juga dapat meningkatkan risiko gangguan pencernaan seperti asam lambung. Karena itulah, seseorang sebaiknya menunggu sekitar 20 menit setelah makan jika memang ingin merokok.

"Ada juga sumber yang menyatakan bahwa tembakau menahan penyerapan vitamin dan mineral sehingga nutrisi yang kita dapatkan dari makanan itu terhambat. Selanjutnya juga dapat meningkatkan risiko asam lambung," sambung Asep. "Sebetulnya, merokok boleh saja setelah makan. Tapi, kasih jeda waktu sekitar 20 menitan. Karena ketika makan, butuh waktu untuk mencerna makanan."

(wk/yoan)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel