Pilih Buah Segar untuk Pencuci Mulut
pexels/PhotoMIX Company
Health

Sesaat setelah makan merupakan waktu krusial tubuh untuk mencerna makanan. Karena itulah, Asep Supriatna menguak beberapa kebiasaan yang wajib dihindari dilakukan setelah makan. Apa saja?

WowKeren - Dikenal sebagai "pencuci mulut", Asep menyebut bahwa buah ternyata tidak baik dikonsumsi langsung setelah makan. Pasalnya, nutrisi pada buah tidak bisa dicerna secara maksimal karena tubuh sibuk mencerna makanan sebelumnya. Jika ingin makan buah, ada baiknya dilakukan beberapa waktu sebelum makan atau 20-30 menit setelah makan berat.

"Beberapa masyarakat habis makan biasanya cuci mulutnya makan buah. Padahal, konsumsi buah setelah makan menyebabkan nutrisi buah tidak dicerna maksimal. Karena mencerna makanan dan buah itu berbeda," papar Asep. "Jadi kalau saran saya, sama seperti yang lainnya, kalau makan buah, sebaiknya sebelum makan. Atau misalkan setelah makan pun, kasih jeda 20-30 menit."

Menurut Asep, masalah pencernaan ini erat kaitannya dengan metabolisme tubuh. Jika proses pencernaan terganggu, metabolisme tubuh akan ikut memburuk. Akibatnya, penurunan berat badan pun bisa terhambat. Karena itulah, ia menyarankan pada para pejuang diet untuk sebisa mungkin segera memperbaiki kebiasaan-kebiasaan buruknya.

"Jadi, metabolisme itu berhubungan erat dengan masalah pencernaan. Kalau pencernaan buruk, metabolismenya juga buruk dan menghambat proses penurunan berat badan. Tapi kalau pencernaan dan metabolisme bagus, lebih cepat turun berat badan," lanjut Asep. "Jadi, itu (pencernaan) sangat berhubungan sekali dengan proses penurunan berat badan."

(wk/yoan)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel